SOLOPOS.COM - Foto Gunung Ijen JIBI/Harian Jogja/Antara

Foto Gunung Ijen
JIBI/Harian Jogja/Antara

BANYUWANGI-Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) terus melakukan pemantauan di Gunung Ijen yang berstatus Siaga. Pantauan terakhir di rilis Jumat (10/5). Pantauan ini dilakukan kemarin pukul 12.00 hingga 18.00 WIB. Berikut ini laporannya:

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Secara visual cuaca di sekitar Gunung Ijen terang. Udara tertutup kabut sementara seismik tercatat 11 kali gempa vulkanik dangkal dan 1 kali gempa tektonik jauh.

Sementara tremor terus menerus terjadi dengan amplituda 0,5-2 mm, dominan 1 mm. Menurut Kepala PVMBG, Surono, aktivitas Gunung Ijen saat ini terjadi penurunan energi tremor yang ditengarai penurunan amplituda termor.

Semula rata-rata 15 mm pada 20 Maret 2013, saat ini amplituda tremor dominan 1 mm. Surono juga merekomendasikan agar tak ada aktivitas masyarakat dalam radius 1,5 KM dari Kawah Ijen.

“Warga sebaiknya tetap tenang, tidak terpancing isu-isu yang tidak jelas sumbernya. Tetap mengikuti arahan Pemda setempat,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya