SOLOPOS.COM - Ilustrasi hasil tes virus corona. (Freepik)

Solopos.com, KLATEN — Sebanyak tujuh pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah dinyatakan sembuh berdasarkan update terbaru, Minggu (26/7/2020). Namun di hari yang sama, ada penambahan tujuh pasien baru Covid-19 dengan satu orang meninggal dunia akibat Covid-19 di Klaten.

Pasien Baru

Berdasarkan pengumuman dari Gugus Tugas Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 Klaten, dua dari tujuh pasien baru Covid-19 berasal dari Kecamatan Bayat. Mereka berinisial PW, perempuan, 18 tahun, dan AAH, laki-laki, 24 tahun.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

PW sebelumnya menjalani test swab pada 18 Juli dan 19 Juli. Pada 20 Juli, PW meninggal dunia. Hasil tes swab baru keluar pada 25 Juli dan menunjukkan PW terkonfirmasi positif Covid-19. Dimungkinkan, PW terpapar virus corona saat mengunjungi fasilitas pengobatan tradisional di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Sementara itu, AAH sebelumnya telah melakukan tes swab pada 20 Juli dan 21 Juli dengan hasil tes keluar pada 25 Juli dan menunjukkan terkonfirmasi positif Covid-19. Diduga, AAH terpapar saat melakukan pekerjaannya sehari-hari.

Penambahan pasien Covid-19 juga ada satu dari Kecamatan Klaten Tengah. Pasien itu berinisial S, laki-laki, 64 tahun yang sebelumnya melakukan tes swab pada 20 Juli dan 21 Juli. Hasil tes keluar pada 25 Juli menunjukkan positif Covid-19. Diduga, S terpapar oleh kasus terkonfirmasi Covid-19 sebelumnya.

Pasien baru Covid-19 selanjutnya berasal dari Kecamatan Polanharjo berinisial TH, laki-laki, 44 tahun yang sebelumnya melakukan tes swab pada 20 Juli dan 21 Juli. Hasil tes swab keluar pada 25 Juli dan menunjukkan positif Covid-19.

Diduga, TH saat melakukan aktivitas pekerjaan di wilayah Solo dan Boyolali. TH saat ini dirawat di RS PKU Muhammadiyah Delanggu.

Sementara itu, dua pasien lain berasal dari Kecamatan Wonosari yang masing-masing berinisial EM, laki-laki, 44 tahun, dan SS, perempuan, 49 tahun. Mereka menjalani tes swab pada 20 Juli dan 21 Juli lalu dengan hasil keluar pada 25 Juli dan dinyatakan terkonifrmasi positif Covid-19.

Kedua pasien dari Wonosari itu merupakan kontak erat dari kasus pasien terkonfirmasi Covid-19. Kedua pasien tersebut menjalani perawatan di Rumah Sehat Covid-19 Sukoharjo.

Sembuh

Satu pasien terkonfirmasi positif Covid-19 juga berasal dari Kecamatan Delanggu, yakni berinisial YPS, perempuan, 25 tahun. Sebelumnya YPS menjalani tes swab pada 17 Juli dengan hasil keluar pada 22 Juli menunjukkan positif Covid-19. Diduga, YPS terpapar virus corona saat melakukan aktivitas pekerjaannya di Solo.

Pada 23 Juli, YPS kembali melakukan tes swab dan keluar hasil negatif Covid-19. Pada 25 Juli, YPS dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang ke rumah. YPS sebelumnya dirawat di RS UNS sejak 17 Juli.

Alhasil, YPS tercatat sebagai pasien terkonfirmasi positif dan dinyatakan sembuh pada pengumuman perkembangan kasus Covid-19 di Klaten oleh gugus tugas pada Minggu.

Berdasarkan update terbaru, pasien Covid-19 di Klaten yang dinyatakan sembuh lainnya yakni dua orang dari Kecamatan Wonosari masing-masing berinisial H, perempuan, 44 tahun dan AS, laki-laki, 20 tahun.

H sebelumnya dirawat di Rumah Sehat Covid-19 Sukoharjo sejak 16 Juli lalu. Sedangkan AS sebelumnya dirawat di RS UNS sejak 21 Juli.

Sebanyak dua pasien sembuh lainnya berasal dari Kecamatan Klaten Tengah masing-masing berinisial AI, perempuan, 41 tahun, dan ATD, perempuan, 43 tahun. Kedua pasien itu sebelumnya menjalani perawatan di RSUP dr Soeradji Tirtonegoro (RSST) Klaten sejak 18 Juli dan 19 Juli.

Sebanyak satu pasien sembuh berasal dari Kecamatan Bayat berinisial SK, perempuan, 54 tahun yang sebelumnya dirawat di RSST sejak 18 Juni. Pasien sembuh lainnya dari Kecamatan Cawas berinisial MNS, perempuan, 58 tahun dan dirawat di RSST sejak 12 Juli.

"Ketujuh pasien sembuh hari ini diperbolehkan pulang ke rumah. Namun, mereka tetap harus melakukan isolasi mandiri minimal tujuh hari dan disiplin melakukan protokol kesehatan," kata Juru Bicara Gugus Tugas Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 Klaten, Cahyono Widodo, berdasarkan rilis yang diterima Solopos.com, Minggu.

Terkait masih ada penambahan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Klaten berdasarkan update terbaru, Cahyono mengimbau warga lebih disiplin menaati protokol kesehatan yang berlaku.

"Tetap berada di rumah. Jika terpaksa keluar rumah wajib mengenakan masker dengan dengan baik dan benar. hindar kerumunan dan terapkan pola hidup bersih dan sehat," jelas Cahyono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya