SOLOPOS.COM - Penekanan tombol tanda groundbreaking Tower UNS, Jumat (28/5/2021). (Solopos.com-Humas UNS)

Solopos.com, SOLO — Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo membangun Tower UNS yang memiliki 11 lantai dengan ketinggian 76 meter. Bangunan ini berada di rumah dinas rektor di samping boulevard UNS.

Peletakan batu pertama atau ground breaking Tower UNS dilaksanakan Jumat (28/5/2021). Dihadiri oleh Rektor UNS, seluruh Wakil Rektor, Dirjen Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, Wikan Sakarinto, S.T. Juga dekan dan direktur di lingkungan kampus UNS serta perwakilan warga sekitar.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho menyampaikan bahwa pembangunan Tower UNS ini dalam rangka untuk mengoptimalisasi aset. “Jadi aset berupa rumah dinas Rektor UNS ini sudah lama 18 tahun. Tapi selama ini tidak dipakai. Oleh karena itu, atas prinsip optimalisasi aset, kita bangun tower,” ujar Prof. Jamal dalam sambutannya.

Baca juga: UNS Jawametrik 2021: UNS Peringkat Satu, UI dan UGM Sepuluh Besar

Meski demikian, bukan berarti UNS tidak lagi memiliki rumah dinas rektor. “Kan tidak boleh mengubah aset lalu menghapusnya. Rumah dinas harus disiapkan siapa pun rektornya nanti. Jadi nanti ada satu lantai yang diperuntukkan untuk rumah dinas rektor,” lanjut Jamal.

Tower yang berdiri di atas lahan seluas 5.000 meter persegi tersebut nantinya akan dibuat sebelas lantai dengan tinggi 76 meter. Selain digunakan untuk kegiatan perkantoran, Tower UNS ini nantinya akan dilengkapi dengan sarana olahraga yang lengkap.

Ada juga kolam renang, internasional conference, internasional office, central bisnis serta terdapat ruang-ruang yang bisa disewakan untuk menunjang revenue generation. “Tower ini nanti kan tinggi, saya berharap internet se Soloraya bisa kami layani,” harapnya.

Baca juga; UNS Kerja Sama Dengan CRUA Panama, Ini Yang Didapatkan

Selesai Akhir 2021

Prof. Jamal mentargetkan, Tower UNS ini akan selesai maksimal tanggal 31 Desember tahun ini. “Saya yakin karena yang mengerjakan pembangunannya adalah perusahaan BUMN yang hebat. Maka hasilnya akan bagus dan sesuai waktu yang direncanakan,” tambah dia.

Mengenai konsep Tower UNS, Jamal mengatakan tetap mengedepankan nilai-nilai budaya Jawa. Nantinya setiap lantai akan memiliki ciri khas budaya Jawa. Tentunya bangunannya akan menyatu dan mendukung keberadaan hotel UNS Inn. “Sehingga sarana olahraga dan kolam renang yang ada di Tower bisa dinikmati juga oleh pengunjung hotel,” ujar Prof. Jamal.

Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, Wikan Sakarinto, sangat mengapresiasi pembangunan Tower UNS. “Pembangunan ini menandakan UNS sedang bangkit. Memang sudah bangkit tapi makin bangkit lagi. Ini menunjukkan kehebatan UNS dalam mengelola anggaran. Karena dana yang digunakan untuk membangun penuh dari UNS,” ujar Wikan.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya