UPK DAPM Kedawung Sragen Bagi-Bagi Sembako Senilai Total Rp70 Juta

Warga yang mendapat bantuan sembako itu merupakan nasabah simpan pinjam perempuan (SPP) sekaligus anggota kelompok binaan dari UPK DAPM Kedawung.

 Warga menerima bantuan sembako dari UPK DAPM Kedawung, Sragen, Rabu (15/9/2021). (Istimewa-UPK DAPM Kedawung)

SOLOPOS.COM - Warga menerima bantuan sembako dari UPK DAPM Kedawung, Sragen, Rabu (15/9/2021). (Istimewa-UPK DAPM Kedawung)

Solopos, SRAGEN Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Dana Amanah Pemberdayaan Masyarakat (DAPM) Kecamatan Kedawung, Sragen, menyalurkan bantuan sembako kepada sekitar 1.200 warga yang terdampak pandemi Covid-19.

Penyaluran paket sembako total oleh UPK DAPM senilai Rp70 juta itu dimulai pada Rabu (15/9/2021). Camat Kedawung, Nugroho Dwi Wibowo, yang juga pembina UPK DAPM, secara simbolis menyerahkan bantuan sembako itu kepada 30 warga.

Warga yang mendapat bantuan sembako itu merupakan nasabah simpan pinjam perempuan (SPP) sekaligus anggota kelompok binaan dari UPK DAPM Kedawung.

Baca juga: 5 Rumah Sakit di Sragen Punya Rapor Merah, Bupati Mencak-Mencak

“Sebanyak 30 warga yang menerima sembako secara simbolis hari ini adalah perwakilan dari kelompok. Setelah itu, kami menyalurkan sembako kepada warga di dua desa. Karena total ada 10 desa di Kedawung, kami menargetkan penyalurkan bantuan sembako itu bisa selesai dalam lima hari ke depan. Dengan asumsi, sehari bisa dua desa,” terang Manager UPK DAPM Kecamatan Kedawung, Asri Herawati, kepada Solopos.com, Rabu.

Dengan modal awal Rp1,3 miliar pada 2010 lalu, UPK DAPM Kedawung mampu meningkatkan aset menjadi Rp5 miliar per September 2021. Saat ini, UPK DAPM Kedawung memiliki 223 kelompok binaan.

Mereka rata-rata adalah ibu rumah tangga yang memiliki usaha seperti toko kelontong, menjahit, kerajinan kerupuk, dan lain-lain. Tidak hanya menyalurkan dana simpan pinjam, UPK DAPM juga memberdayakan kelompok tersebut melalui pendampingan.

Baca juga: Ditemukan Tinggal Kerangka di Selokan, Warga Sragen Ternyata Sudah Hilang 2 Bulan

“Kalau ada yang bingung bagaimana mengurus izin PIRT [pangan industri rumah tangga], ya kita fasilitasi secara gratis tanpa dipungut biaya. Nanti kalau ada surplus dana, kita kembalikan lagi ke masyarakat. Setiap tahun, kami selalu menyalurkan dana sosial dari surplus dana itu. Tapi dana yang kita pakai untuk menyalurkan sekitar 1.200 sembako itu berasal dari dana kegiatan sosialisasi. Karena tidak ada sosialisasi selama pandemi, maka dana itu kami wujudkan dalam bentuk bantuan sembako,” papar Herawati.


Berita Terkait

Berita Terkini

Beredar Info Solar Langka, Kapolres Sukoharjo Langsung Patroli ke SPBU

Aparat Polres Sukoharjo melakukan patroli ke sejumlah SPBU menanggapi informasi yang beredar di masyarakat bahwa solar saat ini langka.

PPKM Turun Level, Penumpang KRL Solo-Jogja dan Prameks Terus Meningkat

Jumlah penumpang KRL Solo-Jogja mengalami kenaikan setelah ada pelonggaran aturan seiring turunnya status PPKM ke level 2.

Belasan UKM di Klaten Korban Order Fiktif Rp2 Juta Lapor ke Polisi

Aksi orang tak dikenal yang menipu para pedagang kecil dinilai sangat merugikan masyarakat dan pengelola panti asuhan putri di Tonggalan, Klaten Tengah.

Belasan UKM di Klaten Kena Order Fiktif, Antar Pesanan hingga Rp2 Juta

Belasan pelaku UKM itu telanjur mengirim pesanan ke Panti Asuhan Putri Aisyiyah di Tonggalan, Klaten Tengah, padahal pengelola panti tersebut sama sekali tidak memesan seblak atau bakso dari para pedagang kecil.

Libur Maulid Nabi, Tawangmangu Cenderung Sepi

Arus lalu lintas di Tawangmangu, Karanganyar, pada libur Maulid Nabi Muhammad SAW, Rabu (20/10/2021) cenderung sepi.

Ingin Ormas Islam Bersatu, Bupati Karanganyar Adakan Pengajian Rutin

Bupati ingin menggelar pengajian rutin yang melibatkan ormas Islam di Karanganyar agar mereka bersatu membangun masyarakat.

Nunggak Pajak, Aset Perusahaan di Solo Senilai Rp560 Juta Disita 

Aset salah satu perusahaan di Solo senilai lebih dari Rp560 juta disita Kanwil Ditjen Pajak Jateng II lantaran menunggak pembayaran PPN tahun 2018.

Peringati HUT Taman Doa, Umat Katolik Sragen Nyalakan 1.000 Lilin

HUT ke-4 Taman Doa Santa Perawan Maria Di Fatima di Ngrawoh, Gesi, Sragen, dirayakan umat Katolik dengan melakukan Misa dan menyalakan 1.000 lilin di sekitar Patung Bunda Maria.

Akomodasi Pekerja, DKK Sukoharjo Buka Vaksinasi Covid-19 Malam Hari

Dinas Kesehatan Kabupaten Sukoharjo membuka vaksinasi Covid-19 malam hari untuk mengakomodasi para pekerja yang tak bisa meninggalkan pekerjaan siang hari.

Biar Ramai, Pedagang Bonsai Buka Lapak di Sentra Kuliner Sragen

Sentra Kuliner Veteran Brigjen Katamso Sragen tampil beda dengan deretan tanaman bonsai yang dipajang di halaman depan.

Masuk TSTJ Solo Tak Dibatasi Usia, Tingkat Kunjungan Langsung Melonjak

Jumlah kunjungan ke objek wisata Taman Satwa Taru Jurug atau TSTJ Solo langsung melonjak setelah keluar aturan baru di mana pengunjung tidak dibatasi usia.

Canggih, Kualitas Air Pamsimas Plosorejo Bisa Dipantau via Smartphone

Pamsimas di Desa Plosorejo, Kecamatan Matesih, Karanganyar, telah dilengkapi Water Management System yang terhubungan dengan internet.

Gerindra Karanganyar Gelar Vaksinasi, Jumlah Peserta Jauh Berkurang

Jumlah warga yang mengikuti vaksinasi Covid-19 yang digelar Partai Gerindra Karanganyar tak sebanyak kegiatan serupa sebelumnya.

Marak Pinjol dan Arisan Ilegal, Polres Sukoharjo: Jangan Takut Melapor!

Polres Sukoharjo membentuk tim khusus untuk menangani setiap laporan dan aduan mengenai kasus pinjaman online maupun arisan online ilegal.

Sukoharjo Hari Ini: 20 Oktober 2010, Jagal Yulianto Jalani Rekonstruksi

Kabar Sukoharjo hari ini, tepatnya pada 20 Oktober 2010, Jagal Yulianto jalani rekonstruksi pembunuhan dengan mempraktikkan 30 adegan.