Tutup Iklan

UNS Raih Pendanaan PKM Terbanyak ke-6 Tingkat Nasional

Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo berhasil menempati urutan ke-6 dalam pendanaan proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dari Kemendikbud.

UNS Raih Pendanaan PKM Terbanyak ke-6 Tingkat Nasional

SOLOPOS.COM - UNS menempati posisi ke-6 dalam pendanaan PKM terbanyak nasional. (Istimewa).

Solopos.com, SOLO--Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo berhasil menempati urutan ke-6 dalam pendanaan proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dari Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal (Dirjen) Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Pada tahun ini, UNS berhasil meloloskan sebanyak 185 proposal, meningkat dari 2020 yang hanya 103 proposal. Direktur Reputasi Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Dr. Sutanto, DEA mengatakan, sejak UNS mengikuti PKM, perolehan proposal yang didanai tahun 2021 ini merupakan terbanyak.

“Jadi kami mengirim proposal PKM sebanyak 963 proposal. Alhamdulilah sebanyak 185 lolos untuk didanai,” terang Sutanto, dalam rilis yang diterima Solopos.com, Kamis (6/5/2021).

Baca Juga: UNS Jalin Kerja Sama dengan Kedubes Indonesia untuk Afghanistan

Sutanto menambahkan, dari 185 proposal tersebut, pendanaan yang diperoleh dari Dirjen Dikti senilai Rp1, 5 miliar atau tepatnya Rp1.562.156.798. “Pendanaan yang diberikan setiap kelompok berbeda-beda, kisarannya antara Rp7 juta hingga Rp10 juta,” imbuh Sutanto.

Sebanyak 185 proposal yang lolos didanai tersebut terdiri atas 82 proposal PKM Riset Eksakta (PKM-RE), 10 proposal PKM Penelitian Sosial Humaniora (PKM-PSH), 38 proposal PKM Kewirausahaan (PKM-K), 13 proposal PKM Pengabdian Masyarakat (PKM-PM), 30 proposal PKM Karsa Cipta (PKM-KC), 4 proposal PKM Penerapan Iptek (PKM-PI) dan 1 Proposal PKM Karya Inovatif (PKM-KI).

Persebaran perolehan pendanaan PKM 8 bidang ini tersebar di 11 fakultas dengan perolehan terbanyak diraih oleh Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) yaitu sebanyak 55 proposal.

Lalu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) 45 proposal, Fakultas Teknik (FT) 38 proposal, Fakultas Pertanian (FP) 18 proposal, Sekolah Vokasi 6 proposal, Fakultas Ilmu Budaya (FIB) 6 proposal, Fakultas Kedokteran (FK) 6 proposal, FISIP 3 proposal, Fakultas Hukum (FH) 3 proposal, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) 3 proposal dan Fakultas Seni Rupa dan Desain 2 proposal.

Baca Juga: Revisi Sistem Penyuluhan Pertanian, DPD RI Jaring Aspirasi ke UNS

Kolaborasi

Beberapa tahapan telah dilakukan UNS hingga akhirnya meloloskan 185 proposal yang didanai dari Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Dirjen Dikti. Terlebih persiapan PKM tahun 2021 ini berbeda lantaran dalam masa pandemi Covid-19.

“Mahasiswa posisi tidak di kampus karena perkuliahan daring. Sehingga ini menjadi tantangan bagi tim kami untuk melakukan koordinasi bersama dosen di tiap fakultas dengan mahasiswa,” ujarnya.

Dari awal, UNS pun membentuk Tim Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) yang berisi perwakilan dosen di tiap-tiap fakultas dan bidang kemahasiswaan, lalu ada Tim PKM Center yang mempersiapkan PKM ini hingga akhirnya mampu meloloskan 185 proposal.

“Setelah dibentuk tim, kami melakukan sosialisasi, kemudian sharing gagasan dari dosen, kemudian dosen dan mahasiswa berkolaborasi membuat proposal. Lalu ada tim reviewer internal, kemudian ada tim reviewer eksternal dari juri PKM nasional. Setelah itu terpilih proposal yang dikirim ke Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud,”ujarnya.

Baca Juga: Ramadan Penuh Berkah, Nava Hotel Bagi THR dan Takjil

Sutanto sangat mengapresiasi kinerja seluruh mahasiswa, dosen pembimbing, dan PKM Center UNS karena dapat mencapai hasil yang sangat memuaskan.

“Kami tentu sangat senang dan mengapresiasi seluruh kinerja dari mahasiswa maupun dosen pendamping. Namun kita juga jangan puas terlebih dahulu karena diperlukan kerja keras lagi agar dari 185 proposal tersebut banyak yang lolos ke Pimnas. Target kami mampu memperoleh 2 medali emas di Pimnas mendatang,” kata Sutanto.

Dalam waktu dekat ini akan diadakan koordinasi bersama secara daring terkait langkah-langkah ke depan, kemudian nanti ada pendampingan dan evaluasi internal.

Sambil menunggu dana PKM dari Kemendikbud turun, UNS menyediakan dana talangan yang bisa digunakan untuk mengerjakan program. “Lalu untuk PKM-K, UNS akan menyediakan satu tempat yang bisa digunakan dalam mengerjakan program. Tadi saya ketemu Pak Wali Kota Surakarta dan beliau setuju jika UNS akan menggunakan Solo Technopark,” ujarnya.

Berita Terkait

Berita Terkini

SBMPTN UNS: Seleksi Ilmu Komunikasi dan Farmasi Paling Ketat

Ilmu Komunikasi dan Farmasi menjadi program studi (Prodi) yang paling ketat dalam seleksi bersama masuk perguruan tinggi (SBMPTN) 2021 di Universitas Sebelas Maret (UNS).

Masuk Daftar Universitas Terbaik Versi QS World University Rankings 2022, Ini Komentar UNS Solo

Universitas Sebelas Maret atau UNS Solo masuk daftar universitas terbaik versi QS World University Rankings 2022 dengan enam aspek penilaian.

Perkuat Laboratorium Pangan, FP UNS Gandeng Balai Besar Pasca Panen 

Fakultas Pertanian UNS bersama Balai Besar Pasca Panen Kementerian Pertanian menandatangani kerja sama untuk memperkuat FP UNS sebagai laboratorium pangan.

Teken MoU dengan LSPPO, FP UNS Bekali Lulusan dengan Kompetensi Pertanian Organik

FP UNS bakal menjadi tempat uji kompetensi dan membekali lulusan dengan sertifikat kompetensi bidang pertanian organik.

Kreativitas Mahasiswa UNS Rintis Makosta, Masker Khusus Anak

Starter-pack Makosta rintisan mahasiswa UNS merupakan paket produk masker, konektor, dan strap khusus anak-anak berbahan alami.

Heboh BTS Meal Timbulkan Kerumunan, Ini Analisis Pakar Advertising UNS

BTS Meal merupakan menu kolaborasi perusahaan makanan cepat saji asal Amerika Serikat (AS) dengan boyband asal Korea Selatan, BTS.

1.900 Pendaftar Minati Jadi Dosen UNS Solo, Ini Lowongannya

Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo membuka lowongan dosen nonpegawai negeri sipil untuk mengisi sejumlah prodi.

Kemesraan UNS dan Charoen Pokphand Berbuah Closed House Broiler

Kandang Closed House Broiler dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa Prodi S-1 Peternakan FP UNS semaksimal mungkin sebagai laboratorium praktik.

Charoen Pokphand Indonesia Hibahkan Close House kepada FP UNS

Closed house yang dibangun di Desa Jatikuwung, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar, ini juga sebagai salah satu bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility) atau CSR.

Halalbihalal Alumni Sastra Inggris UNS Digelar Hangat dan Penuh Kenangan

Halalbihalal dan Kongkow Virtual yang digelar Organisasi Alumni Sastra Inggris (OASIS) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo berlangsung hangat dan akrab.

UNS Bangun Menara 11 Lantai di Eks Rumah Rektor

Universitas Sebelas Maret atau UNS Solo membangun menara berketinggian 11 lantai di lahan eks rumah dinas rektor UNS yang selesai akhir 2021.

UNS Bangun Tower Sebelas Lantai, Ada Fasilitas Olahraganya, Keren!

Tower UNS berada di rumah dinas rektor yang terletak di samping boulevard UNS Solo.

UNS Kerja Sama Dengan CRUA Panama, Ini Yang Didapatkan

Kedua belah pihak sepakat untuk memformalisasi kerja sama melalui kesepakatan yang dituangkan ke dalam Letter of Collaboration (LoC).

UNS Jawametrik 2021: UNS Peringkat Satu, UI dan UGM Sepuluh Besar

Pemeringkatan oleh PUI Javanologi UNS merupakan sistem yang mampu menghubungkan satu institusi dengan institusi lain guna pengembangan budaya Jawa.

Rektor UNS: Silaturahmi Idulfitri Momentum Menyinkronkan Hati

Rektor mengajak keluarga besar LPPM UNS, Risnov, DIH dan Biro RPM dapat membangun jalinan komunikasi yang semakin baik melalui silaturahmi.

Heroik, Ini Kisah SAR UNS Evakuasi Korban Perahu Terbalik di WKO Boyolali

SAR UNS Solo berhasil mengevakuasi tiga korban meninggal dalam insiden perahu terbalik yang mengangkut 20 penumpang di Waduk Kedung Ombo, Boyolali, Sabtu (15/5/2021).

Gelar Silaturahmi, Rektor UNS Tekankan Esensi Idulfitri

Kemampuan dalam menjalani ibadah puasa di tengah pandemi merupakan buah dari asupan nutrisi keimanan dan ketaqwaan.

Teknik Sipil UNS Membahas Lokasi Ibu Kota Negara, Aman dari Gempa?

Meskipun ibu kota negara terletak di pesisir Kalimantan, tetapi batu-batuannya merupakan batuan tua.

Dosen Pertanian UNS Solo Bimbing Petani Wonogiri Hasilkan Mete Bibit Unggul

Dosen Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret atau UNS Solo membimbing petani untuk menghasilkan mete bibit unggul dengan harga terjangkau.

Dosen FEB UNS Menang Research Grant Bank Indonesia, Singkirkan 1.334 Peneliti Internasional

Dosen FEB UNS Solo Tastaftiyan Risfandy memenangkan Research Grant Bank Indonesia (RGBI) 2021 mengalahkan 1.334 peneliti internasional.

UNS Raih Pendanaan PKM Terbanyak ke-6 Tingkat Nasional

Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo berhasil menempati urutan ke-6 dalam pendanaan proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dari Kemendikbud.

UNS Jalin Kerja Sama dengan Kedubes Indonesia untuk Afghanistan

Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menandatangani nota kesepahaman dengan Kedutaan Besar (Kedubes) Indonesia untuk Afghanistan,

Revisi Sistem Penyuluhan Pertanian, DPD RI Jaring Aspirasi ke UNS

UNS dipilih sebagai salah satu lokasi seminar karena dinilai memiliki sumber daya manusia (SDM) di bidang penyuluhan pertanian yang diperhitungkan di tingkat nasional.

Video Karya Mahasiswa UNS Juara di Wonderfull Village Video’s

Wonderfull Village Video’s Contest 2021 merupakan rangkaian event Festival Online Desa Wisata 2021 dari mata kuliah Event Manajemen FEB UKSW.

Keren, Mahasiswa UNS Raih Most Intelligent Kece Cari Presenter Unesa

Bima Maulana Rahmad Hidayat mahasiswa Fisip UNS Solo berhasil menyabet juara Most Intelligent dalam Kece Cari Presenter.

Menilik Etlo.id, Industri Kreatif Produk Ecoprint Pendidikan Biologi UNS

Berawal dari Digitalpreneur UNS 2020, kini produk-produk Etlo.id sudah dipasarkan secara luring maupun daring.

Dosen Psikologi UNS Paparkan Bantuan Psikologis Pada Kekerasan Seksual

Bantuan psikologis yang diberikan secara tepat bertujuan untuk membuat korban merasa lebih aman, terhubung dengan orang lain, dan memiliki harapan.

Erick Thohir: Sinergi BUMN-Perguruan Tinggi Dukung Merdeka Belajar Kampus Merdeka

Erick Thohir mengatakan sinergi dengan perguruan tinggi tidak hanya memberikan hasil optimal untuk menghasilkan produk berkualitas dan memiliki daya saing tetapi juga membangun talenta dan generasi muda yang unggul dan siap memasuki dunia kerja.

Wisuda Masih Daring, UNS Luluskan 1.272 Orang

Meskipun sudah sempat menggelar kuliah tatap muka uji coba sejak beberapa waktu lalu, Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo masih mengadakan wisuda secara daring.

Dorong Optimalisasi Skill dan Kapasitas Pemuda, Impact Circle Bikin Kegiatan di UNS

Impact Circle  menggelar kegiatan #YOUthInAction: Boost Your Personal Capacity Through Social Media in Pandemic Covid-19 di Universitas Sebelas Maret (UNS).

Cerello UNS Bukukan Prestasi di Festival Ajisaka UGM 2020+

Tim Cerello UNS Solo membukukan prestasi meraih juara pertama lomba Kehumasan Risk Management di Festival Ajisaka 2020+ di UGM.

Mulai Kuliah Tatap Muka, Begini Penerapan Prokes di UNS Solo

Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo mulai membuka kuliah tatap muka uji coba, Rabu (7/4/2021). Untuk pekan ini, kuliah tatap muka di UNS hanya dibuka pada 3 fakultas,

Resmi Dikukuhkan, OASIS Diharap Berkontribusi bagi Alumni dan Prodi Sastra Inggris UNS

Pengurus Organisasi Alumni Sastra Inggris (OASIS) Universitas Sebelas Maret (UNS) resmi dikukuhkan di Kampus Fakultas Ilmu Budaya (FIB).

2 Universitas Luar Negeri Masuk 10 Nomine UNS Jawametrik

UNS Jawametrik merupakan sebuah pemeringkatan berbasis TI untuk memberikan informasi tentang institusi/lembaga pengembang budaya Jawa,