Upaya Cegah Stunting, Pemkab Sragen Gencarkan Aplikasi Elsimil

Elsimil adalah sebuah aplikasi edukasi dengan sistem elektronik siap nikah dan siap hamil yang menjadi program dari BKKBN.

 Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Solo, Purwanti, menujukkan aplikasi  elektronik siap nikah dan hamil (Eksimil) di Balaikota Solo, Senin (4/4/2022). (Espos/Wahyu Prakoso)

SOLOPOS.COM - Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Solo, Purwanti, menujukkan aplikasi elektronik siap nikah dan hamil (Eksimil) di Balaikota Solo, Senin (4/4/2022). (Espos/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SRAGEN–Stunting menjadi PR besar bagi Pemkab Kabupaten Sragen. Per 2021 terdapat 4.353 anak dengan stunting. Salah satu upaya Pemkab setempat dalam upaya pencegahan adalah melalui Aplikasi Elektronik Siap Nikah dan Hamil (Elsimil).

Elsimil sendiri adalah sebuah aplikasi edukasi dengan sistem elektronik siap nikah dan siap hamil yang menjadi program dari BKKBN.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Kepala Bidang Keluarga Berencana, Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga, Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBPPPA) Kabupaten Sragen, Windu Nugroho, mengatakan melalui aplikasi tersebut bisa dilakukan skrining dan edukasi mengenai kesehatan reproduksi, perbaikan gizi calon pengantin, serta edukasi perilaku hidup sehat.

“Aplikasi tersebut berjalan dua arah, bisa diisi dari pendamping calon pengantin desa atau dari calon pengantin itu sendri. Sehingga bisa dilihat bagaimana kondisi dari calon pengantin dan digunakan sebagai data awal dalam pencegahan stunting. Saat ini masih dalam tahap uji coba dan sosialisasi,” terang dr. Windu saat ditemui Solopos.com pada Kamis (15/9/2022).

Windu menambahkan pendamping tersebut ada di setiap desa, yang terdiri atas unsur tenaga kesehatan misalnya bidan, PKK/kader posyandu setempat, dan penyuluh KB setempat. Total di Kabupaten Sragen sendiri ada 2.259 orang yang tersebar di seluruh desa.

Stunting sendiri adalah sebuah kondisi dimana tinggi badan seseorang ternyata lebih pendek dibanding dengan tinggi badan orang pada umumnya, yang seusianya,” ungkap Windu.

Stunting bisa disebabkan karena praktik pengasuhan yang tidak baik, kurangnya akses makanan bergizi, terbatasnya layanan kesehatan, serta kurangnya akses air bersih dan sanitasi.

“Dampak stunting meliputi mudah sakit, fungsi-fungsi tubuh tidak seimbang, kemampuan kognitif berkurang, mengakibatkan kerugian ekonomi, saat tua berisiko terkena penyakit yang berhubungan dengan pola makan, dan postur tubuh tak maksimal waktu dewasa,” tambah dia.

Stunting bisa dicegah dengan memberikan Air Susu Ibu (ASI) dan Makanan Pendamping ASI (MAPSI), akses air bersih dan fasilitas sanitasi, pemenuhan kebutuhan gizi bagi ibu hamil, dan memantau pertumbuhan balita di posyandu.

Dalam aplikasi Elsimil tersebut diharapkan bisa menurukan kasus stunting melalui tata laksana kasus stunting dengan intervensi yang ditujukan kepada anak dalam 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK), dan pencegahan kasus stunting baru, melalui edukasi kepada calon pengantin, ibu hamil, dan ibu nifas yang berisiko stunting.

Dalam catatan Solopos.com, Kabid Pemerintahan Pembangunan Manusia dan Kewilayahan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) Sragen, Dwi Cahyani, mengatakan Sragen menempati urutan ke-14 daerah dengan kasus stunting terendah se-Jateng.

Berdasarkan riset kesehatan dasar (Riskesdas) tahun 2018, sambung dia, angka stunting Sragen berada di 33,2% dan setelah tiga tahun menjadi 18,8% di 2021. Lokus stunting di Sragen tersebar di 52 desa yang merupakam akumulasi dari jumlah lokus stunting sejak 2020 sampai 2022.

Di Bumi Sukowati, per 2021 masih ada 4.353 anak yang mengalami stunting atau kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi kronis sehingga anak terlalu pendek untuk usianya. Hal tersebut disampaikan pada Juni 2022 lalu.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Gas Air Mata Penyebab Asfiksia, Mati Lemas Kurang Oksigen di Tragedi Kanjuruhan

      Gas Air Mata Penyebab Asfiksia, Mati Lemas Kurang Oksigen di Tragedi Kanjuruhan

      Gas air mata hingga mengakibatkan penghirupnya mengalami asfiksia diduga menjadi penyebab utama jatuhnya ratusan korban jiwa pada tragedi di Stadion Kanjuruhan, Sabtu (1/10/2022) malam.

      Berita Terkini

      Harga Kedelai Melambung, Bakul Tahu di Sragen Mengeluh

      Para bakul tahu di Sragen terpaksa harus mengurangi ukuran tahu agar bisa mendapatkan laba meskipun para pembeli juga mengeluh.

      Stok Darah PMI Karanganyar Hari Ini 5 Oktober 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Karanganyar hari ini, Rabu (5/10/2022), bisa disimak pada artikel ini.

      Ganti Musim, BPBD Karanganyar: Waspada Bencana Alam

      Hujan dengan intensitas rendah, sedang, hingga lebat sudah terjadi di wilayah Karanganyar dalam beberapa hari terakhir.

      Sudah Musim Penghujan, BPBD Sragen Masih Lakukan Dropping Air

      Kepala BPBD Sragen, Agus Cahyono, mengatakan dropping air dilakukan di wilayah sisi utara Bengawan Solo.

      Stok Darah PMI Sragen Hari Ini 5 Oktober 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Sragen hari ini, Rabu (5/10/2022), bisa disimak di sini.

      Ustaz Adi Hidayat akan Isi Pengajian Muktamar Muhammadiyah Solo Akhir Pekan Ini

      Tabligh Akbar itu bakal diikuti warga persyarikatan Muhammadiyah se-Soloraya secara daring dan luring. Diperkirakan ada 100.000 jemaah yang bakal mengikuti acara.

      Agenda Solo Hari Ini: Fashion Show By Sosialita di SBF, Krenova di STP

      Agenda Kota Solo hari ini, Rabu (5/10/2022), akan ada Fashion Show By Sosialita di Solo Batik Fashion, Krenova Subosukawonosraten di Solo Technopark dan wayang orang di GWO Sriwedari.

      Stok Vaksin Covid-19 di Solo Habis, Ini Langkah Wali Kota Gibran

      Stok vaksin Covid-19 di Solo habis sejak awal Oktober dan sudah mengajukan stok ke Dinkes Jateng

      Tekan Inflasi, Klaten Galakkan Tanam Sejuta Pohon Cabai

      Pemkab Klaten menggalakkan menanam sejuta pohon cabai sebagai upaya menekan inflasi.

      Berlokasi di Perbatasan Sukoharjo-Karanganyar, Pasar Sedayu Milik Sukoharjo

      Pasar Sedayu terdapat 34 pedagang kios dan 132 pedagang los yang mayoritas menjajakan busana, bahan makanan berupa sayuran, makanan ringan, dan kebutuhan pokok, serta hewan ternak.

      Kepiting Jadi Program Andalan Puskesmas Juwangi Boyolali Tekan Angka Stunting

      Program Kepiting bertujuan memantau dan mengendalikan angka stunting di Kecamatan Juwangi.

      Kabel PT Telkom Senilai Puluhan Juta Rupiah Dicuri, Begini Cara Pelaku Beraksi

      Sindikat pencuri kabel Telkom membawa beragam peralatan seperti linggis, kapak, pasak hingga balok kayu untuk mempermudah mengangkat gulungan kabel.

      HUT Ke-77 TNI, Kodim 0726/Sukoharjo Undang Tukang Becak Makan Bersama

      Dalam rangka memperingati HUT ke-77 TNI, Kodim 0726/Sukoharjo mengundang tukang becak, pemulung, penyapu jalanan, dan petugas kebersihan makan bersama.

      Prakiraan Cuaca Boyolali Hari Ini: Berawan lalu Gerimis saat Sore

      Prakiraan cuaca Boyolali hari ini, Rabu (5/10/2022), diprediksi berawan saat pagi hingga siang kemudian hujan dengan intensitas ringan saat sore.

      Prakiraan Cuaca Sukoharjo Hari Ini: Aman! Berawan Pagi hingga Malam

      Prakiraan cuaca Sukoharjo hari ini, Rabu (5/10/2022) diprediksi berawan sepanjang hari menurut BMKG.

      Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini 5 Oktober 2022, Lebih Bersahabat

      Informasi mengenai prakiraan cuaca Sragen hari ini, Rabu (5/10/2022), bisa Anda baca pada artikel ini.