Update Covid-19 Karanganyar: Tak Ada Pasien Sembuh, 2 Orang Positif
Ilustrasi hasil tes Covid-19. (Freepik)

Solopos.com, KARANGANYAR--Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Karanganyar tambah dua orang pada Selasa (11/8/2020).

Data yang dihimpun Solopos.com dari akun resmi Instagram Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Karanganyar, tambahan dua kasus positif Covid-19 berasal dari Kecamatan Tawangmangu dan Colomadu.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Karanganyar sekaligus Bupati Karanganyar, Juliyatmono, menuturkan kasus positif Covid-19 dari Kecamatan Colomadu berasal dari pemudik.

Duh, Hoaks Warga Satu RT di Ngargoyoso Karanganyar Jalani Tes Swab

"Pemudik dari Kota Pekanbaru, Provinsi Riau. Itu yang Colomadu," kata Juliyatmono saat dihubungi Solopos.com melalui pesan aplikasi WhatsApp, Selasa.

Sementara itu, satu kasus lagi berasal dari Kecamatan Tawangmangu. Dia perempuan berusia 51 tahun. Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Karanganyar menduga pasien tersebut positif Covid-19 karena beberapa penyebab.

"Jadi dua minggu lalu, bapaknya pasien itu meninggal. Saudara dan kerabat dari luar Kabupaten Karanganyar takziah. Kami menduga kemungkinan tertular saat prosesi permakaman," ujar dia.

Catat, Ada Bansos Rp2,4 Juta untuk 23.000 Pelaku Usaha di Karanganyar

Dugaan lain pasien tersebut tertular dari aktivitas pekerjaan anaknya. Anak dari pasien tersebut bekerja di salah satu perusahaan telekomunikasi. "Anaknya bekerja di bagian yang melayani gangguan atau keluhan pelanggan. Itu dua hal yang kami duga menjadi penyebab persebaran Covid-19 di situ," ungkapnya.

Informasi lain menyebutkan ayah dari pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 itu sempat mendapat perawatan di rumah sakit. Tetapi dia memastikan bahwa ayah yang bersangkutan meninggal bukan karena Covid-19.

"Bukan Covid-19. Sudah sakit tua ya. Usianya sudah lebih dari 80 tahun. Pasien Covid-19 itu memang sempat menunggui bapaknya di rumah sakit," tutur dia.

Kerusuhan di Solo, Polisi Sudah Tangkap 3 Pelaku Pengeroyokan

Dari dua kasus penambahan itu, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Karanganyar melaksanakan pelacakan. Hasilnya sembilan orang melakukan kontak erat dengan dua pasien terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom