SOLOPOS.COM - Sejumlah mahasiswa asal luar negeri tengah beraktivitas di International Student Service Office (ISSO) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, beberapa waktu lalu. UNS akan membuka program beasiswa bagi mahasiswa asing, karena selama ini para mahasiswa asing yang belajar di UNS menggunakan biaya sendiri atau swadana. (JIBI/SOLOPOS/Dwi Prasetya)

Sejumlah mahasiswa asal luar negeri tengah beraktivitas di International Student Service Office (ISSO) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, beberapa waktu lalu. UNS akan membuka program beasiswa bagi mahasiswa asing, karena selama ini para mahasiswa asing yang belajar di UNS menggunakan biaya sendiri atau swadana. (JIBI/SOLOPOS/Dwi Prasetya)

SOLO – Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo akan membuka program beasiswa bagi mahasiswa asing yang melanjutkan studi di UNS. Beasiswa yang akan dimulai 2013 itu akan diberikan untuk kuota awal sebanyak 25 mahasiswa.

Promosi Jelang Lebaran, BRI Imbau Nasabah Tetap Waspada Modus Penipuan Online

Kepala International Office (IO) UNS, Taufiq Al Makmun, menjelaskan saat ini jumlah mahasiswa asing yang tertarik mengenyam pendidikan di UNS meningkat tiap tahunnya. Hal itu terlihat dari jumlah mahasiswa asing yang mengikuti Orientation Week, Senin (24/9) lalu. “Ada 66 mahasiswa asing yang mengikuti WO,” jelasnya, Kamis (27/9/2012).

Saat ini, hampir separuh dari total mahasiswa asing tahun ini melanjutkan studi dengan mengikuti program swadana, atau semua biaya kuliah dan akomodasi selama hidup di Solo menggunakan uang pribadi dan tanpa beasiswa. “Ada 28 mahasiswa dari Libya dan masing-masing satu mahasiswa dari Yaman dan Timor Leste yang ikut swadana,” paparnya.

Untuk itu UNS merasa perlu membuka program beasiswa khusus mahasiswa asing agar dapat meningkatkan minat calon mahasiswa asal luar negeri. Selain itu, Taufiq menambahkan total mahasiswa asing yang melanjutkan studi di UNS sebanyak 142 orang. Jumlah itu termasuk yang terdaftar tahun ini dan mahasiswa yang sudah selesai studi.

Sebelum program beasiswa UNS itu dilaksanakan, telah ada beberapa beasiswa lain yang diikuti oleh mahasiswa asing, antara lain beasiswa dari Islamic Development Bank (IDB), beasiswa Malaysia Indonesia Thailand (MIT), beasiswa Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) dan beasiswa Darmasiswa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya