SOLOPOS.COM - Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona atau COVID-19 Achmad Yurianto memberi keterangan update kasus corona di Indonesia, Istana Presiden, Rabu (11/3/2020). (Bisnis - M Khadafi)

Solopos.com, JAKARTA -- Ada penambahan 17 kasus baru positif corona atau Covid-19 sehingga total menjadi 134 orang pada Senin (16/3/2020). Dari 17 kasus baru tersebut, 1 di antaranya berada di Jawa Tengah atau Jateng.

Hal itu diungkapkan Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19, Achmad Yurianto.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

"Kemarin sampai dengan hari ini ada sebanyak 17 kasus yang positif baru," ujar Yurianto di Rumah Sakit Pusat Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso, Senin (16/3/2020), dilansir Suara.com.

Kota Malang Lockdown karena Virus Corona? Ini Klarifikasi Pemkot

Ekspedisi Mudik 2024

Itu artinya, dari 117 kasus positif virus corona, ditambah 17 kasus per hari ini, artinya total kasus positif di Indonesia mencapai 134 kasus positif. Tambahan kasus itu 3 di antaranya di luar provinsi DKI Jakarta.

"Adalah berasal dari provinsi Jawa Barat 1, dari provinsi Banten 1, dari provinsi Jawa Tengah 1, dari DKI Jakarta 14 kasus. Rincian lengkap silakan lihat di website," papar Yurianto.

Tidak ada tambahan kasus meninggal tambahan di Indonesia, dan jumlahnya masih 5 kasus meninggal karena Covid-19.

Jokowi Jalani Tes Corona: Hasilnya Tanyakan ke yang Ngetes!

Yurianto juga menanggapi imbauan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tentang sosial distancing atau membatasi aktivitas sosial, dan banyak berdiam diri di rumah. Termasuk mengimbau melakukan pekerjaan dan pembelajaran di rumah.

"Banyak disampaikan presiden beberapa kerjasama dengan Ruangguru dan sebagainya, Kementerian Pendidikan akan mengurusnya. Belajar di rumah, bekerja di rumah, dan beribadah di rumah," tutup Yurianto.

Jawa Tengah

Dengan penambahan kasus ini, total kasus baru positif corona di Jawa Tengah atau Jateng menjadi 5 orang. Sebelumnya, pada Senin pagi, kasus positif corona di Jateng baru 4 orang.

Dua kasus baru positif corona di Jawa Tengah atau Jateng itu berasal dari Semarang dan Magelang. Keduanya adalah warga negara Indonesia yang punya riwayat perjalanan ke Bali dan Malaysia. Sedangkan kasus terakhir belum diketahui asalnya.

ODP Corona Diisolasi di Sukoharjo

Saat ini kedua pasien positif corona itu dirawat di RSUP Dr Kariadi Semarang dan RSUD Tidar Magelang. Pasien dari Semarang itu berjenis kelamin wanita berusia 63 tahun. Sementara pasien di Magelang berusia 36 tahun punya riwayat ke Malaysia.

Diberitakan Solopos.com sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Jateng, Yulianto Prabowo, mengatakan, kedua pasien tersebut dalam kondisi baik. Adanya dua orang positif itu menambah panjang daftar pasien corona di Jateng.

Sampai saat ini, Senin (16/3/2020), ada lima orang positif corona di Jateng dan satu meninggal dunia, Rabu (11/3/2020). Tiga orang kini dirawat di RSUD Dr Moewardi Solo, RSUP Dr Kariadi Semarang, dan RSUD Tidar Magelang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya