SOLOPOS.COM - Penjaga gawang Uruguay, Fernando Muslera (kanan), gagal menghentikan bola tendangan Alessandro Diamanti pada laga perebutan tempat ketiga Piala Konfederasi 2013 di Arena Fonte Nova, Minggu (30/6/2013) tengah malam WIB. Berkat gol ini Italia memimpin sementara 1-0 atas Uruguay. JIBI/SOLOPOS/Reuters

Penjaga gawang Uruguay, Fernando Muslera (dua dari kanan), gagal menghentikan bola tendangan Alessandro Diamanti pada laga perebutan tempat ketiga Piala Konfederasi 2013 di Arena Fonte Nova, Minggu (30/6/2013) tengah malam WIB. Berkat gol ini Italia memimpin sementara 1-0 atas Uruguay. JIBI/SOLOPOS/Reuters

Solopos.com, SALVADOR – Italia untuk sementara memimpin 1-0 atas Uruguay dalam duel perebutan tempat ketiga Piala Konfederasi 2013. Keunggulan Italia di babak pertama diciptakan lewat rebound Davide Astori, yang memanfaatkan bola liar pantulan tendangan bebas apik Alessandro Diamanti dari sisi kiri pertahanan Uruguay.

Promosi Kisah Pangeran Samudra di Balik Tipu-Tipu Ritual Seks Gunung Kemukus

Meski hanya bertajuk perebutan tempat ketiga, namun duel di Arena Fonte Nova, Salvador, Senin (30/6/2013) tengah malam, berlangsung cukup menegangkan. Baik Uruguay maupun Italia, yang meraih kekalahan di semifinal, berusaha tampil maksimal demi membayar kesalahan di laga sebelumnya.

Uruguay tampil dengan formasi terbaiknya 4-3-3 dan menurunkan tiga penyerangnya, Diego Forlan, Luis Suarez dan Edinson Cavani di lini depan.

Sementara, Italia tampil berbeda dari pada laga sebelumya, saat dikalahkan Spanyol di semifinal. La Nazionale yang didera krisisi pemain lebih memilih memainkan pola 4-3-3, dengan menurunkan Alessandro Diamanti dan Stephan El Shaarawy, untuk menopang Alberto Gilardino di lini depan.

Namun, meski minus beberapa bintangnya, Italia seakan tak ingin terlihat kedodoran. Di awal laga pasukan Cesare Prandelli ini bahkan langsung berani menguasai permainan.

Namun, Uruguay tak tinggal diam. Lewat passing-passing akurat, juara Copa America 2011 ini pun tak jarang merepotkan barisan pertahanan tuan rumah.

Pada menit kedelapan, Italia memperoleh peluang. Melalui scenario set-piece, Giorgio Chiellini mampu menyambut bola lambung ke arah gawang  Uruguay. Namun, bola tandukan Chiellini masih melebar dari gawang Fernando Muslera.

Pada menit ke-10, Uruguay memberi respon lewat tendangan bebas Forlan di depan pertahanan Italia. Namun, sepakan Forlan masih mampu ditangkap oleh penjaga gawang Italia, Gianluigi Buffon.

Pada menit ke-24 kebuntuan Italia akhirnya terpecahkan melalui Diamanti. Tendangan bebasnya dari sisi kiri pertahanan Uruguay mengecoh Muslera. Tendangan penyerang asal Cagliari ini sesaat nampak terlihat akan melebar di sisi kanan gawang Muslera. Namun, siapa sangka tendangan Diamanti itu memantul ke mistar dan membentur bagian belakang tubuh Muslera.

Bola tendangan Diamanti sempat melintas di garis tepi gawang Uruguay. Sebelum akhirnya diteruskan Davide Astori untuk menggetarkan jala Uruguay. Semula ada perdebatan, Diamanti atau Astori yang memasukkan gol. Namun, pengamatan wasit, Astori lah yang berhak mengklaim gol. Italia pun memimpin 1-0.

Tertinggal Uruguay berusaha memberi respon balik. Pada menit ke-27, upaya Uruguay nyaris membuahkan hasil seandainya tendangan Suarez tak diblok Buffon.

Uruguay terus menerus memberikan tekanannya.  Pada menit ke-32, Edinson Cavani mampu menjebol gawang Buffon lewat tandukannya setelah memanfaatkan umpan Forlan dari tendangan bebas. Namun, gol Cavani dianulir, setelah wasit menganggapnya lebih dulu offside.

Di sisi lain, La Nazionale tak tinggal diam. Italia tetap berusaha memperbesar keunggulannya lewat scenario serangan balik yang dibangun El Shaarawy, Candreva dan Gilardino.

Saling serang terus diperagakan kedua tim. Uruguay yang berusaha mengejar ketertinggalan lebih banyak melancarkan tendangan spekulasi ke arah gawang Buffon. Sementara, Italia lebih banyak memperagakan umpan-umpan terobosan untuk memperbesar keunggulan.

Namun, hingga babak pertama berakhir tak ada gol tambahan tercipta. Keunggulan Italia pun tak terusik.

Susunan Pemain

Uruguay (4-3-3)

Fernando MUSLERA (GK); Diego LUGANO (C), Diego GODIN, Walter GARGANO, Cristian RODRIGUEZ, Luis SUAREZ, Diego FORLAN, Maximiliano PEREIRA, Egidio AREVALO, Edinson CAVANI, Martin CACERES

Italia (4-3-3)

Gianluigi BUFFON (GK)(C), Christian MAGGIO, Giorgio CHIELLINI, Davide ASTORI, Mattia DE SCIGLIO, Antonio CANDREVA, Alberto GILARDINO, Stephan EL SHAARAWY, Daniele DE ROSSI, Riccardo MONTOLIVO, Alessandro DIAMANTI

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya