Kategori: Wonogiri

Update Covid-19, Sehari Kasus Terkonfirmasi Positif di Wonogiri Tambah 38 Orang


Solopos.com/Tika Sekar Arum/Aris Munandar

Solopos.com, WONOGIRI -- Kasus terkonfirmasi Covid-19 di Wonogiri bertambah 38 orang hanya dalam waktu sehari. Dengan tambahan ini berarti jumlah kasus terkonfirmasi mencapai 100 orang per Jumat (24/7/2020).

Data tersebut terungkap dari laman resmi Pemerintah Kabupaten (Pemkeb) Wonogiri tentang info corona di wonogirikab.go.id. Berdasarkan pantauan Solopos.com, laman tersebut masih menggunakan istilah lama.

Tertulis kasus terkonfirmasi Covid-19 per Jumat mencapai 100 kasus. Dari jumlah itu sebagian besar, yakni 63 orang atau 63 persen menjalani karantina khusus atau karantina mandiri.

Jelang Idul Adha, Harga Sapi di Karanganyar Naik Rp1 Juta, Kambing Rp500.000

Selebihnya, sembilan orang dirawat di rumah sakit, 24 orang sudah dinyatakan sembuh, dan empat orang meninggal dunia. Sedangkan jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 77 orang. Dari jumlah itu 71 dipastikan negatif Covid-19 dan enam orang meninggal dunia.

Lalu, orang dalam pengawasan (ODP) ada 925 orang. Dari jumlah itu, hingga saat ini masih ada 23 orang yang berstatus dalam pemantauan.

Dibandingkan data Kamis (23/7/2020), ada penambahan 38 kasus. Di laman yang sama, kemarin, tercatat 62 kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Wonogiri.

Ingat Amel Carla? Dulu Imut dan Chubby, Sekarang Cantik Banget

Kasus Baru Terkonfirmasi Sebagian Besar Karantina Mandiri

Dari jumlah tersebut, 32 orang menjalani karantina mandiri dan 11 orang dirawat di rumah sakit. Di luar itu, 15 orang dinyatakan sembuh dan empat orang meninggal dunia.

Merujuk dua data tersebut, berarti 38 tambahan kasus terkonfirmasi Covid-19 di Wonogiri sebagian besar menjalani karantina mandiri. Selain penambahan kasus terkonfirmasi baru, Wonogiri juga mencatatkan tambahan kasus sembuh, yakni bertambah sembilan orang. Sedangkan jumlah pasien meninggal dunia karena Covid-19 tidak bertambah atau tetap empat orang.

Kasus Kebakaran di Karanganyar Turun 50 Persen Selama Covid-19

Hingga berita ini diturunkan belum jelas dari mana sumber penularan 38 pasien terkonfirmasi positif itu. Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Wonogiri, Joko Sutopo (Jekek), belum memberi keterangan tentang tambahan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut. Solopos.com dijanjikan bertemu Jumat siang.

Dalam wawancara sebelumnya, Jekek yang juga Bupati Wonogiri itu menjelaskan sejauh ini kasus Covid-19 di Wonogiri bersumber dari klaster pondok pesantren, pemudik, perjalanan luar kota, dan yang terbaru tenaga kesehatan.

Gugus Tugas akan meningkatkan sosialisasi untuk membuat masyarakat sadar tentang bahaya Covid-19. "Kami akan mencoba redesign lagi cara sosialisasi atau penyampaian Covid-19 kepada masyarakat. Selain itu juga akan diperkuat melalui sosial media," kata Jekek kepada wartawan, Jumat (17/7/2020).

Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo Positif Covid-19

 

Share
Dipublikasikan oleh
Tika Sekar Arum