SOLOPOS.COM - Ilustrasi virus corona pemicu Covid-19. (Antara-Dok.)

Solopos.com, KARANGANYAR – Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di dua kecamatan, yakni Kecamatan Karanganyar dan Jaten melonjak selama beberapa waktu terakhir.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Karanganyar menyebut kondisi itu terjadi karena hasil penelusuran kontak erat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, sekaligus Ketua Satgas Penanganan Covid-19 menyampaikan lonjakan kasus Covid-19 terjadi di sejumlah kecamatan di wilayahnya. Lonjakan kasus diperkirakan terjadi karena pelacakan kontak erat semakin banyak dan masih ada aktivitas pelaku perjalanan.

"Hasil pelacakan dan [mereka] yang datang dari berbagai wilayah. Ada pelacakan pasien meninggal karena Covid-19, ada juga pelacakan orang-orang yang bergaul dengan pasien terkonfirmasi. Yang dilacak pun meningkat, banyak," kata Bupati saat berbincang dengan wartawan seusai membuka acara di Hotel Taman Sari Karanganyar, Selasa (6/10/2020).

Soal Bentrokan di Pedan Klaten, Danrem Warastratama: Jangan Saling Menyalahkan & Main Hakim Sendiri

Wilayah Perkotaan

Politikus Partai Golkar itu juga menyebut kondisi demografi mempengaruhi persebaran coronavirus disease 19 (Covid-19). Adapun dua kecamatan dengan kasus Covid-19 tertinggi di Karanganyar berada di wilayah perkotaan. Salah satu ciri wilayah perkotaan adalah jarak antarrumah berdekatan.

"Ya karena wilayah perkotaan. Rumah berdekatan. Jadi [saat terjadi kasus], kontak erat lebih banyak. Berbeda dengan di desa, rumahnya berjauhan [berjarak]. Jadi, [saat terjadi kasus] kontak erat tidak begitu banyak," tutur dia.

Mimpi Ketemu Tuhan, Adjie Notonegoro Mantap Pindah Agama

Data yang dihimpun Solopos.com dari akun Instagram Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Karanganyar hingga Selasa (6/10/2020), di Kecamatan Karanganyar terdapat 23 kasus terkonfirmasi positif Covid-19, 41 kasus sudah dinyatakan sembuh, dan tiga kasus meninggal.

Sementara di Kecamatan Jaten terdapat 29 kasus terkonfirmasi positif Covid-19, 60 kasus sudah dinyatakan sembuh, dan dua kasus meninggal.

Hingga Selasa ini, kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kecamatan Jaten paling tinggi, yakni 29 kasus. Disusul Kecamatan Karanganyar sebanyak 23 kasus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya