Update! 15 Orang Meninggal & 27 Hilang Akibat Erupsi Gunung Semeru

Badan Nasional Penanggulangan Bencana atau BNPB memperbarui data korban jiwa maupun korban yang hilang akibat erupsi Gunung Semeru.

 Kepala BNPB, Letjen TNI Suharyanto (kiri), menyerahkan bantuan ke korban erupsi Gunung Semeru yang dirawat di RSUD Pasirian, Senin (6/12/2021). (Solopos.com-Humas BNPB)

SOLOPOS.COM - Kepala BNPB, Letjen TNI Suharyanto (kiri), menyerahkan bantuan ke korban erupsi Gunung Semeru yang dirawat di RSUD Pasirian, Senin (6/12/2021). (Solopos.com-Humas BNPB)

Solopos.com, LUMAJANG — Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terus memperbaruhi data korban erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang. Hingga Senin (6/12/2021) siang, tercatat ada 15 orang yang meninggal dunia dan 27 orang dinyatakan hilang akibat erupsi Gunung Semeru yang terjadi pada Sabtu (4/12/2021) sore.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Solopos.com, data korban terdampak erupsi Semeru hingga Senin siang, pukul 11.00 WIB, menyebutkan total ada sekitar 5.205 warga yang terdampak. Sementara jumlah korban meninggal dunia hingga saat ini mencapai 15 orang, dan 27 orang dinuatakan hilang.

“Dari jumlah korban meninggal dunia, sebanyak 8 korban teridentifikasi di Kecamatan Pronojiwo. Sedangkan tujuh korban lainnya di Kecamatan Candipuro,” ujar Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, dalam keterangan tertulis yang diterima Solopos.com, Senin siang.

Baca juga: Korban Meninggal Erupsi Semeru Bertambah, BNPB Terus Perbarui Data

Sementara itu, warga yang mengungsi berjumlah 1.707 jiwa yang tersebar di 19 titik. Posko Tanggap Bencana Awan Panas dan Guguran Gunung Semeru juga menginformasikan sebaran penyintas sebagai berikut, Kecamatan Pronojiwo terdapat 9 titik pos pengungsian. Pos pengungsian berada di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Supiturang 04, Masjid Baitul Jadid Dusun Supiturang, SDN Oro Oro Ombo 3, SDN Oro Oro Ombo 2, Masjid Pemukiman Dusun, Kampung Renteng (Desa Oro Ombo), Balai Desa Oro Oro Ombo, Balai Desa Sumberurip, SDN Sumberurip 2 serta beberapa rumah kerabat di sekitar Dusun Kampung Renteng dan Dusun Sumberbulus di Desa Oro Oro Ombo.

Sebaran pos pengungsian di Kecamatan Candiro berada di 6 titik pos pengungsian, antara lain Balai Desa Sumberwuluh, Balai Desa Penanggal, Balai Desa Sumbermujur, Dusun Kampung Renteng (Desa Sumberwuluh), Dusun Kajarkuning (Desa Sumberwuluh), Kantor Camat Candipuro.

Sebaran pos pengungsi di Kecamatan Pasirian sebanyak 4 titik yaitu Balai Desa Condro, Balai Desa Pasirian, Masjid Baiturahman Pasirian dan Masjid Nurul Huda Alon Pasirian.

Baca juga: Pencarian & Evakuasi Korban Erupsi Gunung Semeru, Ini Foto-Fotonya 

“Selain berdampak pada korban jiwa, awan panas guguran juga merusak sektor permukiman dan infrastrukur di beberapa kecamatan di Kabupaten Lumajang. Data sementara menyebutkan rumah terdampak berjumlah 2.970 unit, fasilitas pendidikan terdampak langsung 38 unit, jembatan putus 1 unit yakni Gladak Perak di Desa Curah Kobokan, penghubung antara Lumajang dan Malang,” imbuhnya.

Berita Terkait

Espos Plus

Geng QZRUH Dulu Anarkistis Sekarang Humanis

+ PLUS Geng QZRUH Dulu Anarkistis Sekarang Humanis

QZRUH yang pada era 1980-an hingga 1990-an dikenal sebagai geng remaja anarkistis di Kota Jogja kini mengubah citra menjadi geng dengan aneka kegiatan sosial. QZRUH Reborn berusaha mengubah citra geng ini menjadi lebih humanis.

Berita Terkini

Air Terjun Pengantin di Ngawi Ini Dipercaya Bikin Hubungan Langgeng

Air Terjun Pengantin di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur dipercaya dapat membuat hubungan semakin langgeng.

9 Warga Madiun Terpapar Covid-19 Varian Omicron, dari Klaster Bank?

Sembilan warga Kota Madiun terkonfirmasi positif Covid-19 varian Omicron. Sebagian yang terpapar varian Omicron berasal dari klaster kantor BNI Cabang Madiun.

Petugas LP di Jatim Endus 31 Paket Sabu-Sabu Dalam Kemasan Sabun Cair

Petugas LP Kelas IIB Tulungagung, Jawa Timur, menggagalkan penyelundupan 31 paket narkoba jenis sabu-sabu dan 40 butir psikotropika jenis dobel L dalam kemasan sabun cair.

Polisi Belum Ungkap Pembunuhan Janda Madiun, Pelaku Masih Misteri

Teka-teki terkait siapa pelaku pembunuhan janda di Desa Sidorejo, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun, belum terungkap.

Korupsi APBDes Madiun, Begini Hasil Pemeriksaan Polisi

Petugas Satreskrim Polres Madiun rampung memeriksa tersangka kasus korupsi APBDes Kaligunting, Kecamatan Mejayan.

Astaga! Warung di Ponorogo Ludes Terbakar, Begini Kronologinya

Begini kronologi kebakaran warung di Desa Temon, Kecamatan Ngrayun, Kabupaten Ponorogo, Jatim ludes terbakar, Sabtu (22/1/2022).

Pedagang Pindah, Pasar Bunga Stadion Wilis Madiun Tinggal Kenangan

Hampir semua pedagang Pasar Bung di belakang Stadion Wilis, Kota Madiun, sudah pindah ke lokasi baru di Jl D.I. Panjaitan.

Perusahaan Jasa Tirta I Siap Kembangkan Bisnis Air dan Non Air di 2022

Dari sektor bisnis non air, PJT I melalui anak perusahaan PT Jasa Tirta Energi (JTE) mulai mengagresifkan rencana pembangunan PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya).

Ini Strategi Pemkab Ponorogo Atasi Masalah Sampah

Pemerintah Kabupaten Ponorogo membangun TPS 3R untuk mengatasi permasalahan sampah di wilayahnya.

Waspada, Kasus Covid-19 di Madiun Melonjak Lagi, 19 Orang Diisolasi

Terjadi penambaha dua kasus baru Covid-19 di Kota Madiun sehingga totalnya kini menjadi 19 kasus.

Pulang dari Yunani, TKI asal Madiun Positif Covid-19

Seorang TKI asal Kota Madiun diketahui positif Covid-19 setelah menjalani karantina di Madiun. Dari hasil lab, varian Covid-19 yang diderita TKI tersebut bukan Omicron.

Harga Minyak Goreng di Pasar Madiun Belum Rp14.000, Pembeli Kecele

Pedagang di Pasar Besar Madiun masih menerapkan harga minyak goreng dengan tinggi, atau belum sesuai ketetapan pemerintah Rp14.000 per liter.

Harus Coba! Kuliner Bakso Kuburan Mantan Binti Kenangan di Ngawi

Di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur terdapat bakso yang memilki tampilan unik seperti kuburan lengkap dengan nisan dan bunga tabur.

Karyawan Bank BUMN di Madiun Terpapar Covid-19 Tambah, Jadi 16 Orang

Klaster penularan Covid-19 di lingkungan salah satu bank BUMN di Madiun semakin bertambah, total sudah ada 16 karyawan yang terpapar virus corona.

Kabar Baik! Pemkot Madiun Gratiskan Penyambungan Baru PDAM

Pemerintah Kota Madiun menggratiskan penyambungan baru layanan PDAM Tirta Taman Sari bagi masyarakat.

Waduh! 37 Siswa dan Guru MAN 2 Kota Malang Positif Covid-19

Sebanyak 37 siswa dan guru di MAN 2 Kota Malang terpapar Covid-19, setelah menjalani skrining atau pemeriksaan yang digelar di pondok sekolah tersebut.