Tutup Iklan

UNS Solo Buka Pusat Studi Permuseuman & Cagar Budaya

UNS Solo Buka Pusat Studi Permuseuman & Cagar Budaya

SOLOPOS.COM - Kampus Universitas Sebelas Maret (UNS) Kentingan, Solo (ilustrasi/kampus-info.com)

Solopos.com, SOLO — Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo kini membuka Pusat Studi Permuseuman dan Cagar Budaya. Para pakar siap mendukung penguatan kawasan cagar budaya dan permuseuman, salah satunya kawasan Sangiran, Sragen.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UNS, Sulistyo Saputro, menjelaskan Pusat Studi Permuseuman dan Cagar Budaya di bawah LPPM UNS. Pusat studi baru itu diresmikan pada Juli 2017 lalu dan diketuai Susanto. Salah satu program yang disiapkan adalah mendukung keinginan Pemerintah Propinsi Jawa Tengah dalam rangka menguatkan kawasan Sangiran, Kabupaten Sragen, sebagai salah satu World Heritage.

“Kami mengapresiasi rencana Bappeda [Badan Perencanaan Pembangunan Daerah] Provinsi Jawa Tengah menjadikan Sangiran sebagai salah satu World Heritage,” ujar Sulistyo ketika ditemui wartawan di sela-sela aktivitasnya, Senin (9/10/2017).

Selain menerjukan para pakar untuk mengeksplorasi Sangiran, Pusat Studi Permuseuman dan Cagar Budaya UNS juga akan mengkaji dan mengembangkannya secara multidisiplin. LPPM berperan penting dalam memperkuat Sangiran sebagai World Heritage yakni mengaitkan dunia wisata dengan produk wisata serta kepurbakalaan sebagai satu kawasan situs. Termasuk di dalamnya menggali kemungkinan teknologi besi pada konsteks kepurbakalaan.

Menurut Sulistyo, ada banyak hal menarik yang terus dikembangkan di Sangiran seperti perlunya produk wisata berupa wisata ilmiah edukasi yang mengungkap kepurbakalaan dengan kajian arkeoligis historis. Aktivitas wisata itu diharapkan bisa mengekspresikan dan mewujudkan lingkungan manusia purba di Sangiran.

LPPM sejak beberapa tahun terakhir telah menerjunkan sejumlah pakar. Ada yang mendampingi manajemen keuangan dan pemasaran serta peningkatan inovasi produk kerajinan. Dengan adanya inovasi baru produk kerajinan, Sangiran diharapkan mampu menembus pasar ekspor lebih luas hingga Eropa. Langkah itu juga didukung Program Studi (Prodi) Sejarah dan Pusat Studi Javanologi yang bertujuan melestarikan cagar budaya.

Berita Terkait

Berita Terkini

Begini Komitmen Indonesia Turunkan Angka Pekerja Anak

Indonesia tak lelah berupaya menurunkan angka pekerja anak, tetapi bagaimana sebenarnya wujud komitmen Indonesia menumpas pekerja anak?

Indonesia Desak Gerakan Non Blok Dukung Kemerdekaan Palestina

Indonesia melalui Menlu Retno Marsudi dalam Pertemuan Luar Biasa Komite Gerakan Non Blok atau GNB meminta dukungan kemerdekaan Palestina.

Tenda Darurat di RSUD Tugurejo Diisi Pasien Berpenyakit Penyerta

RSUD Tugurejo Semarang terpaksa mendirikan tenda darurat untuk merawat pasien Covid-19 yang membeludak sehingga tak tertampung.

Sering Bersin Ciri Penerima Vaksin Kena Covid-19

Seseorang yang sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19 masih harus tetap menghindari virus corona pemicu Covid-19.

Solo Bersiap Terapkan Jam Malam

Meningkatnya penularan virus corona di wilayah eks Karesidenan Surakarta membuat Pemkot Solo berencana menerapkan jam malam Covid-19.

Dompet Cekak, Mungkinkah Jakarta Disuntik Dana Sri Mulyani?

Dompet Jakarta terlampau cekak untuk menggerakkan iklim membangun sehingga harus mengharap disuntik dana dari Menkeu Sri Mulyani.

Korsel Gencarkan Vaksinasi, Jumlah Pasien Kritis Covid-19 Menurun

Korea Selatan atau Korsel menyatakan efek vaksinasi virus corona pencegah Covid-19 mulai terlihat pada penurunan jumlah pasien kritis.

Kendaraan Listrik Diramalkan Capai Puncak Penjualan 2033

Kendaraan listrik global diramalkan mencapai puncak penjualan tahun 2033 yang berarti lima tahun lebih awal daripada perkiraan sebelumnya.

Malaysia Targetkan Vaksinasi 60% Penduduk

Pemerintah Malaysia menargetkan dapat melakukan vaksinasi terhadap 60% penduduk dengan deadline akhir September 2021.

Panen Hadiah Simpedes BRI Klaten Diundi, Ini Nasabah Yang Beruntung Dapat Honda Mobilio

Bank BRI Cabang Klaten menggelar penarikan undian panen hadiah Simpedes periode II dengan hadiah utama satu unit mobil Honda Mobilio.

Kronologi Munculnya Klaster Takziah Covid-19 di Kabupaten Pasuruan

Satgas Covid-19 Kabupaten Pasuruan menemukan klaster takziah di Desa Dayurejo, Kecamatan Prigen. Ada 21 orang positif terpapar Covid-19.