UNS Solo Dapat Insentif Rp9 Miliar, Sarana Prasarana Kuliah Di-upgrade

Alokasi 40 persen untuk fakultas di UNS Solo ini dapat digunakan untuk perbaikan sarana prasarana penunjang perkuliahan.

 Gedung Rektorat UNS Solo. (Instagram/@uns.official)

SOLOPOS.COM - Gedung Rektorat UNS Solo. (Instagram/@uns.official)

Solopos.com, SOLO — Universitas Sebelas Maret atau UNS Solo mendapatkan insentif Rp9,155 miliar setelah menjadi peraih poin tertinggi capaian Indikator Kinerja Utama (IKU) 7 tahun 2021 dan atas capaian posisi tertinggi (Top 10%) IKU tahun 2021 pada liga Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH) dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Dana insentif itu akan dipergunakan untuk berbagai hal, salah satunya untuk perbaikan sarana dan prasarana perkuliahan di fakultas. Rektor UNS Solo Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum. mengatakan, pada Senin (27/6/2022) lalu UNS meraih dua penghargaan sekaligus.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

“UNS meraih poin tertinggi untuk IKU 7 yaitu kelas yang kolaboratif dan partisipatif. Kemudian bersama Universitas Indonesia [UI], UNS juga meraih capaian posisi tertinggi [Top 10%] IKU tahun 2021. Untuk capaian posisi tertinggi IKU tahun 2021, UNS meraih insentif IKU sebesar Rp8,155 miliar.

Kemudian ditambah insentif penghargaan satu IKU Rp1 miliar. Sehingga total UNS menerima Rp9,155 miliar,” terang Prof. Jamal di Ruang UPT Humas dan Media UNS, Selasa (5/7/2022).

Dengan dana insentif tersebut, masing-masing perguruan tinggi (PT) bisa memanfaatkannya untuk peningkatan mutu dan sarana prasarana (sarpras) Perguruan Tinggi (PT). Termasuk di UNS, dana intensif tersebut digunakan untuk peningkatan mutu dan sarana prasarana.

Baca Juga: IKA UNS Beri Hibah Gamelan Raras Arrum Kepada PUI Javanologi UNS Solo

“Intinya dana tersebut untuk peningkatan mutu universitas. Saya melakukan rapat koordinasi dengan dekan dan ketua lembaga di UNS terkait penggunaan dana insentif tersebut. Dana tersebut dibagi untuk universitas dan fakultas. Universitas memperoleh 60 persen dan fakultas 40 persen,” ujar Jamal.

Alokasi 40 persen untuk fakultas ini, dapat digunakan untuk perbaikan sarana prasarana penunjang perkuliahan, serta segala sesuatu untuk menunjang penilaian IKU.

“Silakan digunakan untuk perbaikan yang semuanya kita diharapkan untuk meningkatkan IKU. Sehingga untuk persiapan supaya kedepannya IKU lebih baik lagi. Ya untuk persiapanlah tahun depan, semoga dapat meraih penghargaan lagi dan meningkat,” imbuh Jamal.

Sedangkan yang alokasi 60 persen untuk universitas dapat digunakan untuk membayar langganan jurnal, langgatan IT hingga membayar gaji pegawai Non PNS.

Jamal berpesan kepada sivitas akademika UNS untuk tidak lengah dengan penghargaan ini. Tantangan kedepan semakin besar, dan sistem penilaian bisa saja berubah.

Baca Juga: Bibit dan UNS Kolaborasi Dorong Talenta Digital Tanah Air

“Memang ada perbedaan penilaian. Kalau tahun 2020, penilaian kinerja IKU dilakukan di tahun 2021 tidak ada asesmen oleh kementerian. Tapi tahun ini berbeda, yaitu data kami kirim dulu lalu kementerian melakukan survai ulang kebenaran itu, misal IKU 1 dan IKU 7,” kata dia.

“IKU 1 dilakukan pengecekan apakah lulusan benar-benar bekerja, melanjutkan studi lanjut dan berwirausaha. Sehingga di cek, lulusan sudah benar-benar bekerja, melanjutkan studi lanjut atau berwirausaha belum? Dan UNS 81 persen lulusan sudah bekerja, melanjutkan studi lanjut dan berwirausaha. Sehingga tidak boleh lengah,” tutur dia.

Di tahun sebelumnya, UNS juga meraih dana insentif dari penghargaan capaian IKU PTN tahun 2020/2021 yang juga digunakan untuk peningkatan mutu PT.

“Di mana UNS tahun lalu memperoleh Rp23,5 miliar. Tahun ini turun karena alokasi yang disiapkan dari kementerian untuk intensif IKU berbeda,” jelasnya.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Olimpiade Informatika Sekaligus Belajar Seni dan Budaya Indonesia

      + PLUS Olimpiade Informatika Sekaligus Belajar Seni dan Budaya Indonesia

      Penyelenggaraan International Olympiad in Informatics (IOI) 2022 di Kota Jogja, Provinsi Daerah Instimewa Yogyakarta, 7-15 Agustus 2022, menjadi arena pengenalan aneka ragam kesenian Indonesia kepada dunia.

      Berita Terkini

      Harga Gandum Mahal? Tenang, IPB Berhasil Buat Mi dari 5 Bahan Ini Lo...

      Institut Pertanian Bogor di Jawa Barat berhasil membuat mi menggunakan lima bahan dasar pangan lokal, yakni jagung, ganyong, sukun, kasava atau singkong, dan sagu.

      212 Calon PMI Ilegal Gagal Berangkat ke Kamboja, Terkait Judi Online?

      Sebanyak 212 calon PMI dari berbagai provinsi gagal berangkat ke Kamboja saat transit di Bandara Internasional Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatra Utara (Sumut) pada Jumat (12/8/2022) lalu.

      Keluarga Bharada E Minta Maaf, Begini Jawaban Ayah Brigadir J

      Keluarga Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E kembali meminta maaf kepada keluarga Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

      Kuasa Hukum Sebut Bos Duta Palma Surya Darmadi Akan Ikuti Proses Hukum

      Kuasa hukum bos PT Duta Palma, Surya Darmadi, menyatakan kliennya bakal tiba di Indonesia, Minggu (14/8/2022) dan siap menghadiri rangkaian proses hukum.

      Latihan Super Garuda Shield 2022 Resmi Ditutup

      Latihan Tempur Super Garuda Shield tahun 2022 yang dilaksanakan di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan selama 14 hari secara resmi ditutup pada Minggu (14/8/2022).

      Satu Mobil Hias Jakarnaval 2022 Terbakar saat Parade, Begini Ceritanya

      Satu unit mobil hias terbakar saat Parade Jakarnaval 2022 di Jakarta International E-Prix Circuit, Ancol, Jakarta, pada Minggu (14/8/2022).

      Ahli Komunikasi: Kasus Brigadir J Jangan Berlarut-larut Kayak Sinetron!

      Akademisi UIN Jakarta, Moh. Ali Irvan, meminta Kabareskrim Polri agar bertindak tegas menangani kasus penembakan Brigadir J dan jangan berlarut-larut seperti sinetron.

      Besok, Komnas HAM Cek Lokasi Penembakan Brigadir J di Duren Tiga Jaksel

      Komnas HAM akan mengecek TKP penembakan Brigadir J di rumah dinas Kadiv Propam Polri Kompleks Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan pada Senin (15/8/2022).

      Timsus Polri Berangkat ke Magelang Telusuri Motif Penembakan Brigadir J

      Kabareskrim Polri. Komjen Pol. Agus Andrianto, menyampaikan bahwa penyidik dari tim khusus Polri berangkat ke Magelang untuk menyelidiki motif penembakan Brigadir J.

      Kecelakaan Maut Truk Hantam 5 Kendaraan di Cianjur, 6 Orang Meninggal

      Kecelakaan maut melibatkan truk bermuatan terigu dengan lima kendaraan di Jalan Raya Sukabumi-Cianjur Kabupaten Cianjur, Jawa Barat menyebabkan enam orang meninggal.

      Olimpiade Informatika Sekaligus Belajar Seni dan Budaya Indonesia

      Penyelenggaraan International Olympiad in Informatics (IOI) 2022 di Kota Jogja, Provinsi Daerah Instimewa Yogyakarta, 7-15 Agustus 2022, menjadi arena pengenalan aneka ragam kesenian Indonesia kepada dunia.

      Mengendus Peran Putri Sambo dalam Kasus Brigadir J

      “Miss X ini adalah Ibu Putri sendiri. Ini keterangannya Richard. Jadi Ibu Putri sama Pak Sambo memanggil ya Pak Kuwat, Pak Richard, Ricky."

      Komunikasi dan Sinergi Kunci Menghadapi Ancaman Krisis Pangan

      Sinergi yang kuat dan komunikasi efektif menjadi unsur penting dalam upaya mempercepat diseminasi informasi melalui kanal milik instansi pemerintah untuk menghadapi ancaman krisis pangan.

      Bohong Dilecehkan, Putri Istri Ferdy Sambo Ikut Pembunuhan Brigadir J?

      Apakah Putri Candrawathi, istri Ferdy Sambo, terlibat dalam pembunuhan Brigadir J?

      Ini Dia Daftar Pesawat Tempur Milik Indonesia, Gagah Banget!

      Tahukah Anda bahwa kekuatan militer di suatu negara dapat dilihat dari armada perangnya? Nah berikut ini Solopos.com sajikan daftar pesawat tempur milik Indonesia.

      Mahfud MD: Ferdy Sambo Bikin Jebakan Tutupi Pembunuhan Brigadir J

      Mhfud MD menyebut Ferdy Sambo membuat jebakan psikologis untuk menutupi pembunuhan Brigadir J.