SOLOPOS.COM - Foto Ilustrasi Pedagang Beras JIBI/Bisnis Indonesia/Dwi Prasetya

Foto Ilustrasi Pedagang Beras
JIBI/Bisnis Indonesia/Dwi Prasetya

BANTUL-Harga beras berbagai jenis di pasar tradisional Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), pekan ini cenderung stabil setelah sebelumnya sempat turun harga tipis akibat persediaan melimpah.

Promosi Enjoy the Game, Garuda! Australia Bisa Dilewati

Pedagang beras di pasar tradisional Niten, Bantul, Ngatiyem, Jumat (19/4) mengatakan, seperti beras jenis IR 1 pekan ini stabil rata-rata Rp8.000 per kilogram (kg), kemudian beras kualitas IR 2 pada kisaran harga Rp7.600 per kilogram.

“Harga beras stabil karena saat ini sebagian petani masih menikmati musim panen di beberapa wilayah, sehingga persediaan di pasar melimpah dan dapat memenuhi permintaan konsumen,” katanya.

Menurut dia, harga beras di pasaran termasuk di Bantul tidak seperti bahan kebutuhan pokok lainnya yang harganya cenderung fluktuatif, karena persediaan beras didukung dengan produksi padi di daerah itu.

“Kalau untuk beras kecenderungan harganya stabil, meski awal panen lalu sempat turun harga, namun pekan ini cenderung stabil normal, untuk beras lain seperti beras C4 berkisar pada Rp8.000 per kg sedangkan beras jawa Rp9.000 per kg,” katanya.

Meski demikian, kata dia, pedagang tidak mau berspekulasi terhadap pergerakan harga beras apakah terus stabil atau turun dan sebaliknya, namun dirinya hanya akan mengikuti harga sesuai mekanisme pasar yang terjadi.

Hal yang sama juga dikatakan Sugiyato pedagang sembako di pasar Bantul, yang mengatakan selain beras harga bawang merah dan bawang putih pekan ini masih stabil meski beberapa pekan lalu sempat turun harga.

Ia mengatakan, harga bawang merah pekan ini stabil Rp40.000 per kilogram, sempat turun dari sebelumnya yang mencapai Rp50.000 per kilogram, sedangkan bawang putih harganya juga stabil rata-rata Rp40.000 per kilogram.

“Stabilnya harga komoditas ini karena pasokan barang ke sejumlah pasar tradisional tidak ada kendala setelah sebelumnya sempat terlambat akibat sarana transportasi yang kurang lancar,” katanya.

Ia menyebutkan untuk cabai rawit hijau pekan ini stabil pada kisaran Rp16.000, kemudian cabai merah keriting berkisar Rp15.000 per kilogram, sedangkan harga cabai rawit merah di pasaran masih tinggi berkisar Rp35.000 per kilogram.

“Sedangkan telur ayam ras turun tipis dari Rp16.000 pada minggu lalu menjadi Rp14.000 per kilogram, kemudian daging ayam ras turun dari Rp28.000 menjadi Rp25.000 sampai Rp26.000 per kilogram.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya