SOLOPOS.COM - Logo UNS. (uns.ac.id)

UNS Solo membuka Program Pascasarjana Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn).

Solopos.com, SOLO — Mulai tahun akademik 2017/2018, Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menerima mahasiswa baru program studi (prodi) S2 PPKn.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut Ketua Program Studi (Kaprodi) S2 PPKn, Muchtarom, program tersebut dibuka lantaran banyaknya permintaan dari alumni Prodi S1 PPKn yang ingin melanjutkan studi.

“Sebelumnya memang belum ada. Kalau ada alumnus yang mau ambil S2 harus cari di universitas lainnya,” ungkap Muchtarom ketika ditemui wartawan di Kampus UNS, Senin (5/6/2017).

Izin pendirian Prodi S2 PPKn sudah didapat menyusul persyaratan yang telah dipenuhi plus dukungan sumber daya manusia (SDM). Tahap pertama pendaftaran, pihaknya mendapatkan 14 mahasiswa. “Kuota angkatan pertama 20 orang,” kata dia.

Dengan adanya program baru dari UNS yaitu beasiswa bagi lulusan Program Sarjana UNS yang meraih indeks prestasi kumulatif (IPK) berpredikat cumlaude, Muchtarom tidak membuka pendaftaran mahasiswa tahap kedua.

“Kemungkinan pendaftaran tahap kedua tidak dibuka karena ada program beasiswa prestasi untuk lulusan UNS dari jenjang S1 yang cumlaude mulai tahun akademik 2016/2017. Sisa kuota Prodi S2 PPKn ini nanti diisi lulusan UNS yang cumlaude,” terang dia.

Saat ini sudah ada lima orang yang sudah mendaftar dari lulusan Prodi S1 PPKn Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNS dengan predikat cumlaude.

Menurut Muchtarom, lulusan Prodi S2 PPKn bisa menjadi guru PKn atau PPKn pada jenjang pendidikan dasar dan menengah atau menjadi dosen bidang PKn/PPKn pada jenjang pendidikan tinggi, peneliti bidang pendidikan kewarganegaraan, serta instruktur/tutor bidang PKn kemasyarakatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya