SOLOPOS.COM - Jose Mujica (Reuters)

Jose Mujica (Reuters)

MONTEVIDEO–Presiden Uruguay, Jose Mujica, mengalami insiden memalukan di hadapan publiknya sendiri. Presiden Mujica tak menyadari pernyataan negatif untuk koleganya, Presiden Argentina, Cristina Kirchner dan mendiang suaminya, terekam mikrofon dan didengar publik.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Wanita tua ini lebih buruk dari pria bermata juling itu,” cetus Presiden Mujica di awal-awal konferensi pers, seperti dilansir AFP, Jumat (5/4/2013).

Ekspedisi Mudik 2024

Mujica menyampaikan perkataan ini kepada seorang ajudannya dengan suara pelan setengah berbisik. Namun rupanya kata-kata itu tertangkap mikrofon yang ada di sekitarnya sehingga terdengar jelas oleh para jurnalis dan orang-orang yang ada di ruangan konferensi pers.

Surat kabar El Observador bahkan mengunggah rekaman suara Mujica ini di portal beritanya. Disebutkan El Observador, saat itu Mujica tidak menyadari jika mikrofon yang ada di hadapannya sudah dalam kondisi menyala.

Menurut El Observador, perkataan Mujica tersebut ditujukan bagi Cristina Kirchner dan mendiang suaminya, Nestor Kirchner. Nestor meninggal dunia karena serangan jantung pada tahun 2010 lalu dan memang diketahui memiliki mata juling.

Insiden ini menarik perhatian publik, terutama melalui sosial media dan langsung memicu protes dari rakyat Argentina bahkan dari pemerintahannya langsung. Salah satunya, Menteri Luar Negeri Argentina, Hector Timerman yang mengkritik Presiden Mujica dengan terang-terangan.

Timerman menyebut perkataan Mujica tersebut sangat tidak bisa diterima dan cenderung merendahkan. Tidak hanya itu, Timerman juga menyebut Mujica telah menyinggung orang yang telah meninggal.

Nota protes terkait pernyataan Mujica tersebut telah secara resmi disampaikan kepada Duta Besar Uruguay di Buenos Aires, Argentina, Guillermo Pomi.

Jose Mujica yang kini berusia 77 tahun merupakan mantan gerilyawan yang berhasil meraih kursi Presiden Uruguay pada tahun 2010.

Sedangkan Nestor Krichner merupakan Presiden Argentina pada periode 2003-2007. Sang istri, Cristina Kirchner berhasil memenangkan pemilu dan melanjutkan kepemimpinan suaminya pada tahun 2011 lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya