SOLOPOS.COM - Juara Wimbledon Serena dan runner up Muguruzu akan memperoleh hadiah berlipat jika menang di US Open. JIBI/Reuters

US Open 2015 segera bergulir, menyusul berakhirnya Grand Slam Wimbledon. Hadiah besar dijanjikan panitia di turnamen Amerika Serikat itu.
Solopos.com, NEW YORK— Para peserta turnamen Grand Slam US Open 2015 bakal tambah semangat menyusul besaran hadiah yang dinaikkan penyelenggara mencapai 10,5 persen daripada musim lalu. Ajang grand slam keempat di musim ini akan digelar 31 Agustus hingga 13 September mendatang.

Kenaikan sebesar itu membikin hadiah total US Open 2015 yang akan diberikan kepada para petenis mencetak rekor baru. Jumlah itu bahkan lebih banyak dari Grand Slam Wimbledon 2015 yang baru saja rampung.

Promosi Bukan Mission Impossible, Garuda!

Total hadiah US Open 2015 mencapai US$42,3 juta atau mencapai Rp564 miliar. Jumlah ini lebih banyak dari uang yang dikucurkan Wimbledon di musim ini, yakni sebesar US$41,82 juta atau senilai Rp557 miliar. Salah satu kenaikan terjadi bagi pemenang tunggal putra dan putri yang akan mendapatkan masing-masing US$3,3 juta atau Rp44 miliar.

Musim lalu juara tunggal putra dan putri, Novak Djokovic dan Serena Williams menerima hadiah kurang dari US$2,9 juta atau senilai Rp39 miliar. Sedangkan runner up musim ini bisa membawa pulang dana segar mencapai US$1,6 juta atau Rp21 miliar.

Besaran hadiah untuk nomor tunggal ini juga lebih banyak daripada ganjaran uang yang para pemenang dapat dari Grand Slam Wimbledon. Di London Djokovic dan Serena yang jadi kampiun mengepak prize masing-masing US$2.9 juta atau Rp39 miliar. Sementara di juara Australian Open lalu mendapat US$2,5 juta atau Rp33 miliar dan di French Open senilai US$2 juta atau Rp26 miliar.

“Kami melanjutkan komitmen kami untuk memastikan US Open menawarkan salah satu hal yang paling menguntungkan untuk olahraga ini. Seperti yang sudah kami umumkan hadiah US Open akan mencapai US$50 juta pada musim 2017 mendatang,” terang Presiden Asosiasi Tenis Amerika Serikat (USTA) dan Chairwoman US Open, Katrina Adams, dilansir Reuters, Rabu (15/7/2015).

Sementara itu, para petenis tunggal yang masuk babak utama masing-masing akan menerima uang kehadiran sebesar US$39,500 atau Rp526 juta. Sedangkan hadiah untuk nomor ganda naik 8,4 persen. Pemenang di nomor ini akan membawa pulang hingga US$570.000 atau Rp7,6 miliar. Jumlah ini adalah yang terbesar di nomor ganda sepanjang penyelenggaraan US OPEN. (Farida Trisnaningtyas/JIBI/Solopos)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya