Tutup Iklan

Urus E-KTP, KK, dan 20 Adminduk Lain di Dispendukcapil Solo 1 Hari Jadi

Urus E-KTP, KK, dan 20 Adminduk Lain di Dispendukcapil Solo 1 Hari Jadi

SOLOPOS.COM - Ilustrasi e-KTP (JIBI/Solopos/Dok.)

Layanan 1 hari jadi diterapkan di Dispendukcapil Solo.

Solopos.com, SOLO — Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Solo menerapkan sistem one day service (ODS) seluruh pelayanan administrasi kependudukan (adminduk) di Kota Bengawan.

Selain mempermudah dan mempercepat layanan adminduk, juga menekan praktik calo. Program ini mencakup 22 jenis pelayanan kependudukan di Dispendukcapil. Beberapa di antaranya Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP), Kartu Keluarga (KK), Kartu Identitas Anak (KIA), Akta Kelahiran, Akta Kematian, dan lain sebagainya.

“Mulai Februari ini kami terapkan one day service,” kata Kepala Dispendukcapil Suwarta ketika dijumpai wartawan di ruang kerjanya, Jumat (2/2/2018).

Layanan one day service diluncurkan sebagai upaya terobosan dalam memberikan pelayanan cepat, mudah dan gratis. Dengan demikian, warga Kota Bengawan bisa mengurus layanan adminduk dalam sehari jadi dan tanpa pungutan biaya sepeserpun atau gratis.

Mekanisme one day service dilakukan seperti biasa di mana pemohon datang ke kantor Dispendukcapil, lalu mengambil nomor antrean sesuai dengan jenis pelayanan. Setelah itu akan diproses dan diverifikasi oleh petugas. Proses pencetakan dijanjikan berlangsung cepat, bahkan untuk pencetakan e-KTP hanya membutuhkan waktu 5 menit.

“Seluruh layanan memakan waktu bervariasi. Tapi kalau rata-rata seluruh jenis pelayanan itu membutuhkan 10 menit. Jadi masyarakat sekali datang dan saat pulang mereka sudah membawa produk jenis dokumen yang dimintakan," katanya.

Guna mengoptimalkan layanan one day service ini, Dispendukcapil menyiapkan 30 personel dan alat printer masing-masing empat unit di setiap layanan adminduk. Layanan adminduk tersebut memangkas waktu pengurusan dari sebelumnya 14 hari, menjadi tujuh hari dan kini sehari jadi. Suwarta berharap program ini segera bisa diikuti oleh seluruh kecamatan di Solo.

“Sementara ini memang layanan adminduk di kantor Dispendukcapil dulu. Baru nanti kita teruskan ke kecamatan, karena memang harus sinkron,” katanya.

Warga Gilingan, Banjarsari, Y. Olivia, menyambut baik penerapan sistem one day service pelayanan adminduk. Dia mencontohkan pengurusan akta kelahiran anaknya yang satu hari jadi. "Kami kerja di Bogor, tidak mungkin bolak balik Solo-Bogor," katanya.

Senada warga Kerten, Suratno, yang menuturkan pengurusan e-KTP one day service lebih cepat dan efisien waktu. Layanan tersebut mampu memudahkan masyarakat dalam mengurus adminduk. Sistem online juga mampu menekan praktik calo dalam kepengurusan adminduk.

Berita Terkait

Berita Terkini

Warga Solo Positif Covid-19 Dilarang Karantina Mandiri di Rumah, SE Terbit Hari Ini

Warga Solo yang terkonfirmasi positif Covid-19 meski tanpa gejala tidak boleh lagi menjalani karantina mandiri di rumah masing-masing.

Latihan Lagi, Persis Ingin Lapangan di Solo

Persis perlu berkoordinasi dengan Bhayangkara Solo Football Club (BSFC) yang juga memakai Stadion UNS sebagai tempat latihan.

Temui Dubes Palestina, Ketum PBNU: Menurut Al-Qur'an, Israel akan Kalah

Said Aqil mengatakan NU telah menyatakan dukungan kemerdekaan dan kedaulatan Palestina sejak 1938.

Ini 5 Ekses Setuju Kebijakan Baru Privasi Whatsapp

Whatsapp seperti dibahas SAFE net secara resmi menerapkan kebijakan privasi baru mulai Sabtu (15/5/2021) lalu.

Balon Udara Meledak di Delanggu Klaten, Polisi Periksa 6 Orang Saksi

Polisi sudah meminta keterangan dari enam warga Dukuh Krapyak, Desa Sabrang, Delanggu, Klaten, terkait ledakan balon udara dengan petasan,

Pemudik Motor Wajib Rapid Test Antigen Acak saat Balik

Kemenhub bakal mengecek Covid-19 dengan rapid test antigen secara acak terhadap pemudik pengendara sepeda motor yang balik ke Jabodetabek.

Awas Licin! Belasan Sepeda Motor Berjatuhan Di Jalan Seputar Alut Keraton Solo

Belasan sepeda motor mengalami kecelakaan saat melewati jalan yang licin di seputar Alun-Alun Utara Keraton Solo pada Minggu dan Senin.

Gubernur Jateng Minta Seluruh RS Antisipasi Lonjakan Covid-19

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo meminta semua rumah sakit di Jateng siaga potensi lonjakan kasus Covid-19 pasca Lebaran 2021.

Tahukah Anda? Tiap Zodiak Punya Bakat Terpendam!

Tahukah Anda, setiap pemilik tanda zodiak memiliki bakat terpendam yang mungkin bermanfaat untuk mengarungi kehidupan manusia.

Viral Pemotor Nyemplung Pantai Jepara, Ternyata Begini Ceritanya

Dalam video berdurasi 16 detik itu memperlihatkan seorang pemotor yang tengah terjebak di pantai.

Polrestabes Semarang Gelar Tes Antigen Acak Pemudik di Simpang Lima

Total ada sekitar 100 kendaraan dari luar daerah yang terjaring operasi Satlantas Polrestabes Semarang di Simpang Lima.

Polri Akui Ratusan Kecelakaan di Puncak Arus Balik Lebaran 2021

Polri serius mencegah warga mudik Idulfitri atau Lebaran 2021, meski demikian Polri mengakui ratusan kecelakaan sepanjang puncak arus balik.