Update Covid-19 Karanganyar: Kontak Erat dan Klaster Rumah Tangga Mendominasi
Ilustrasi Corona (Solopos/Whisnupaksa)

Solopos.com, KARANGANYAR – Satgas Penanganan Covid-19 Karanganyar menyebut kasus positif Covid-19 didominasi kontak erat. Rata-rata kontak erat yang terkonfirmasi positif Covid-19 berasal dari keluarga maupun kerabat.

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Karanganyar, Juliyatmono, menuturkan hal itu saat berbincang dengan wartawan pada Senin (26/10/2020). Dia mencontohkan salah seorang warga terkonfirmasi positif Covid-19. Petugas Dinkes Kabupaten Karanganyar melacak kontak erat pasien terkonfirmasi positif itu.

"Hasil tes swab kontak erat itu rata-rata banyak yang positif [terkonfirmasi]. Rata-rata kasus akhir-akhir ini paling banyak kontak erat," kata dia.

Pertama di Wonogiri, Ada Bayi yang Positif Covid-19

Selain kontak erat, kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Karanganyar bertambah karena aktivitas pelaku perjalanan dan warga yang memiliki penyakit penyerta. Warga yang memiliki riwayat penyakit tertentu itu rutin memeriksakan diri ke rumah sakit.

"Tanggal 25 Oktober itu ada tambahan belasan kasus. Paling banyak kontak erat. Lalu ada pelaku perjalanan dan pasien penyakit kronis yang sering kelua-masuk rumah sakit," imbuhnya.

Yuli, sapaan akrabnya, menuturkan petugas akan melacak kontak erat pasien terkonfirmasi positif Covid-19 hingga tuntas. Prioritas pelacakan pada perorangan atau person dan sosial. Kontak erat perorangan itu contohnya keluarga yang tinggal satu rumah dan kerabat.

"Kalau kontak person selesai. Kami melacak kontak erat sosial. Misal di pabrik, kantor. Tempat kerja pasien terkonfirmasi positif Covid-19. Dimulai dari satu ruangan dulu lalu satu kantor," jelasnya.

Rentetan Adegan Pembunuhan Yulia di Sukoharjo: Total Ada 7 TKP

Klaster Rumah Tangga

Yuli tidak menampik apabila kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Karanganyar didominasi klaster keluarga. Dia malah menyebutnya dengan klaster rumah tangga.

"Ya pernah ada satu keluarga itu terkonfirmasi positif Covid-19. Ada anak di bawah umur dinyatakan terkonfirmasi. Sudah lama dan sudah sembuh. Bulan lalu ada lima anak usia sekolah [di bawah umur] terkonfirmasi positif Covid-19. Bulan ini belum saya cek ada berapa," ungkapnya.

Puluhan Orang di Semarang Berdoa di Makam Covid-19, Gegara ini…

Dia menjabarkan data pasien terkonfirmasi positif Covid-19 didominasi usia 20 tahun ke atas. Sementara itu, data yang dihimpun Solopos.com dari akun Instagram Dinkes Karanganyar hingga Selasa (27/10/2020) total 746 orang terkonfirmasi positif Covid-19.

Perinciannya 148 orang terkonfirmasi positif Covid-19 sedang menjalani perawatan di rumah sakit maupun isolasi mandiri. Sebanyak 555 orang telah dinyatakan sembuh dari Covid-19. Sebanyak 43 orang meninggal.

Yang meninggal itu rata-rata usia 40 tahun ke atas. Paling banyak usia 60 tahun. Dia mempunyai riwayat penyakit penyerta.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom