SOLOPOS.COM - Kendaraan melintas di perlintasan sebidang Palang Krapyak, Desa Merbung, Kecamatan Klaten Selatan, Jumat (12/11/2021). Untuk mengurai kemacetan di perlintasan sebidang itu, pemerintah pusat bakal membangun fly over. (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN – Kawasan Palang Krapyak, Desa Merbung, Kecamatan Klaten Selatan bakal segera dibangun flyover. Pembangunan jalan layang itu dimaksudkan untuk mengurai kemacetan di pintu perlintasan kereta api (KA).

Berdasarkan informasi yang dihimpun, kawasan Palang Krapyak selama ini menjadi salah satu lokasi kemacetan. Kondisi itu terjadi terutama saat pagi. Antrean kendaraan melintasi perlintasan sebidang tak bisa terhindarkan pada ruas jalur by pass tersebut.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Antrean kendaraan kian mengular ketika pintu perlintasan KA tertutup. Kemacetan dikhawatirkan kian parah seiring ditutupnya perlintasan sebidang di sebelah barat Stasiun Klaten sejak Februari 2021.

Baca Juga: Beasiswa Mahasiswa Dibuka, Jekek Jamin Tak Ada Konflik Kepentingan

Bupati Klaten, Sri Mulyani, mengatakan setelah perlintasan sebidang di sebelah barat stasiun tersebut ditutup, Pemkab langsung berkoordinasi dengan pemerintah pusat. Perlintasan sebidang di sebelah barat stasiun sebelum ditutup menjadi jalur utama menuju ke wilayah kota. Jika tak segera diantisipasi, kemacetan di Palang Krapyak bakal kian parah.

“Saat ini memang kepadatan lalu lintas sedikit menurun dengan diterapkannya pembatasan-pembatasan sejak ada pandemi Covid-19. Tetapi saatnya nanti ketika kondisi sudah pulih, pelajar aktif lagi ke sekolah, pasti akan terjadi crowded terutama saat pagi. Diburu waktu untuk segera tiba di tempat tujuan, kawasan tersebut [Palang Krapyak] rawan kecelakaan lalu lintas,” kata Mulyani saat ditemui wartawan di Pendopo Pemkab Klaten, Jumat (12/11/2021).

Mulyani mengatakan pemkab sudah mengusulkan agar flyover alias jalan layang dibangun di Palang Krapyak. Perwakilan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) juga sudah ke Klaten berkoordinasi dengan Pemkab.

Baca Juga: Wow, Pemdes Mendak Klaten Dapat Ganti Rugi Tol Solo-Jogja Rp3,5 Miliar

Belum lama ini, ada sosialisasi dari Kemen PUPR ihwal rencana pembangunan flyover di Palang Krapyak. Mulyani berharap pembangunan jalan layang tersebut bisa terealisasi pada 2022 dan segara mengurai kemacetan.

“Saya dapat informasi sudah ada sosialisasi ke masyarakat. Semoga bisa terlaksana pada 2022. Kami dorong agar itu [pembangunan flyover] bisa segera terealisasi dengan terus berkomunikasi ke pemerintah pusat dan lobi-lobi ke pemangku kepentingan di pemerintah pusat,” kata dia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya