Tutup Iklan

UNS Jawametrik 2021: UNS Peringkat Satu, UI dan UGM Sepuluh Besar

Pemeringkatan oleh PUI Javanologi UNS merupakan sistem yang mampu menghubungkan satu institusi dengan institusi lain guna pengembangan budaya Jawa.

 Kegiatan UNS Jawametrik 2021 yang digelar UNS Solo, Kamis (20/5/2021). (Solopos.com-Humas UNS)

SOLOPOS.COM - Kegiatan UNS Jawametrik 2021 yang digelar UNS Solo, Kamis (20/5/2021). (Solopos.com-Humas UNS)

Solopos.com, SOLO – Pusat Unggulan Iptek (PUI) Javanologi Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo mengumumkan daftar perguruan tinggi nasional dan internasional yang masuk dalam sepuluh besar UNS Jawametrik 2021, di Ruang Sidang Senat II Gedung Rektorat dr. Prakosa UNS, Kamis (20/5).

Jumpa pers dihadiri Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho, Ketua PUI Javanologi UNS, Prof. Sahid Teguh Widodo. Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Prof. Ahmad Yunus, Wakil Rektor Umum dan SDM UNS. Prof. Bandi, dan Wakil RektorPerencanaan, Kerjasama, Bisnis, dan Informasi UNS, Prof. Sajidan.

Dalam video pengumuman yang ditayangkan PUI Javanologi UNS, UNS masuk peringkat satu UNS Jawametrik 2021. Kemudian disusul secara berurutan oleh Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, dan Universitas Indonesia (UI).

Peringkat keenam hingga kesepuluh UNS Jawametrik 2021, adalah Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Universitas Negeri Semarang (Unnes), ISI Surakarta. Lalu Universitas Leiden Belanda, dan Australian National University (ANU).

Baca juga: Teknik Sipil UNS Membahas Lokasi Ibu Kota Negara, Aman dari Gempa?

Hasil pemeringkatan UNS Jawametrik 2021 didasarkan pada sebelas kriteria. Yaitu institusi kajian Jawa, akademisi kajian Jawa, penelitian kajian Jawa. Literatur dan koleksi pustaka tentang kajian Jawa, kolaborasi dan kerjasama yang berkaitan dengan kebudayaan Jawa. Kemudian acara/ kegiatan yang berkaitan dengan kebudayaan Jawa.

Selain itu, kriteria selanjutnya adalah koleksi artefak Jawa, tindakan/ aksi yang berkaitan dengan nilai kebudayaan dan norma Jawa. Penggunaan bahasa Jawa, pengakuan/ penghargaan yang diakui institusi lain yang berkaitan dengan budaya Jawa. Juga digitalisasi/ adaptasi berbasis teknologi pada kebudayaan Jawa.

Baca juga: Rusak! Timbunan Sampah Berserakan di Sungai Bengawan Solo

Budaya Jawa

Atas keberhasilan UNS meraih di peringkat satu UNS Jawametrik 2021, Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho senang dan bangga. Ia menyebut pemeringkatan yang disusun oleh PUI Javanologi UNS merupakan sistem yang mampu menghubungkan satu institusi dengan institusi lain guna pengembangan budaya Jawa.

“Ini sesuai dengan cita-cita luhur UNS yaitu menjadi pusat ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. Yang unggul secara internasional yang tetap menjunjung nilai-nilai luhur budaya bangsa,” ujar Prof. Jamal.

Selain UNS Jawametrik 2021, Prof. Jamal juga meyakini jika PUI Javanologi UNS dapat terus berkontribusi secara aktif. Terutama dalam memberikan ruang gerak yang lebih luas agar budaya Jawa dapat maju dan berkembang.

“Sudah saatnya di usia ke-45 tahun ini, UNS dengan bangga dapat menjadi pelopor sistem pemeringkatan bagi institusi di seluruh dunia yang menaruh perhatian terhadap budaya Jawa,” sambung Prof. Jamal.

Baca juga: Dosen Pertanian UNS Solo Bimbing Petani Wonogiri Hasilkan Mete Bibit Unggul

Pada tahun ini, PUI Javanologi telah menjaring 104 institusi dari seluruh dunia, mulai dari benua Asia, Amerika, hingga Eropa. Dan, dari penjaringan yang dilakukan, PUI Javanologi UNS berhasil mengerucutkannya menjadi 27 besar.

Dari jumlah tersebut, PUI Javanologi UNS kembali menyeleksi nama-nama perguruan tinggi yang layak masuk ke dalam sepuluh besar UNS Jawametrik 2021 sebelum mengumumkan peringkat tetap dari daftar yang sudah disusun.

“Kami berharap sistem pemeringkatan ini dapat dimanfaatkan oleh institusi kebudayaan maupun perguruan tinggi untuk berbagi informasi dan bekerja sama dalam memajukan kebudayaan global,” ujar Ketua PUI Javanologi Prof. Sahid di sela-sela pengumuman UNS Jawametrik 2021.

 

 

Berita Terkait

Berita Terkini

Profil Denny Caknan, Penyanyi & Pencipta Lagu dari Ngawi Yang Ngefans Didi Kempot

Berikut profil Denny Caknan, Penyanyi sekaligus pencipta lagu pop Jawa dengan lirik bermakna patah hati yang terinspirasi dari Didi Kempot.

Ketika Swab Test di Buleleng Berakhir Ricuh, Dandim Mengaku Dipukul, TNI Hajar Warga

Video anggota TNI memukuli warga Buleleng, Bali, viral di media sosial. Insiden itu kabarnya dipicu pemukulan kepala Dandim, namun dibantah warga.

Wadidaww, Penyaluran Bansos Bakal Dipantau Pakai Satelit?

Menteri Sosial Tri Rismaharini menyebut dengan bantuan satelit Kemensos bisa mengecek langsung kondisi penerima bansos. Kemensos dapat mengetahui posisi dan kondisi rumah.

Vaksin Nusantara Diminati Turki, Siap Impor 5,2 Juta Dosis

Vaksin Nusantara besutan mantan Menyeri Kesehatan (Menkes), Terawan Agus Putranto, ternyata sudah mencuri hati negara lain.

Hore, Data Penerima Bantuan Subsidi Upah Diusulkan Tambah 1,5 Juta Pekerja

Sebanyak 1,5 juta data pekerja peserta diusulkan BPJS Ketenagakerjaan menerima bantuan subsidi upah atau BSU tahap III.

Meski Kemarau Basah, 24 Desa di Jateng Dilanda Kekeringan

Sebanyak 24 desa yang mengalami kekeringan berada di 7 kabupaten di Jateng.

Rusunawa Semanggi Solo Bakal Dirobohkan, Penghuni Meminta Solusi

Warga keberatan jika harus menyewa kos maupun kontrak rumah

Mendikbud Ristek Keluhkan 12 Daerah Belum Izinkan PTM Termasuk Jateng, Ganjar Bilang Ini

Jateng menjadi salah satu dari 12 wilayah yang dikeluhkan Mendikbud Ristek, Nadiem Makarim, karena belum bolehkan PTM digelar.

Ini 3 Strategi Pemerintah Agar Masyarakat Bisa Hidup Berdampingan dengan Covid-19

Pemerintah tidak hanya fokus pada penanganan, namun juga menyiapkan strategi agar masyarakat bisa hidup berdampingan dengan Covid-19.

10 Berita Terpopuler : Semburan Gas Rawa Sragen - Jl RM Said Wonogiri Ditutup Saat Malam

Ulasan tentang semburan gas rawa di Sragen hingga penutupan jalan di Wonogiri masuk daftar 10 berita terpopuler Solopos.com pagi ini.

Solopos Hari Ini: PPKM Turun Bertahap

Presiden Jokowi memperpanjang PPKM dengan penurunan level hingga 30 Agustus. Topik ini menjadi berita utama dalam Koran Solopos hari ini, Selasa (24/8/2021).

Logika Waktu Pendek

Revolusi industri 4.0 menjanjikan banyak kemajuan sekaligus menjanjikan banyak ancaman pada kehidupan sosial, ekonomi, budaya, politik.

Dipicu Kepala Dandim Dipukul, Anggota TNI Hajar Pemuda Buleleng

Pihaknya mengaku bakal membicarakannya terlebih dahulu dengan berbagai tokoh masyarakat.

Viral, Bupati Banjarnegara Sebut Menteri Luhut Penjahit

Video itu saat pembagian jaring pengaman sosial di Desa Bawang, Kabupaten Banjarnegara pada Sabtu (21/8/2021).

Ciaaaat... Perguruan Silat Digandeng untuk Operasi Kerumunan

Sasaran yang ditertibkan adalah masyarakat yang berkerumun tanpa mematuhi protokol kesehatan.