SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLO – Universitas Surakarta (Unsa) akan bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Klaten untuk pengimplementasian hasil penelitian di masyarakat. Kegiatan itu sebagai rangkaian kegiatan dalam perayaan Dies Natalis XIV Unsa.

Rektor Unsa, Margono, menjelaskan implementasi hasil penelitian itu sebagai karya nyata dan bentuk pengadian Unsa kepada masyarakat. Penelitian yang akan diimplementasikan itu berjumlah lima penelitian yang didanai dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti). Penelitian itu dipilih berdasarkan besarnya dana yang digunakan serta manfaat yang diterima masyarakat. “Dana penelitiannya sekitar Rp50-Rp200 juta, jadi sayang kalau tidak dimanfaatkan,” paparnya saat jumpa pers di kampus setempat, Rabu (17/10).

Promosi BRI Kantor Cabang Sukoharjo Salurkan CSR Senilai Lebih dari Rp1 Miliar

Margono mencontohkan salah satu penelitian yang akan segera diimplentasikan adalah penelitian mengenai teknologi pengawetan pengolahan pakan ternak agar tahan lebih lama. Penelitian itu dipilih karena selama ini peternak seringkali kesulitan mendapatkan pakan ketika musim kemarau. “Jadi bahan pakan yang didapat selama musim hujan bisa diawetkan untuk musim kemarau. Kalau tidak diawetkan paling hanya awet selama tiga hari,” jelasnya.

Selain pengimplementasian hasil penelitian, pengabdian masyarakat lainnya dilakukan dengan menggelar aksi donor darah, pembagian sembako murah, serta revitalisasi plakat nama jalan di sekitar kampus Unsa yang dilaksanakan Rabu (17/10). Selain itu akan digelar pula ziarah kepada makam salah satu pendiri Kampus Bumi Bengawan, almarhum H. HS Sumaryono.

Sementara itu, Margono menambahkan puncak acara perayaan Dies Natalis akan dilaksanakan Senin (22/10) dengan mewisuda 819 mahasiswa Unsa, Akademi Sekretaris Management Indonesia (ASMI) dan Akademi Pariwisata Widya Nusantara Surakarta (Akparta). “Wisuda itu untuk menyeimbangkan input dan output mahasiswa,” paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya