SOLOPOS.COM - Ilustrasi koneksi 5G. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Untuk dapat menikmati koneksi jaringan 5G di Indonesia, apakah pemilik handphone (HP) harus ganti kartu atau tidak? Simak ulasannya di info teknologi kali ini.

Telkomsel resmi menjadi operator seluler pertama yang menggelar layanan 5G secara komersial di Indonesia pada Kamis (27/5/2021), disusul operator lainnya.  Jaringan internet generasi ke-5 tersebut baru bisa dinikmati pelanggan di enam wilayah tertentu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sejumlah operator seluler menyatakan untuk dapat menggunakan jaringan 5G, pengguna tak harus  mengganti kartu SIM baru karena bisa dipakai dengan kartu SIM 4G. Mengutip laman indonesiabaik.id, Kamis (8/12/2022), meskipun menggunakan infrastruktur 4G, jaringan 5G Telkomsel saat ini diklaim jauh lebih kencang, dengan kecepatan download mencapai kisaran 750 Mbps.

Baca Juga: Awas! Modus Penipuan Berkedok Kiriman Paket Pakai File Format APK di WhatsApp

Selain itu, pengguna harus menggunakan smartphone yang sudah kompatibel dengan jaringan 5G Telkomsel atau di rentang pita frekuensi N40 (2.300-2.400 MHz). Jaringan 5G yang diusung Telkomsel adalah non-standalone (NSA), bukan infrastruktur jaringan 5G baru, atau standalone (SA).

Hal yang sama juga berlaku untuk operator seluler lainnya yaitu XL Axiata. Dikutip dari laman xlaxiata.co.id pada Kamis (8/12/2022), tidak ada requirement khusus untuk simcard, selama Kartu SIM yang digunakan telah mensupport jaringan 4G LTE saat ini (USIM), maka dapat dipastikan SIM tersebut dapat digunakan pada jaringan 5G.

Baca Juga: Set Top Box Bisa Meledak, Kemenkominfo Lakukan Investigasi

Bagaimana cara menikmati layanan 5G XL Axiata ?  Layanan 5G saat ini hanya dapat dinikmati oleh pelanggan tertentu baik pelanggan prabayar (XL & AXIS) maupun pelanggan pascabayar (XL Prioritas) yang sudah memenuhi kriteria berikut:

– Tidak ada requirement khusus untuk Kartu SIM, selama Kartu SIM yang digunakan telah mensupport jaringan 4G LTE saat ini (USIM), maka dapat dipastikan SIM tersebut dapat digunakan pada jaringan 5G
– Menggunakan tipe smartphone yang sudah mendukung jaringan 5G XL Axiata.
– Berada di area yang terjangkau layanan 5G XL Axiata
– Perangkat sudah diaktifkan untuk masuk ke jaringan 5G

Hal yang sama juga berlaku untuk pelanggan Indosat yang hendak menikmati jaringan 5G tidak harus ganti kartu SIM. Menurut SVP-Head of Business Planning Indosat Ooredoo, Shatya Framudia, sangat mudah untuk dapat menikmati jaringan internet 5G dari Indosat.

Baca Juga: Begini Cara Share Lokasi Akurat Lewat WA

Pelanggan tak perlu repot-repot untuk mengganti kartu SIM mereka. Hanya saja, ada beberapa prosedur yang perlu dilalui pelanggan agar dapat menikmati jaringan internet generasi kelima tersebut. “Kalau pelanggan sudah menggunakan SIM card 4G Indosat, maka tidak perlu ganti kartu. Itu sudah cukup karena untuk dapat menggunakan layanan 5G Indosat bisa menggunakan USIM 4G,” katanya dikutip dari telset.id pada Kamis (8/12/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya