SOLOPOS.COM - Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo pamerkan mobil formula dan mobil super irit BBM karya mahasiswa di kampus setempat, Jumat (9/6/2023). (Solopos.com/Akhmad Ludiyanto)

Solopos.com, SOLO-Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo pamerkan mobil formula dan mobil super irit BBM karya mahasiswa di kampus setempat, Jumat (9/6/2023).

Pameran dan peluncuran dua kendaraan tersebut sekaligus menandai terbentuknya kepengurusan baru Bengawan Team UNS 2023.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kedua kendaraan tersebut yakni mobil formula bernama Pancawala II dan sebuah prototipe bernama Nirangkara yang merupakan kendaraan super irit BBM.

Dalam acara ini turut hadir Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Solo, Tamso, Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Ahmad Yunus, Wakil Rektor Riset dan Inovasi UNS, Kuncoro Diharjo, Wakil Rektor Perencanaan Kerja Sama Bisnis dan Informasi, Irwan Trinugroho.

Yunus dalam sambutannya mengaku bangga dengan tiap pencapaian Bengawan Team UNS. Ia mengatakan pihak universitas akan selalu mendukung kegiatan demi mencapai prestasi bagi kampus dan mahasiswa.

Selain itu, Yunus mengingatkan bahwa setiap kegiatan yang dilakukan dapat menjadi bahan riset dalam pengembangan ilmu pengetahuan terkini.

“Sejarah perkembangan Bengawan Team sangat menggembirakan. Beberapa kali mengikuti kejuaraan internasional di luar negeri. Terakhir di Florida, Amerika Serikat memboyong beberapa medali emas. Ini sangat membanggakan kita,” ujar Yunus, seperti dikutip dalam siaran resmi.

Sementara itu, Tamso, mewakili Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka mendukung Bengawan Team UNS sebagai wadah bagi pengembangan diri mahasiswa.

“Melalui Bengawan Team UNS, mahasiswa dapat terasah serta melakukan riset bagaimana mendesain dan membuat bentuk prototipe. Generasi muda perlu didukung, mengajak kerja sama pelaku industri, serta tampil dalam ajang kompetisi,” ujar Drs. Tamso.

Sementara itu, Bengawan Formula Student Team UNS merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang berfokus pada riset manufaktur dan pengembangan mobil formula. Karya rancangan mereka telah dilombakan di kancah Internasional. Bengawan Formula Student Team UNS beranggotakan mahasiswa multi fakultas yang ada di UNS.

Tahun ini mereka akan berkompetisi di Jepang yang diselenggarakan oleh Japan Society of Automotive Engineer (JSAE) yang merupakan bagian dari Society of Automotive Engineer International.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya