Kategori: Karanganyar

Urus KTP/KK di Karanganyar Kian Mudah dengan ADM dan Paklay


Solopos.com/Candra Mantovani

Solopos.com, KARANGANYAR -- Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Karanganyar meluncurkan Anjungan Dukcapil Mandiri atau ADM dan aplikasi Paket Layanan Komplit atau Paklay, Senin (28/12/2020).

Layanan ADM dan Paklay tersebut bertujuan untuk membantu mempermudah masyarakat Karanganyar dalam proses mengurus administrasi kependudukan (adminduk).

Daryono Pimpin PKS Solo 5 Tahun ke Depan Gantikan Abdul Ghofar

Adanya layanan tersebut diharapkan masyarakat dapat memenuhi kebutuhan adminduk dengan cara lebih praktis dan menghemat waktu melalui mesin ADM yang menggunakan sistem layar sentuh yang dilengkapi sensor sidik jari dan pindai kode QR.

Kepala Disdukcapil Karanganyar, Any Indriastuti, mengatakan inovasi tersebut dilakukan berdasarkan Permendagri No. 7/2019 tentang pelayanan administrasi kependudukan secara daring.

Kreatif, Sekelompok Anak Muda Sragen Perangi Korupsi dengan Film BLT

Melalui inovasi tersebut menurut Any masyarakat bisa mencetak dokumen kependudukan seperti kartu keluarga (KK), kartu identitas anak (KIA), KTP, akta pencatatan sipil, dan lainnya secara mandiri.

“Prosesnya tidak sampai 1 menit. Hasilnya langsung bisa keluar [tercetak]. Untuk ketersediaan blanko KTP dan KIA cukup. Lainnya nanti pakainya kan HVS. Kemarin kami dapat blanko KTP sekitar 14.000 keping,” jelas dia.

Libur Natal, 79.665 Penumpang Naik Turun di Stasiun Daops Madiun

Any menjelaskan sebelum masyarakat memanfaatkan layanan tersebut, penduduk bisa meminta PIN atau kode QR kepada petugas Disdukcapil melalui layanan perpesanan Whatsapp di 08112957751.

Dana dari APBD 2020

Menurutnya, semua data penduduk sudah ada di database kependudukan di Disdukcapil Karanganyar. Mesin ADM didapatkan mengambil dana dari APBD 2020 sebesar Rp170 juta.

“Anjungan ini rencananya akan ditempatkan di Mall Pelayanan Publik. Tapi karena tempat tersebut belum dibangun, sementara ditempatkan di Kantor Disdukcapil Karanganyar,” imbuh dia.

Perayaan Dilarang, Bupati Klaten Mau Lakukan Ini di Malam Tahun Baru

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, mengatakan inovasi yang dilakukan Disdukcapil Karanganyar merupakan jawaban dari banyaknya tuntutan pelayanan masyarakat di tengah wabah Covid-19.

Menurutnya langkah tersebut bagus lantaran masyarakat dapat mengaksesnya melalui aplikasi online yang bisa diunduh di Google Play Store.

“Nanti akan kami sempurnakan terus. Supaya unitnya bisa ditambah dan bisa ditempatkan di beberapa lokasi strategis,” terang dia.

Share
Dipublikasikan oleh
Rohmah Ermawati