SOLOPOS.COM - Ilustrasi hasil tes Covid-19. (Reuters)

Solopos.com, KLATEN — Jumlah kasus baru positif Covid-19 di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah bertambah tiga, per Minggu (16/8/2020). Ketiga pasien baru itu masing-masing berinisial NTS, 73, perempuan dari Kecamatan Ceper, PSW, 23, perempuan dari Kecamatan Juwiring, serta M, 53, perempuan dari Kecamatan Karangdowo.

NTS diduga terpapar virus corona lantaran merupakan kontak erat dengan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 sebelumnya. NTS menjalani perawatan di RSD Bagas Waras Klaten.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Sementara, PSW bekerja sebagai karyawan swasta di Jakarta dan dalam 14 hari terakhir memiliki riwayat tinggal di Jakarta. Diduga, PSW terpapar saat berada di Jakarta. PSW menjalani perawatan di RSD Bagas Waras Klaten.

Ekspedisi Mudik 2024

Lumpia Sami Jaya, Kuliner Legendaris di Malioboro Jogja

Kasus baru lainnya, M, merupakan kontak erat dari kasus terkonfirmasi positif Covid-19 sebelumnya di Klaten sehingga diduga terpapar dari kasus sebelumnya itu. M menjalani perawatan di RSU Islam Klaten.

"Masyarakat diharapkan lebih disiplin menaati protokol kesehatan yang berlaku. Tetap berada di rumah, jika terpaksa keluar rumah wajib menggunakan masker, hindari kerumunan, dan terapkan perilaku hidup bersih dan sehat," jelas juru bicara Gugus Tugas Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 Klaten, Cahyono Widodo, berdasarkan rilis yang diterima Solopos.com, Minggu.

Sembuh

Selain kasus baru, gugus tugas juga mengumumkan empat pasien Covid-19 di Klaten dinyatakan sembuh per Minggu. Mereka berinisial AP, 29, laki-laki dari Kecamatan Karangdowo; MSR, 35, laki-laki dari Kecamatan Delanggu; serta AD perempuan, 57, dan M, perempuan, 49, dari Kecamatan Polanharjo.

AP dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 sejak 8 Agustus, sedangkan MSR dinyatakan terkonfirmasi positif sejak 9 Agustus. Sementara itu, AD dan M sama-sama dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 sejak 11 Agustus.

5 Bulan Ngenes, Pengelola Umbul Brintik Klaten Berharap Bisa Segera Buka

Keempat pasien itu sebelumnya menjalani isolasi mandiri di bawah pengawasan tim medis.

"Hasil evaluasi pengobatan dengan pemeriksaan spesimen dari keempat pasien tersebut menunjukkan negatif. Maka hari ini pasien dinyatakan sembuh. Meskipun sudah dinyatakan sembuh, pasien tetap harus melakukan isolasi mandiri minimal tujuh hari," jelas Cahyono.

Dengan tambahan tiga kasus baru. kini ada 184 kasus positif Covid-19 di Klaten per Minggu (16/8/2020). Dari angka itu, 35 orang menjalani perawatan, 142 orang dinyatakan sembuh, dan tujuh orang meninggal dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya