SOLOPOS.COM - Ilustrasi mahasiswa. (Solopos-Whisnupaksa Kridhangkara)

Solopos.com, SOLO – Kampus UNS Solo akan menggelar wisuda pada Mei 2020 secara online. Rencananya, wisuda periode II tahun 2020 itu akan dihelat 2 Mei 2020 bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional.

Biasanya, wisuda lulusan UNS Solo dilakukan di Auditorium G.P.H. Haryo Mataram kampus setempat. Namun dalam masa pandemi Covid-19 dengan larangan mengumpulkan massa, wisuda secara langsung ditiadakan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Padahal wisuda merupakan momen bersejarah dan membahagiakan bagi mahasiswa dan keluarga. Oleh sebab itu, pihak kampus mengagendakan wisuda online bagi calon wisudawan.

Rektor UNS Solo, Jamal Wiwoho, mengatakan, prosesi wisuda menjadi momentum yang dinantikan oleh mahasiswa tingkat akhir karena telah menyelesaikan masa studinya di kampus.

Awas! Solo Zona Merah Covid-19 di Jateng

“Wisuda online ini sebuah terobosan karena wisuda offline [langsung] tidak bisa dilaksanakan akibat pemberlakukan social distancing. Tidak boleh berkumpul dan mengadakan acara-acara,” ujar Jamal, Rabu (22/4/2020).

Ia menambahkan bahwa pendaftaran wisuda bisa dilakukan hingga 25 April 2020 pukul 24.00 WIB. Pihak UNS Solo memberikan kemudahan untuk pendaftaran wisuda yaitu melengkapi administrasi yang terkait langsung dengan ijazah dan transkrip nilai. Persyaratan lainnya bisa dilengkapi pada saat pengambilan ijazah.

“Agenda ini dilakukan sebagai upaya untuk membantu mahasiswa pada jenjang berikutnya. Karena ijazah ini penting dimiliki oleh mahasiswa untuk mendaftar pekerjaan dan untuk keperluan lain di saat seperti ini,” imbuhnya.

Kabar Baik! 1 Pasien Positif Corona Karanganyar Sembuh

Teknis Pelaksanaan

Gambaran teknisnya, wisuda online ini tetap menghadirkan Rektor UNS, Jamal Wiwoho, di kampus. Sedangkan peserta dapat menyaksikan wisuda dari rumah dengan mengakses situs web yang disediakan.

Sedangkan pemindahan/penyibakan kucir yang biasanya dilakukan rektor bisa diwakilkan atau dilakukan oleh orang tua mahasiswa masing-masing.

Informasi tentang tata cara pelaksanaan wisuda online di UNS Solo akan disampaikan pada pengumuman tersendiri.

Nafa Urbach: Sinetron Zaman Sekarang Jelek!

Selain itu terkait kegiatan akademik, perkuliahan online akan terus berlanjut sampai 22 Mei 2020. Para dosen dosen diimbau menyesuaikan dengan melakukan pemadatan jadwal perkuliahan atau cara lain. Dengan catatan tetap memenuhi standar minimal kompetensi yang dipersyaratkan.

Kemudian bagi mahasiswa tingkat akhir dalam jenjang S2 dan S3, persyaratan wajib untuk mengikuti presentasi hasil penelitian tesis/disertasi pada seminar nasional/internasional ditiadakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya