SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLO–Sebanyak 492 orang ditetapkan masuk dalam Daftar Nominasi Tetap (DNT) peserta Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan (UNPK) Kota Solo. Rinciannya, 28 orang mengikuti UNPK Paket A atau setara SD, 282 orang mengikuti UNPK Paket B atau setara SMP, 185 orang mengikuti UNPK Paket C atau setara SMA.

Kasi Kesetaraan, Keaksaraan dan Pendidikan Anak Usia Dini, Bidang Pendidikan Nonformal, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Solo, Indrijanto Agoes Noegroho, mengungkapkan pelaksanaan UNPK periode pertama dijadwalkan 9-12 Juli untuk UNPK Paket C, 16-18 Juli untuk UNPK Paket A dan B.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Sedangkan UNPK periode II dijadwalkan 8-11 Oktober untuk UNPK Paket C dan 15-17 Oktober untuk UNPK paket A dan B. “UNPK dijadwalkan dua gelombang. Jika pada periode pertama belum lulus, peserta bisa mengikuti UNPK periode kedua,” jelasnya saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Jumat (29/6/2012).

Ia mengatakan pelaksanaan UNPK didasarkan pada Permendikbud Nomor 35/2012 tentang Penyelenggaraan UNPK dan Peraturan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Nomor 0018/P/BSNP/6/2012 tentang Prosedur Operasional Standar UNPK tahun 2012. “Soal UNPK dari Provinsi Jawa Tengah. Kemungkinan soal sampai di Solo, 6-7 Juli,” jelasnya.

Setiap mata pelajaran, ungkapnya, berisi 40-50 soal dan peserta diberi waktu dua jam untuk mengerjakannya.

Peserta UNPK Paket A, terangnya, berasal dari Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Sinar Mentari. Peserta UNPK Paket B berasal dari PKBM Berdikari, PKBM Purwosari, PKBM Kratonan, PKBM Sinar Mentari, KPB Kartini dan 156 peserta dari eksformal atau mereka yang kemarin tidak lulus satuan pendidikan jenjang SMP.

Sedangkan peserta UNPK Paket C, imbuhnya, berasal dari PKBM Cahaya Rejeki, PKBM Berdikari, PKBM Purwosari, PKBM Kratonan, SKB Surakarta dan 17 orang dari eksformal atau siswa SMA/SMK yang kemarin belum lulus sekolah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya