SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SRAGEN–Unit Pelayanan Terpadu Penanggulangan Kemiskinan (UPTPK) Sragen mulai mengadakan program deteksi dini kondisi kesehatan warga miskin di Sragen.

Tujuannya, untuk meningkatkan derajat kesehatan warga miskin.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala UPTPK Sragen, Suyadi, menerangkan program tersebut dilaksanakan dengan menggandeng lembaga pendidikan bidang kesehatan di Sragen.

Bulan ini, UPTPK bekerja sama dengan Akademi Keperawatan Yayasan Pondok Pendidikan Islam (YAPPI) Sragen, menerjunkan mahasiswa ke Desa Poleng, Kecamatan Gesi, Sragen. Para mahasiswa tersebut diberi tugas untuk melakukan deteksi dini kondisi warga miskin di daerah tersebut. Program ini lebih ditekankan untuk warga miskin yang memiliki kartu Sarase Warga Sukowati (Saraswati) Melati dan Menur.

“Harapannya diperoleh data tentang bagaimana kondisi kesehatan warga miskin,” jelasnya saat ditemui Solopos.com di Setda Sragen, akhir pekan kemarin.

Setelah diperoleh data, terangnya, rencananya ditindaklanjuti dengan program selanjutnya, sesuai data yang diperoleh di lapangan. Ia mencontohkan, jika diperoleh data masyarakat belum memahami bagaimana pola hidup bersih, akan diadakan penyuluhan pola hidup bersih. Jika diketahui seorang warga menderita penyakit tertentu, akan diadakan penyuluhan tentang bagaimana menghadapi penyakit tersebut.

Dengan cara itu, diharapkan kondisi kesehatan warga miskin, berangsur naik. Jika program percontohan di Desa Poleng berhasil, kata Suyadi, program serupa akan diterapkan di desa lainnya.

“Karena tidak punya uang, banyak warga miskin yang pergi berobat setelah kondisi kesehatannya sangat buruk. Hal ini yang ingin kita ubah. Saat ini juga banyak warga miskin yang tidak menerapkan pola hidup sehat. Mereka tidur satu ruangan dengan hewan peliharaannya,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya