SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Traveling bukan soal kamu pergi ke tempat-tempat yang sedang tren lalu upload sebanyak mungkin foto kamu selfie bersama teman-teman kamu di sana. Traveling adalah jalan keluar dari semua kepenatan yang ada. Sambil traveling, kamu bisa melihat tempat yang berbeda, melihat orang-orang di sana, melihat kebudayaan yang berbeda, melihat dunia.

Kadang, ada banyak hal yang ingin kamu lakukan selama traveling yang tidak bisa kamu lakukan jika kamu traveling bersama teman, keluarga, atau ikut tur dari agen travel yang ada. Traveling adalah pencarian jati diri. Kamu ingin mengeksplorasi diri kamu dan lebih banyak menikmati suasana liburanmu. Kamu ingin lebih banyak menikmati kota yang kamu datangi. Karena itu, traveling sendirian alias solo traveling mungkin patut kamu coba.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kamu tidak perlu khawatir saat melakukan solo traveling selama kamu tahu tip dan triknya. Untuk kamu yang baru mau memulai solo traveling, Yogyakarta dapat menjadi kota pertama yang kamu kunjungi. Mengapa? Inilah 4 alasan Yogyakarta sangat cocok untuk kamu yang baru ingin memulai solo traveling.

1. Banyak destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi
Solo traveling tidak akan seru jika kamu hanya mengunjungi sedikit objek wisata. Yogyakarta, dengan segala keunikannya, memiliki paket wisata yang lengkap untuk kamu datangi. Gunung, pantai, hutan, museum, taman-tamannya, semua bisa kamu kunjungi sekaligus di Yogyakarta. Kamu tidak perlu jauh-jauh pergi dari satu kota ke kota lain karena Yogyakarta menyediakan semuanya. Kamu hanya perlu menyiapkan dana yang cukup untuk transportasi ke tempat-tempat tersebut.

2. Penduduk yang ramah
Di Yogyakarta, kamu akan menemukan keramahan istimewa yang akan membuat kamu merasa aman. Jadi, ke mana pun kamu pergi, kamu bisa merasa aman. Namun, tetap saja kamu harus waspada di mana pun berada. Pastikan kamu sudah mencatat nomor-nomor penting yang bisa kamu hubungi saat darurat. Yang jelas, saat makan, pergi berbelanja, atau masuk ke lokasi wisatanya, kamu akan langsung disambut dengan keramahan khas Yogyakarta. Itu akan membuat kamu merasa tenang dan aman.

3. Banyak pilihan hotel tersedia
Sebagai kota yang selalu menjadi favorit wisatawan, Yogyakarta tidak pernah kehabisan penginapan. Saat traveling bersama teman-teman, kamu mungkin memilih menginap di penginapan murah kelas melati karena tidak masalah keamanan dan fasilitasnya, yang penting bersama teman-teman. Tapi, saat solo traveling, kamu perlu sedikit mengubah pilihanmu. Yogyakarta memiliki banyak pilihan hotel, mulai dari yang kelas melati sampai hotel mewah bintang 5. Namun, kamu perlu juga menyesuaikan dengan budget kamu.

Kamu bisa pilih hotel bintang 3 atau hotel bintang 4 di Yogyakarta dengan keamanan yang terjamin. Kamu tidak perlu khawatir soal harga karena kamu masih bisa menemukan hotel bintang 4 di Yogyakarta via Traveloka dengan harga menginap per malam kurang dari Rp500.000. Kamu bisa memilih Hotel New Saphir di Jalan Laksda Adisucipto No. 38 atau Greenhost Boutique Hotel yang berada di Jalan Prawirotaman. Kedua hotel bintang 4 di Yogyakarta tersebut menawarkan harga menginap per malam hanya mulai dari Rp400.000-an. Fasilitas yang kamu dapat pun sudah lengkap. Ada Wi-fi gratis, kolam renang di luar ruangan, kamar ber-AC dengan kamar mandi pribadi yang bersih lengkap dengan shower, sampai layanan spa. Jadi, kamu juga bisa memanjakan diri kamu sendiri selama liburan.

4. Transportasi mudah
Karena begitu banyaknya lokasi wisata yang bisa kamu kunjungi di Yogyakarta, mungkin kamu bingung bagaimana mendatanginya satu per satu. Soal itu, kamu tidak perlu khawatir. Di Yogyakarta, tidak sulit menemukan transportasi untuk berkeliling di sana. Kamu bisa sewa motor dengan harga mulai dari Rp50.000 per hari atau sewa mobil plus sopirnya jika kamu ingin lebih banyak bersantai sepanjang perjalanan. Kalau kamu mau sedikit bertualang, kamu bisa coba pakai Trans Yogyakarta, tapi kalau begitu, kamu harus lebih sabar menunggu busnya datang, ya. Lalu, kalau dekat, naik becak atau delman pun tidak masalah, asal kamu tahu harga dan cara menawarnya.

Nah, sekarang, sudah siap untuk solo traveling pertamamu? Selain Yogyakarta, kamu juga bisa coba solo traveling ke Bali atau Solo yang memang memiliki tingkat keamanan yang cukup baik. Tapi, kalau kamu sudah ahli dan punya banyak referensi, solo traveling ke mana pun tak akan jadi masalah buat kamu. Selamat mencoba!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya