SOLOPOS.COM - Kawah Sileri di kawasan wisata Dieng, Jawa Tengah. (Switzy Sabandar/JIBI/Harian Jogja)

Foto Kawah Sileri Dieng
JIBI/Harian Jogja/Switzy Sabandar

BANJARNEGARA-Berikut ini update kondisi Gunung Dieng, Selasa (23/4) berdasarkan laporan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG). Pantauan dilakukan pada pukul 06.00-12.00 WIB.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Visual cuaca cerah, angin tenang, asap Kawah Timbang putih tebal, tekanan lemah dengan ketinggian 50-100 meter. Bau belerang juga tercium lemah pada jarak jarak 1.000 meter dari kawah timbang ke arah barat dan tercium lemah 1.500 meter ke arah selatan.

Kepala PVMBG, Surono, Selasa (23/4) mengatakan masyarakat diperbolehkan melakukan aktivitas terbatas dalam radius 1 kilometer (km) dari Kawah Timbang dengan empat syarat sebagai berikut:

1. Jika dalam 6 jam terakhir tidak terekam gempa vulkanik dan tektonik lokal yang berpotensi memicu keluarnya gas beracun dari Kawah Timbang

2. Saat matahari bersinar terik dalam radius 1 km dari Kawah Timbang
3. Setelah dilakukan pengecekan dengan peralatan tidak terdapat gas beracun yang berpotensi membahayakan kehidupan di sekitar Kawah Timbang

4. Jika tiba-tiba terekam gempa vulkanik & tektonik lokal yg berpotensi memicu keluarnya gas beracun dari Kawah Timbang dan sekitarnya, maka masyarakat yg beraktivitas di sekitar kawah timbang agar segera keluar dr radius 1 km dari Kawah Timbang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya