SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Buenos Aires (Solopos.com) — Brasil boleh punya gelar Piala Dunia lebih banyak dari Uruguay, namun Uruguay yang berjuluk La Celeste lah raja sebenarnya di Amerika Selatan dengan koleksi trofi Copa America terbanyak.

Kemenangan atas Paraguay dengan skor 3-0 di laga final, Senin (25/7/2011) dinihari WIB kini membuat perolehan gelar Copa America Uruguay menyentuh angka 15.

Promosi Isra Mikraj, Mukjizat Nabi yang Tak Dipercayai Kaum Empiris Sekuler

Duel yang dihelat di Estadion Monumental, sudah membawa Uruguay unggul 2-0 di babak pertama lewat gol-gol Luis Suarez dan Diego Forlan. Satu gol Forlan dihasilkan di babak kedua.

Uruguay sudah buat ancaman di menit pertama setelah Luis Suarez memanfaatkan kemelut di depan gawang Paraguay. Namun sepakannya masih bisa digagalkan Justo Villar dan berbuah sepak pojok.

Dari situasi itu, Diego Forlan mengirimkan bola ke depan mulut gawang dan disambut tandukan Diego Lugano yang masih bisa diblok Villar.

Pada menit ke-12 Uruguay akhirnya mampu membuka skor. Diawali ketidaksempurnaan lini belakang Paraguay dalam menyapu bola, si kulit bundar jatuh ke kaki Suarez. Dengan sekali sentuh, Suarez kemudian melepaskan tembakan kaki kiri mendatar yang membentur kaki pemain sebelum melesak ke jala Villar.

Akhirnya striker berambut gondrong Diego Forlan sukses mengakhiri puasa golnya di Copa America. Pada menit ke-42 umpan terukur Egidio Arevalo Rios langsung disambut sepakan kaki kiri keras mendatar dan Villar hanya bisa terpaku melihat gawangnya kebobolan.

Paraguay nyaris memperkecil ketertinggalan pada menit ke-54 andaikan tembakan voli Nelson Valdez tak membentur mistar gawang Fernando Muslera.

Akhirnya Uruguay memastikan raihan trofi Copa America setelah Forlan pada menit ke-90 mencetak gol keduanya menuntaskan sebuah serangan balik cepat yang dibangun Edinson Cavani dan Suarez.

Sebelumnya, Uruguay bersama Argentina mempunyai koleksi trofi sama yakni 14. Namun gelar pertama Uruguay setelah yang terakhir di tahun 1995 membuat mereka kini berada di posisi teratas.

Uruguay adalah negara pertama yang menjadi juara Copa America edisi pertama tahun 1916. Lalu dilanjutkan tahun 1917, 1920, 1923, 1924, 1926, 1935, 1942, 1956, 1959, 1967, 1983, 1987, 1995 dan 2011.

Sementara itu Argentina harus berpuasa gelar lebih lama lagi setelah terakhir kali menyabetnya pada tahun 1993. Brasil gagal meraih hat-trick setelah mereka jadi penguasa turnamen ini di 2004 dan 2007. Total gelar mereka masih jauh dari Uruguay dan Argentina, yaitu delapan.

Paraguay dengan kekalahan ini harus menunggu setidaknya empat tahun lagi untuk menambah koleksi kelarnya menjadi tiga. Dua trofi sebelumnya diraih La Abiroja di tahun 1953 dan 1979. (Detik.com)

Daftar negara peraih trofi Copa America

Uruguay – 15
Argentina – 14
Brasil – 8
Paraguay – 2
Peru – 2
Kolombia – 1
Bolivia – 1

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya