Upaya Diversifikasi Pangan, DPRD Boyolali Dukung Selodoko Jadi Sentra Alpukat

DPRD Boyolali mengapresiasi program diversifikasi pangan oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Selodoko, Kecamatan Ampel, Kabupaten Boyolali, lewat penanaman alpukat kalibening.

 Anggota Fraksi PDIP DPRD Boyolali, Dwi Adi Agung Nugroho (tengah-kanan) saat menyerahkan bibit alpukat kalibening kepada warga Desa Selodoko, Kecamatan Ampel, Kabupaten Boyolali, Kamis (6/10/2022). (Solopos/Ni’matul Faizah).

SOLOPOS.COM - Anggota Fraksi PDIP DPRD Boyolali, Dwi Adi Agung Nugroho (tengah-kanan) saat menyerahkan bibit alpukat kalibening kepada warga Desa Selodoko, Kecamatan Ampel, Kabupaten Boyolali, Kamis (6/10/2022). (Solopos/Ni’matul Faizah).

Solopos.com, BOYOLALI – Pemerintah Desa (Pemdes) Selodoko, Kecamatan Ampel, Kabupaten Boyolali, membagikan 4.586 bibit alpukat jenis kalibening kepada 1.391 kepala keluarga (KK).

Pembagian tersebut dalam rangka menciptakan diversifikasi ketahanan pangan di desa tersebut.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Anggota Fraksi PDIP DPRD Boyolali, Dwi Adi Agung Nugroho, mengapresiasi langkah Pemdes Selodoko dalam hal ketahanan pangan tersebut.

“Ini sejalan dengan perintah presiden terkait dengan ketahanan pangan. Dengan penanaman alpukat diharapkan ada alternatif lain selain beras sekaligus mendapatkan tambahan ekonomi ke depan,” ujarnya saat berbincang dengan Solopos.com di Desa Selodoko, Kamis (6/10/2022).

Dwi juga menilai langkah yang dilakukan Pemdes Selodoko sangat inovatif dan berpikir jauh ke depan. Ia berharap lima hingga sepuluh tahun lagi, Desa Selodoko dapat menjadi sentra alpukat di Boyolali.

Baca juga: Semarang Surga Alpukat Wina Ukuran Jumbo di Jawa Tengah

“Kemudian bisa masuk program one village one product, jadi nanti akan jadi buah unggulan di Selodoko. Biar Selodoko ada ciri khasnya, dan saya yakin panen perdana akan luar biasa,” terang pria yang berasal dari Seboto, Gladagsari ini.

Dengan nantinya Desa Selodoko menjadi sentra alpukat, ia juga mengatakan hal tersebut bisa menjadi destinasi wisata nantinya.

Sebelumnya diberitakan, Kades Selodoko, Lasmo, mengatakan berdasarkan peraturan menteri, 20 persen dari dana desa digunakan untuk ketahanan pangan.

“Jadi ekspektasi saya, ketika bibit ini tumbuh semisal 3.000 batang pada panen perdana. Tiga tahun lagi panen perdana, per batang bisa 30 – 40 kilogram, misal saja nanti harganya per kilogram Rp10.000 begitu sudah berapa hasilnya, coba dihitung,” terangnya saat dijumpai wartawan seusai acara penyerahan bibit di Desa Selodoko, Kamis.

Baca juga: Pas Untuk Diet! 5 Buah Ini Diklaim Bikin Kenyang Lebih Lama

Ia menjelaskan, ketika ketahanan pangan di Desa Selodoko dapat tercapai, maka masyarakat dapat mandiri secara pangan. Ketika ketahanan pangan terjaga, maka kesejahteraan masyarakat akan terjadi.

Selain bertujuan mewujudkan ketahanan pangan di Selodoko, pemberian bibit alpukat Kalibening tersebut juga diharapkan memberikan dampak ikutan seperti adanya ekosistem alpukat sehingga nantinya Selodoko menjadi Desa Alpukat.

“Harapan saya sih begitu [Desa Alpukat], tapi tetap yang utama adalah menjaga ketahanan pangan, jadi urusan perut. Soal dampak ikutan biar nanti berjalan sendiri,” kata dia.

Lasmo mengatakan pemberian bibit tak hanya sekadar pemberian, tapi juga ada pelatihan penanaman, perawatan, dan pasca-panen dari penyedia bibit. Ia mengatakan alasan dipilihnya alpukat kalibening karena jenis tersebut telah bersertifikat baik.

Baca juga: TIPS SEHAT : Biji Aplukat Potensial Dimanfaatkan Sebagai Agen Anti-Kanker

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Bupati Karanganyar Ajak Mahasiswa KKN Ikut Kampanyekan Bahaya Stunting

      Bupati Karanganyar Juliyatmono mengajak 440 mahasiswa yang KKN di Karanganyar sosialisasikan bahaya stunting di lokasi KKN.

      Ini Prosesi Adat Pernikahan Kaesang-Erina di Loji Gandrung

      Sejumlah prosesi adat pernikahan Kaesang-Erina akan dilaksanakan di Loji Gandrung.

      Pernikahan Kaesang-Erina, Sakral di Loji Gandrung Solo, Ceria di Mangkunegaran

      Pernikahan asat Kaesang-Erina akan berlangsung di Loji Gandrung, sedangkan resepsi ngunduh mantu di Pura Mangkunegaran.

      Stok Darah PMI Sragen Hari Ini 6 Desember 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Sragen hari ini, Selasa (6/12/2022), bisa disimak di sini.

      Ada Pemeliharaan, Cek Jadwal Pemadaman Listrik di Wonogiri Hari Ini (6/12/2022)

      Berikut ini jadwal pemeliharaan dan pemadaman listrik yang terjadi di Wonogiri, Jawa Tengah, pada hari ini, Selasa, 6 Desember 2022.

      Pernah Sangat Buruk, Kini Sukoharjo Raih Anugerah Meritokrasi Kategori Baik

      Sistem merit didefinisikan sebagai kebijakan dan manajemen ASN yang berdasarkan pada kualifikasi, kompetensi, dan kinerja yang diberlakukan secara adil dan wajar dengan tanpa diskriminasi.

      Perkumpulan Sasana Purnama Soloraya Ikut Kirim Bantuan Korban Gempa Cianjur

      Perkumpulan Sasana Purnama (PSP) yang dipimpin GRAy Putri Woelan Sari Dewi, ikut memberikan bantuan untuk korban bencana alam di Cianjur. Bantuan tersebut telah diserahkan ke BPBD Solo.

      Hari ini, 433 Calon PPK Pemilu 2024 Sukoharjo Ikuti Tes Tertulis di 3 Lokasi

      tes CAT PPK Sukoharjo berlangsung di Univet, SMKN 1 Sukoharjo, dan SMAN 3 Sukoharjo.

      Pernikahan Kaesang-Erina, Polda Jateng Pastikan Tidak Ada Penutupan Jalan

      Polda Jateng menyatakan tidak ada penutupan jalan saat prosesi tasyakuran pernikahan Kaesang Pangarep-Erina Sofia Gudono pada Minggu (11/12/2022).

      Breaking News! Orang Sukoharjo Tenggelam di Dlepih Wonogiri Ditemukan Meninggal

      Tim SAR berhasil menemukan warga Sukoharjo yang tenggelam di kawasan Kahyangan, Desa Dlepih Tirtomoyo, Wonogiri.

      Ada Pemeliharaan, Cek Jadwal Pemadaman Listrik di Klaten Hari Ini (6/12/2022)

      Berikut ini jadwal pemeliharaan dan pemadaman listrik yang terjadi di Klaten, Jawa Tengah, pada hari ini, Selasa, 6 Desember 2022.

      Warga Perbatasan Sragen-Grobogan Kembali Temukan Jejak Kaki Macan

      Jejak kaki diduga macan ini lebih jelas daripada jejak kaki sebelumnya. Ada beberapa jejak kaki di tanah yang empuk, ada yang kecil dan ada yang besar.

      Jadwal Pilkades Serentak Boyolali 2022: Desa Sendangrejo Klego Diundur 20 Hari

      Pelaksanaan pilkades Desa Sendangrejo, Kecamatan Klego harus mundur 20 hari dari jadwal yang ditetapkan yaitu pada Selasa (27/12/2022).

      Siaran TV Analog Off di Perbatasan Wonogiri, Warga Kebingungan

      Sebagian warga Wonogiri di daerah perbatasan menggunakan TV analog. Mereka mendapat sinyal ultra high frequency (UHF) karena tempat tinggalnya berdekatan dengan kabupaten/kota lain.