SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JAKARTA—Animo kaum muda Indonesia untuk belajar ke Amerika Serikat cukup tinggi. Kedubes AS pun mempermudah proses pengurusan visa pelajar. Hasilnya visa pelajar Indonesia naik 20%.

Kedubes AS dalam rilisnya, Jumat (16/9) mengatakan, selama musim panas 2011, lebih dari 90% visa pelajar diloloskan. Bidang pendidikan menurut mereka adalah prioritas kerjasama dalam kerangka Comprehensive Partnership yang disepakati Presiden SBY dan Presiden Obama.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Dari Mei sampai Agustus 2011, bagian Konsuler di Jakarta dan Surabaya menerbitkan lebih banyak visa pelajar dan kunjungan pertukaran dari pada periode yang sama sepanjang dekade lalu. Hasilnya, jumlah pelajar Indonesia di AS meningkat,” kata mereka.

Kedubes AS mengatakan proses pembuatan visa pelajar sudah dibuat semakin sederhana, yaitu:

1. Pelajar yang mengajukan visa mendapatkan slot wawancara setiap Senin di Kedubes AS Jakarta dan Jumat di Konjen AS Surabaya. Pelajar menunggu paling lama seminggu untuk panggilan wawancara walaupun di bulan musim panas.

2. Jadwal pemanggilan untuk pelajar bisa cepat tersedia. Pendaftar visa bisa memilih tanggal dan waktu yang cocok untuk mereka.

3. Pelajar bisa mengajukan visa 120 hari sebelum masa belajar dimulai di AS. Pelajar bisa lebih mudah untuk mengajukan visa dan tiba tepat waktu di AS untuk memulai studi.

4. Usai wawancara visa, pendaftar visa akan menerima visa dalam tiga hari kerja. Artinya, seluruh proses pengurusan visa hanya memakan waktu satu minggu.
(dtc)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya