SOLOPOS.COM - Ribuan kader dan simpatisan PDIP Kota Solo melakukan senam sehat secara serentak di 51 lokasi berbeda, Minggu (21/1/2024) pagi. (Solopos.com/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO–Lebih dari 100.000 kader dan simpatisan PDIP Kota Solo melakukan olahraga senam sehat secara serentak di 51 lokasi berbeda, Minggu (21/1/2024) pagi.

Kegiatan itu merupakan bagian dari peringatan HUT ke-51 PDIP tahun 2024. Senam diikuti jajaran pengurus PAC PDIP masing-masing kecamatan, pengurus ranting PDIP, pengurus anak ranting, para caleg DPRD Solo wilayah setempat, hingga kader dan simpatisan. Senam juga digelar di Lapangan Sumber, Banjarsari.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Ketua Bappilu DPC PDIP Solo, Her Suprabu, mengatakan jumlah peserta senam di masing-masing lokasi sekitar 2.000 orang.

“Menyambut gembira ulang tahun ke-51 partai kami. Ekspresi kegembiraan itu kami wujudkan dengan menggelar senam Sicita di 51 lokasi strategis di Kota Solo ini,” ujar dia.

Dari 54 kelurahan atau tingkat ranting yang ada di Solo, ada tiga kelurahan yang daerahnya tidak ketempatan menjadi lokasi senam Sicita. Ketiganya adalah Kauman, Kampung Baru, dan Sriwedari.

Kader PDIP di Kauman dan Kampung Baru diikutkan senam di Kedunglumbu. Sedangkan kader PDIP di Sriwedari diikutkan senam di Penumping. Pilihan menggelar senam, kata Her, menjadi kesepakatan bersama.

Baik pengurus partai dari tingkat DPC hingga anak ranting serta para caleg tingkat kota, provinsi maupun pusat yang maju dari daerah pemilihan Kota Solo.

Massa di setiap lokasi mulai berkumpul pukul 06.00 WIB untuk melakukan senam bersama, dilanjutkan pembagian doorprize yang telah disediakan masing-masing ranting dan caleg pengampu. Acara selesai pukul 09.00 WIB dan para peserta pulang secara tertib.

“Berpolitik dengan sehat dan gembira adalah pesan khusus yang kami kedepankan dalam acara ini. Semua peserta merupakan kader dan simpatisan dari sekitar lokasi acara sehingga tidak mobilisasi massa dari daerah lain. Kami memastikan bahwa peserta acara akan menjaga ketertiban umum,” tegas Her selaku penanggung jawab acara.

Pelaksanaan maupun pemilihan lokasi Sicita di masing-masing lokasi dilakukan oleh pengurus ranting setempat dengan diampu oleh seorang caleg, di bawah koordinasi dan pengawasan DPC dan Badan Pemenangan (BP) Pemilu.

Seluruh caleg PDI Perjuangan tingkat kota yang berjumlah 45 orang, bertugas mengampu di 45 lokasi senam. Selebihnya, setiap lokasi diampu oleh caleg tingkat provinsi dan caleg DPR RI yang maju dari daerah pemilihan Kota Solo.

“Lokasi yang dipilih kebanyakan di badan jalan kampung atau kota. Ada juga yang digelar di lapangan. Untuk penggunaan seluruh lokasi itu kami telah berkoordinasi dan seizin Pemkot. Sedangkan pelaksanaan acara juga sepengetahuan resmi dari Polresta,” terang Her.

Koordinator Bidang Strategi dan Kampanye Badan Pemenangan (BP) Pemilu PDI Perjuangan Kota Solo, Muchus Budi R, tak menepis acara senam serentak terssbut tak lepas dari strategi partai untuk konsolidasi pendukung menjelang Pemilu serentak 2024.

“Tentu saja karena Sicita 51 titik dengan masing-masing lokasi diikuti 2.000 massa tersebut digelar di masa kampanye Pemilu serentak maka acara ini sekaligus menjadi ajang konsolidasi partai untuk terus menguatkan dukungan dan terus membersamai seluruh kader dan simpatisan untuk menyukseskan Pemilu pada 14 Februari mendatang,” kata dia.

Diketahui, pada Pemilu 2024 PDI Perjuangan menentukan target penambahan kursi di legislatif. Target yang ingin dicapai adalah 35 kursi di DPRD Kota Solo, atau bertambah lima kursi dari hasil Pileg 2019 yang mendapat 30 dari 45 kursi dewan.

Sedangkan untuk memenangkan Pilpres 2024, PDI Perjuangan bersama partai koalisi menentukan perolehan 80 persen suara sah di Kota Solo untuk pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya