SOLOPOS.COM - Ilustrasi hasil tes Covid-19. (Reuters)

Solopos.com, KLATEN — Gugus Tugas Pencegahan dan Pengendalian (Gusgas PP) Covid-19 Kabupaten Klaten, Jawa Tengah mengumumkan ada lima pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yag berhasil sembuh dan empat orang baru terkonfirmasi positif Covid-19, Minggu (9/8/2020).

Kelima pasien yang dinyatakan sembuh masing-masing berinisial RMR (laki-laki), 12 tahun dari Kecamatan Bayat, NM (perempuan), 45 tahun dari Kecamatan Prambanan, G (laki-laki), 63 tahun dan SH (laki-laki), 37 tahun dari Kecamatan Trucuk, dan AC (laki-laki), 31 tahun dari Kecamatan Wonosari. Dari kelima pasien sembuh, empat pasien sebelumnya menjalani perawatan di RSD Bagas Waras Klaten.

Promosi Gelar Festival Ramadan, PT Pegadaian Kanwil Jawa Barat Siapkan Panggung Emas

Keempat pasien tersebut yakni RMR yang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 sejak 5 Juli 2020, pasien NM dinyatakan terkonfirmasi positif covid-19 sejak 18 Juli 2020. Sementara, pasien berinisial G dan SH dinyatakan terkonfirmasi positif covid-19 sejak 29 Juli 2020.

Sedangkan pasien AC sebelumnya menjalani perawatan di RSUD dr Soediran Mangun Sumarso Wonogiri. AC yang berasal dari Wonosari Klaten itu dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 sejak 31 Juli 2020 dan kini sudah sembuh.

4 Waduk di Sragen Mengering, Ratusan Hektare Sawah Terancam Kekeringan

"Hasil evaluasi pengobatan dengan pemeriksaan spesimen dari kelima pasien tersebut menunjukkan negatif, sehingga pasien dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang. Meskipun sudah diperbolehkan pulang, pasien diminta untuk melakukan isolasi mandiri minimal tujuh hari," kata Juru Bicara Gugus Tugas Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 Klaten, Cahyono Widodo, berdasarkan rilis yang diterima Solopos.com, Minggu.

Pasien Baru

Sementara untuk penambahan pasien baru positif Covid-19 masing-masing berasal dari Kecamatan Delanggu berinisial MSR (laki-laki), 35 tahun, dari Kecamatan Klaten Utara berinisal PAM (perempuan), 34 tahun, dari Kecamatan Wonosari berinisial SNS (perempuan), 74 tahun dan ML (perempuan), 62 tahun.

Pasien MSR diketahui bekerja sebagai karyawan di Solo. Diduga, pasien tersebut tertular saat melakukan aktivitas pekerjaannya yang diketahui bahwa rekan satu kantor ada yang terkonfirmasi positif Covid-19. Saat ini pasien sedang menjalani isolasi mandiri dibawah pengawasan tim medis.

Pasien berinisial PAM merupakan seorang karyawan di Sukoharjo dan diduga terpapar virus corona saat melakukan aktivitas pekerjaannya di Sukoharjo. Pasien SNS dan pasien ML diketahui merupakan kontak erat dari kasus terkonfirmasi positif Covid-19 sehingga dimungkinkan pasien terpapar dari kasus terkonfirmasi tersebut. Saat ini pasien PAM, SNS, dan ML sedang menjalani perawatan di RSD Bagas Waras Klaten.

GP Ansor Desak Polisi Tangkap Pelaku Kericuhan Di Mertodranan Solo

Jumlah kasus positif Covid-19 di Klaten menjadi 158 orang. Sebanyak 36 pasien Covid-19 di Klaten masih menjalani perawatan, 115 orang sembuh, dan 7 orang meninggal dunia.

"Kami tetap mengharapkan masyarakat disiplin menaati protokol kesehatan yang berlaku. Tetap berada di rumah, jika terpaksa keluar rumah wajib menggunakan masker, hindari kerumunan, dan terapkan pola hidup bersih dan sehat," kata Cahyono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya