SOLOPOS.COM - Ilustrasi investasi (JIBI/Harian Jogja/Dok.)

Ilustrasi (Dok/JIBI/Harian Jogja)

Upah buruh di Banyumas terus dikawal DPC Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Banyumas. SPSI terus memantau pelaksanaan UMK pada pekan terakhir Januari 2015

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kanalsemarang.com, BANYUMAS – Dewan Pimpinan Cabang Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (DPC SPSI) Banyumas, Jawa Tengah, siap memantau pelaksanaan pembayaran upah minimum kabupaten (UMK) pada minggu terakhir Januari 2015.

“Pantauan tersebut dilakukan untuk mengetahui apakah upah yang diberikan perusahaan kepada para pekerja sesuai dengan besaran UMK yang telah ditetapkan untuk 2015 di Kabupaten Banyumas, yakni sebesar Rp1,1 juta,” kata Sekretaris DPC SPSI Banyumas Heru Permana seperti dikutip Antara, Minggu (11/1/2015).

Dia mengatakan pantauan tersebut akan melibatkan Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) serta Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Banyumas.

Sebelum melakukan pantauan, kata dia, tim gabungan terlebih dahulu rapat koordinasi.

“Nantinya, kami akan membentuk beberapa tim kecil yang terdiri SPSI, Apindo dan Dinsosnakertrans. Tim-tim kecil itu akan melakukan pemantauan langsung terhadap pelaksanaan pembayaran upah di sejumlah perusahaan,” katanya.

Hingga saat ini, di Banyumas terdapat sekitar 900 perusahaan dengan jumlah pekerja mencapai puluhan ribu orang.

Heru mengatakan jika dalam pantauan ditemukan adanya pengusaha yang tidak membayar gaji sesuai UMK, perusahaan tersebut akan mendapat sanksi dari pemerintah berupa teguran lisan, teguran tertulis, hingga pencabutan izin usaha.

Selain melakukan pantauan langsung, pihaknya juga akan membentuk posko pelaporan pelaksanaan pembayaran UMK 2015 di Sekretariat SPSI Banyumas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya