Kategori: Nasional

Update Corona Indonesia 13 April 2020: Positif Tembus 4.557 Orang, 380 Sembuh, 399 Meninggal


Solopos.com/Chelin Indra Sushmita

Solopos.com, JAKARTA – Kasus pasien positif corona di Indonesia terus bertambah per Senin (13/4/2020). Jubir Gugus Tugas Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto, mengatakan, jumlah total pasien positif corona di Indonesia ada 4.557 orang.

Dengan demikian ada penambahan 316 kasus pasien positif corona di Indonesia per hari ini. Dari jumlah tersebut ada 380 pasien yang sembuh. Sementara 399 lainnya meninggal dunia.

Berdasarkan data terbaru dari Kementerian Kesehatan, ada penambahan 3 kasus di Jawa Tengah per hari ini dengan total 203. Sementara itu berdasarkan data di situs Corona.jatengprov.go.id tercatat ada 191 pasien positif corona di Jateng.

Kronologi Pria Karanganyar Kejang hingga Meninggal Tergeletak di Jalan Jebres Solo

Selain itu, perlu diketahui saat ini semua provinsi di Indonesia memiliki kasus pasien positif corona. Melihat fakta tersebut, Achmad Yurianto menekankan masyarakat wajib menaati peraturan pemerintah untuk menjaga jarak fisik. Jaga jarak fisik merupakan salah satu cara menekan jumlah kasus positif virus corona dan memutus rantai persebarannya.

Masyarakat yang tidak mematuhi imbauan untuk mengaja jarak fisik berisiko tinggi terapar virus corona dan bukan tidak mungkin menjadi pasien positif. Sebab, virus corona mampu berkembang biak dengan cepat.

Jokowi Sarankan Masyarakat Makan Ikan di Tengah Pandemi Covid-19

“Virus corona ini mampu berkembang biak dengan mereplikasi dan seringkali bermutasi dengan cepat,” terang Achmad Yurianto.

Yuri menambahkan, orang yang rentan terpapar virus corona hingga kemungkinan menjadi pasien positif di Indonesia adalah mereka yang aktif beraktivitas di luar rumah. Oleh sebab itu dia mengimbau masyarakat tetap tinggal di rumah sampai pandemi berakhir.

Salut! Kades di Wonosobo Sumbangkan Lahan Pribadi untuk Makam Korban Corona

“Jangan keluar rumah. Tetap di rumah saja. Jika harus keluar rumah, gunakan masker. Secepatnya kembali jika tidak ada yang perlu dilakukan lagi,” imbuh Yuri.

Selain tinggal di rumah, cara mencegah penularan virus corona adalah dengan beristirahat yang cukup, makan makanan bergizi, olahraga, sabar, dan menjaga pikiran tetap positif.

Share
Dipublikasikan oleh
Chelin Indra Sushmita