Tutup Iklan

UNS Bangun Tower Sebelas Lantai, Ada Fasilitas Olahraganya, Keren!

Tower UNS berada di rumah dinas rector yang terletak di samping boulevard UNS Solo.

 Penekanan tombol tanda groundbreaking Tower UNS, Jumat (28/5/2021). (Solopos.com-Humas UNS)

SOLOPOS.COM - Penekanan tombol tanda groundbreaking Tower UNS, Jumat (28/5/2021). (Solopos.com-Humas UNS)

Solopos.com, SOLO -- Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo membangun Tower UNS yang memiliki 11 lantai dengan ketinggian 76 meter. Bangunan ini berada di rumah dinas rektor di samping boulevard UNS.

Peletakan batu pertama atau ground breaking Tower UNS dilaksanakan Jumat (28/5/2021). Dihadiri oleh Rektor UNS, seluruh Wakil Rektor, Dirjen Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, Wikan Sakarinto, S.T. Juga dekan dan direktur di lingkungan kampus UNS serta perwakilan warga sekitar.

Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho menyampaikan bahwa pembangunan Tower UNS ini dalam rangka untuk mengoptimalisasi aset. “Jadi aset berupa rumah dinas Rektor UNS ini sudah lama 18 tahun. Tapi selama ini tidak dipakai. Oleh karena itu, atas prinsip optimalisasi aset, kita bangun tower,” ujar Prof. Jamal dalam sambutannya.

Baca juga: UNS Jawametrik 2021: UNS Peringkat Satu, UI dan UGM Sepuluh Besar

Meski demikian, bukan berarti UNS tidak lagi memiliki rumah dinas rektor. “Kan tidak boleh mengubah aset lalu menghapusnya. Rumah dinas harus disiapkan siapa pun rektornya nanti. Jadi nanti ada satu lantai yang diperuntukkan untuk rumah dinas rektor,” lanjut Jamal.

Tower yang berdiri di atas lahan seluas 5.000 meter persegi tersebut nantinya akan dibuat sebelas lantai dengan tinggi 76 meter. Selain digunakan untuk kegiatan perkantoran, Tower UNS ini nantinya akan dilengkapi dengan sarana olahraga yang lengkap.

Ada juga kolam renang, internasional conference, internasional office, central bisnis serta terdapat ruang-ruang yang bisa disewakan untuk menunjang revenue generation. “Tower ini nanti kan tinggi, saya berharap internet se Soloraya bisa kami layani,” harapnya.

Baca juga; UNS Kerja Sama Dengan CRUA Panama, Ini Yang Didapatkan

Selesai Akhir 2021

Prof. Jamal mentargetkan, Tower UNS ini akan selesai maksimal tanggal 31 Desember tahun ini. “Saya yakin karena yang mengerjakan pembangunannya adalah perusahaan BUMN yang hebat. Maka hasilnya akan bagus dan sesuai waktu yang direncanakan,” tambah dia.

Mengenai konsep Tower UNS, Jamal mengatakan tetap mengedepankan nilai-nilai budaya Jawa. Nantinya setiap lantai akan memiliki ciri khas budaya Jawa. Tentunya bangunannya akan menyatu dan mendukung keberadaan hotel UNS Inn. “Sehingga sarana olahraga dan kolam renang yang ada di Tower bisa dinikmati juga oleh pengunjung hotel,” ujar Prof. Jamal.

Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, Wikan Sakarinto, sangat mengapresiasi pembangunan Tower UNS. “Pembangunan ini menandakan UNS sedang bangkit. Memang sudah bangkit tapi makin bangkit lagi. Ini menunjukkan kehebatan UNS dalam mengelola anggaran. Karena dana yang digunakan untuk membangun penuh dari UNS,” ujar Wikan.

 

 

Berita Terkait

Berita Terkini

Profil Denny Caknan, Penyanyi & Pencipta Lagu dari Ngawi Yang Ngefans Didi Kempot

Berikut profil Denny Caknan, Penyanyi sekaligus pencipta lagu pop Jawa dengan lirik bermakna patah hati yang terinspirasi dari Didi Kempot.

Ketika Swab Test di Buleleng Berakhir Ricuh, Dandim Mengaku Dipukul, TNI Hajar Warga

Video anggota TNI memukuli warga Buleleng, Bali, viral di media sosial. Insiden itu kabarnya dipicu pemukulan kepala Dandim, namun dibantah warga.

Wadidaww, Penyaluran Bansos Bakal Dipantau Pakai Satelit?

Menteri Sosial Tri Rismaharini menyebut dengan bantuan satelit Kemensos bisa mengecek langsung kondisi penerima bansos. Kemensos dapat mengetahui posisi dan kondisi rumah.

Vaksin Nusantara Diminati Turki, Siap Impor 5,2 Juta Dosis

Vaksin Nusantara besutan mantan Menyeri Kesehatan (Menkes), Terawan Agus Putranto, ternyata sudah mencuri hati negara lain.

Hore, Data Penerima Bantuan Subsidi Upah Diusulkan Tambah 1,5 Juta Pekerja

Sebanyak 1,5 juta data pekerja peserta diusulkan BPJS Ketenagakerjaan menerima bantuan subsidi upah atau BSU tahap III.

Meski Kemarau Basah, 24 Desa di Jateng Dilanda Kekeringan

Sebanyak 24 desa yang mengalami kekeringan berada di 7 kabupaten di Jateng.

Rusunawa Semanggi Solo Bakal Dirobohkan, Penghuni Meminta Solusi

Warga keberatan jika harus menyewa kos maupun kontrak rumah

Mendikbud Ristek Keluhkan 12 Daerah Belum Izinkan PTM Termasuk Jateng, Ganjar Bilang Ini

Jateng menjadi salah satu dari 12 wilayah yang dikeluhkan Mendikbud Ristek, Nadiem Makarim, karena belum bolehkan PTM digelar.

Ini 3 Strategi Pemerintah Agar Masyarakat Bisa Hidup Berdampingan dengan Covid-19

Pemerintah tidak hanya fokus pada penanganan, namun juga menyiapkan strategi agar masyarakat bisa hidup berdampingan dengan Covid-19.

10 Berita Terpopuler : Semburan Gas Rawa Sragen - Jl RM Said Wonogiri Ditutup Saat Malam

Ulasan tentang semburan gas rawa di Sragen hingga penutupan jalan di Wonogiri masuk daftar 10 berita terpopuler Solopos.com pagi ini.

Solopos Hari Ini: PPKM Turun Bertahap

Presiden Jokowi memperpanjang PPKM dengan penurunan level hingga 30 Agustus. Topik ini menjadi berita utama dalam Koran Solopos hari ini, Selasa (24/8/2021).

Logika Waktu Pendek

Revolusi industri 4.0 menjanjikan banyak kemajuan sekaligus menjanjikan banyak ancaman pada kehidupan sosial, ekonomi, budaya, politik.

Dipicu Kepala Dandim Dipukul, Anggota TNI Hajar Pemuda Buleleng

Pihaknya mengaku bakal membicarakannya terlebih dahulu dengan berbagai tokoh masyarakat.

Viral, Bupati Banjarnegara Sebut Menteri Luhut Penjahit

Video itu saat pembagian jaring pengaman sosial di Desa Bawang, Kabupaten Banjarnegara pada Sabtu (21/8/2021).

Ciaaaat... Perguruan Silat Digandeng untuk Operasi Kerumunan

Sasaran yang ditertibkan adalah masyarakat yang berkerumun tanpa mematuhi protokol kesehatan.