SOLOPOS.COM - Pameran produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). (JIBI/Solopos/Dok.)

Usaha, mikro, kecil, dan menegah (UMKM) di Jateng mengalami pertumbuhan pesat.

Semarangpos.com, SEMARANG – Jumlah usaha mikro, kecil, dan menegah (UMKM) di Jawa Tengah (Jateng) mengalami peningkatan sekitar 13,06 persen dalam kurun 10 tahun terakhir. Jika pada 2006, jumlah UMKM di Jateng hanya berkisar 3,69 juta, maka pada 2017 ini jumlahnya meningkat mencapai 4,17 juta.

Promosi Pelaku Usaha Wanita Ini Akui Manfaat Nyata Pinjaman Ultra Mikro BRI Group

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Jateng, Margo Yuwono, mengatakan dari 4,17 juta UMKM itu terbagi dalam dua jenis usaha, besar dan kecil. Untuk usaha yang berskala besar atau usaha menengah besar (UMB) jumlahnya mencapai 42.483 usaha dengan serapan tenaga kerja mencapai1.803.367 orang. Sedangkan untuk usaha kecil atau usaha mikro kecil (UMK) jumlahnya mencapai 4.131.727 dengan tenaga kerja mencapai 7.601.459 orang.

Ekspedisi Mudik 2024

“Jumlah usaha terbanyak ada di Banyumas, yakni 216.560 usaha dan paling sedikit di Kota Magelang, hanya ada 21.408 usaha,” ujar Margo saat menggelar jumpa pers di Kantor BPS Jateng, Jl. Pahlawan, Semarang, Selasa (1/8/2017).

Margo menambahkan saat ini Jateng tengah mengadakan Sensus Ekonomi (SE) yang bertujuan mengumpulkan informasi terkait kendala dan prospek, produksi dan pendapatan, neraca, dan status permodalan.  Dengan adanya SE itu diharap menjadi acuan bagi pemerintah untuk mengeluarkan regulasi yang mampu menunjang usaha di Jateng.

“Dengan majunya usaha di Jateng, kami tentunya berharap ada pengurangan angka kemiskinan yang sampai saat ini masih terbilang tinggi di angka 13,7%,” beber Margo.

Margo juga berharap dengan adanya SE itu akan membuat penyebaran UMK dan UMB di Jateng merata. Untuk UMB terbanyak ada di Kota Semarang mencapai 7.749 usaha, sementara paling sedikit di Salatiga, yakni 521 usaha.

“Sedangkan UMK terbanyak ada di Banyumas mencapai 214.329 usaha dan terendah di Kota Magelang, 20.845 usaha,” imbuh Margo.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya