UNS Solo Serius Wujudkan Kampus Sehat
Kampus UNS Solo (Solopos-dok)

Solopos.com, SOLO—Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo bertekad mewujudkan kampus sehat. Tekad itu terungkap melalui webinar nasional bertajuk Go Green to Health Promoting University, Sabtu (17/10/2020).

Wakil Rektor UNS, Prof. Kuncoro, mengatakan Program Health Promoting University ini merupakan salah satu upaya promosi kesehatan berbasis lingkungan yang menerapkan pendekatan sosio-ekologis.

“Tujuannya adalah menciptakan lingkungan pembelajaran dan budaya organisasi yang meningkatkan derajat kesehatan, kesejahteraan dan kualitas hidup peserta didik, staf maupun masyarakat sekitar sehingga terbentuk komunitas sehat di kampus,” ujar Prof. Kuncoro dalam rilis kepada Solopos.com.

Innalillahi...3 Kiai Meninggal dalam Sehari, NU Jatim Berduka

Peluncuran program kampus sehat dilakukan di UNS pada November 2019. Program  diikuti dengan berbagai kegiatan yang mendukung upaya peningkatan kesehatan di kampus, termasuk olahraga, penciptaan lingkungan hijau dan bersih, serta pelayanan kesehatan.

Dekan Fakultas Pertanian UNS, Prof. Samanhudi, dalam sambutannya  menguraikan berbagai upaya sudah dilakukan oleh Fakultas Pertanian menuju kampus sehat.

Keynote Speaker dalam webinar ini adalah Dirjen Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan, Kirana Pritasari. Kirana memaparkan Health Promoting University yang merupakan program dari Kementerian Kesehatan.

Ternyata Sepele, Ini Motif Suami di Surabaya Pukul Istri dengan Palu hingga Meninggal

 

Lindungi Kesehatan Mahasiswa

Menurutnya perguruan tinggi merupakan institusi terkemuka di masyarakat yang memiliki peran penting dalam membangun kapasitas sumber daya manusia, menjadi pemimpin sosial yang sesuai dan dapat diterima untuk mempromosikan kesehatan pada masyarakat.

Dengan demikian, universitas merupakan institusi besar yang memiliki potensi untuk melindungi dan meningkatkan kesehatan mahasiswa, staf, dan masyarakat sekitarnya. Universitas memiliki mahasiswa yang nantinya akan menjadi tenaga profesional serta pembuat kebijakan yang dapat memberikan pengaruh berarti bagi kesehatan masyarakat.

Hadir sebagai pembicara adalah Dr. Vitri, dosen di Fakultas Kedokteran UNS yang memfokuskan pada strategi promosi kesehatan menuju kampus sehat. Sedangkan Tawang dari Sinar Mas Peduli, memaparkan berbagai kegiatan yang dilakukan Sinar Mas Peduli mulai dari Sabang sampai Merauke yang bekerja sama dengan berbagai stakeholder dalam upaya menjaga kesehatan masyarakat.

BI Gandeng Diaspora Indonesia untuk Pasarkan Produk UMKM Madiun Raya di Luar Negeri

Selanjutnya Dr. Agung Wibowo dosen di Fakultas Pertanian lebih menekankan peran mahasiswa di dalam mewujudkan kampus sehat maupun mempromosikan pola hidup sehat melalui Kuliah Kerja Nyata.

Di samping itu Agung juga mendorong organisasi mahasiswa kampus untuk membangun opini dan ikut mempromosikan pola hidup sehat baik di dalam kampus maupun ke masyarakat luas.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom