SOLOPOS.COM - (google.img)

(google.img)

SOLO-Universitas Terbuka menawarkan beasiswa kepada calon mahasiswa yang lolos seleksi masuk Universitas Terbuka melalui Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi (UMB PT). Syaratnya mereka memiliki ijazah setingkat SMA tiga tahun terakhir atau mulai 2010.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) Universitas Terbuka Surakarta, Muhammad Kholis, mengungkapkan semua mahasiswa yang memenuhi syarat, rencananya akan diberikan beasiswa penuh selama delapan semester.

“Tahun ini kuota Universitas Terbuka seluruh Indonesia mencapai 5.675 orang yang meliputi 14 program studi,” ungkapnya saat dihubungi Solopos.com, Jumat (15/6/2012).

Khusus UPBJJ Universitas Terbuka Surakarta, ungkapnya, Prodi yang mendapatkan beasiswa meliputi Prodi Ekonomi Pembangunan dengan daya tampung 50 mahasiswa, Prodi Akuntansi untuk 50 mahasiswa, Prodi Manajemen dengan kuota 50 mahasiswa.

Penerima beasiswa UMB-PT di Universitas Terbuka, terangnya, didasarkan kriteria yang ditetapkan Universitas Terbuka. Kriteria itu meliputi komitmen mahasiswa mengikuti tutorial tatap muka di kota domisili UPBJJ-UT, jumlah minimal mahasiswa per program studi per UPBJJ UT, peringkat nilai hasil UMB PT calon mahasiswa. Mahasiswa penerima beasiswa akan ditangani melalui program Sistem Paket Arahan Semester dan bergabung dalam satu kelompok belajar sesuai Prodi dan UPBJJ.

“Beasiswa yang diberikan terdiri atas biaya studi dan biaya koneksi internet selama kegiatan tutorial online,” jelasnya.

Evaluasi pemberian beasiswa, imbuhnya, dilakukan setiap semester berdasarkan capaian prestasi belajar mahasiswa. Jika Indeks prestasi (IP) yang diperoleh mencapai kriteria yang ditetapkan, mahasiswa tersebut akan kembali menerima beasiswa pada semester berikutnya. Sebaliknya jika tidak mencapai IP yang dipersyaratkan, pemberian beasiswa akan dihentikan. Biaya lanjut studi selanjutnya ditanggung mahasiswa yang bersangkutan. “Persyaratan tersebut ditetapkan agar penerima beasiswa belajar dengan giat,” katanya.

Pengumuman kelulusan penerima beasiswa, katanya, dijadwalkan 31 Juli, registrasi 1-29 Agustus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya