Kategori: Sukoharjo

Update Terbaru! Positif Covid-19 Sukoharjo Tembus 80 Orang, 1 Pasien Meninggal Dunia


Solopos.com/R Bony Eko Wicaksono

Solopos.com, SUKOHARJO -- Update terbaru positif Covid-19 di Sukoharjo menyentuh angka 80 orang dengan adanya tambahan dua kasus baru pada Jumat (19/6/2020).

Dua kasus baru itu masing-masing dari Kecamatan Kartasura dan Kecamatan Sukoharjo. Sementara itu, satu pasien positif corona meninggal dunia pada Rabu (17/6/2020).

Warga Tawangmangu Karanganyar Positif Covid-19, Ketahuan Saat Urus Surat Sehat Untuk Merantau

Dengan demikian, jumlah total pasien positif corona yang meninggal dunia di Sukoharjo mencapai lima orang. Pasien positif yang meninggal ini berasal dari Kecamatan Sukoharjo.

Saat meninggal, pasien itu berstatus pasien dalam pengawasan (PDP) dan dirawat inap di rumah sakit. Update informasi terbaru hasil swab pasien asal Sukoharjo yang meninggal itu ternyata positif Covid-19.

Pasien Positif Covid-19 Asal Girimarto Wonogiri Sembuh Setelah 8 Hari Dirawat

Pasien itu memiliki penyakit penyerta sehingga harus dirawat intensif di rumah sakit. Juru Bicara Percepatan Penanganan Covid-19 Sukoharjo, Yunia Wahdiyati, mengatakan sebelum mengembuskan napas terakhir, PDP itu menjalani swab test.

"Pasien itu meninggal di rumah sakit dan langsung dimakamkan. Pemakaman pasien menggunakan SOP Covid-19," kata dia saat dihubungi Solopos.com, Jumat (19/6/2020) malam.

Gibran Sebut Pemegang Rekomendasi Cawali Solo Dari DPP PDIP Pasti Figur Terbaik

Gugus tugas Sukoharjo lantas merespons dengan melakukan tracing atau pelacakan kontak PDP yang berdasarkan update terbaru ternyata positif Covid-19 itu.

Karantina Mandiri

Langkah ini dilakukan untuk memutus mata rantai persebaran Covid-19 di Sukoharjo. "Jumlah pasien positif corona yang meninggal dunia bertambah satu menjadi lima orang," tutur Kepala Dinas Kesehatan (DKK) Sukoharjo ini.

Pasien Positif Covid-19 Asal Nguter Sukoharjo Jadi Volunteer Penelitian Plasma dan Vaksin

Sementara itu, Kepala Puskesmas Sukoharjo, Kunari Mahanani, mengungkapkan pasien positif yang meninggal merupakan warga Kelurahan Mandan. Sebelum meninggal, pasien itu menjalani swab test di RS UNS, Kartasura.

Gugus tugas di tingkat kecamatan telah berkoordinasi dengan Pemerintah Kelurahan Mandan untuk meminta agar warga sekitar rumah pasien positif itu melakukan karantina mandiri.

Positif Covid-19 Indonesia 19 Juni Bertambah 1.041 Jadi 43.803, Sembuh 17.349

"Masyarakat sudah paham dan melaksanakan karantina mandiri demi keselamatan dan kesehatan bersama," kata dia.

Share
Dipublikasikan oleh
Suharsih