SOLOPOS.COM - Warga menyaksikan penerbangan balon tradisional saat digelar Java Balloon Attraction di lapangan Taman Rekreasi Kalianget, Wonosobo, Jawa Tengah, Minggu (4/9/2022). Atraksi penerbangang balon tradisional diikuti oleh 25 balon unik dan tiga balon khusus dengan membentuk formasi Gunung Sindoro, Telaga Menjer, Waduk Wadaslintang dan Gunung Prau yang merupakan ikon wisata alam yang ada di kabupaten Wonosobo. ANTARA FOTO/Anis Efizudin/foc.

Solopos.com, JAKARTAOrganisasi pariwisata dunia (UNWTO) mengapresiasi langkah pemerintah Indonesia yang berhasil menangani pandemi Covid-19 dan mendorong kebangkitan pariwisata. Hal tersebut disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno seusai melakukan pertemuan dengan Sekretaris Jenderal UNWTO Zurab Pololikashvili, Minggu (25/9/2022).

Pertemuan ini berlangsung jelang pertemuan tingkat menteri pariwisata (Tourism Ministerial Meeting) negara anggota G20 pada Senin (26/9/2022) yang akan menyempurnakan sekaligus mengesahkan G20 Bali Guidelines. “[UNWTO menilai] Kita berhasil menangani pandemi dan juga mendorong kebangkitan pariwisata. Di mana kita berharap [target kunjungan] 1,8 sampai 3,6 juta wisatawan mancanegara pada tahun ini,” kata Sandiaga Uno dalam keterangan resmi, Senin (26/9/2022).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Saat ini, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia stabil di angka 10.000 hingga 15.000 wisatawan per hari. Sandi menuturkan lama kunjungan (length of stay) serta kualitas belanja (average spending per arrival) wisatawan mancanegara juga sudah meningkat.

Dia mengatakan kebangkitan bukan hanya melihat angka-angka tetapi juga kualitasnya. Sebelumnya, lanjut Sandi, jumlah lama tinggal di bawah 3 hari namun sekarang sudah menuju tiga sampai empat hari.  “Belanja yang biasa ditargetkan US$1.000 sekarang sudah mengarah naik 20 persen sampai US$1.200,” imbuhnya.

Bukan itu saja, UNTWO menilai Indonesia berhasil dalam meningkatkan daya saing pariwisata di level dunia. Berdasarkan laporan Travel Tourism and Development Index (TTDI) yang dikeluarkan World Economic Forum (WEF), Indonesia naik 12 peringkat ke posisi 32 dunia.

Baca Juga Pulihkan Pariwisata, Indonesia Pelopori Seamless Travelling

Indonesia berhasil mengungguli negara-negara di Asia Tenggara seperti Malaysia, Thailand dan Vietnam. “UNWTO juga menggarisbawahi untuk kemungkinan forum investasi besar pariwisata dunia juga akan dibawa ke Indonesia tahun depan, juga wellness tourism,” kata Sandiaga.

Serta tidak ketinggalan adalah upaya maksimal Indonesia dalam mengembangkan desa wisata sebagai turunan dari pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan. Menurut UNTWO, keberhasilan Indonesia menjuarai desa wisata ini menginspirasi banyak negara untuk mengembangkan potensi-potensi rural tourism atau desa wisata di masing-masing destinasi.

Seusai bertemu dengan Sekjen UNWTO, Menparekraf Sandiaga juga hadir di acara “WTD Networking and Investor Dinner”. Dalam kesempatan ini Menparekraf

Sandiaga Uno juga mengajak seluruh pihak untuk ikut memeriahkan Hari Pariwisata Dunia (World Tourism Day) pada 27 September yang perayaannya akan dipusatkan di Bali.

Baca Juga UNWTO: 63.000 Penerbangan di Eropa dibatalkan

Perayaan ini menjadi sejarah besar bagi Indonesia karena untuk pertama kalinya Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggaraan Hari Pariwisata Dunia. “Ini adalah saat yang sangat bersejarah untuk Indonesia. Kita mendapat kehormatan selain sebagai bagian dari G20, kita memimpin untuk memikirkan kembali kebangkitan pariwisata yang berbasis masyarakat untuk menciptakan pembangunan yang berkeadilan terutama dalam menciptakan 1,1 juta lapangan kerja baru di tahun ini,” ucapnya.

 

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul UNWTO: Indonesia Sukses Tangani Pandemi dan Bangkitkan Pariwisata

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya