Universitas Ruang Paling Moderat untuk Mencegah Radikalisme Ekstrem

Universitas adalah salah satu institusi paling penting untuk menjadi penengah tanpa kepentingan ideologis. Kurikulum dan tim pengajar menjadi kunci mewujudkan moderasi di universitas.

 Ilustrasi menolak radilkalisme dan terorisme.(news.unair.ac.id)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi menolak radilkalisme dan terorisme.(news.unair.ac.id)

Solopos.com, SOLO – Dosen di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta yang menekuni studi Islam dan filsafat di University of Freiburg, Jerman, Yulianingsih Riswan, pernah mendapat tugas mengajar agama Islam di sebuah fakultas di Universitas Gadjah Mada. Di fakultas itu mayoritas mahasiswa dari kalangan menengah ke atas.

Ia masuk di kelas dengan lebih dari 50 mahasiswa yang hadir. Saat itu dia melihat semua mahasiswa perempuan mengenakan kerudung atau jilbab. Dalam satu kesempatan ia bertanya kepada beberapa mahasiswa perempuan itu mengapa mereka semua mengenakan kerudung atau jilbab.

Espos Plus

Espos Plus merupakan layanan khusus dari Solopos.com yang lebih relevan dan memiliki diferensiasi dibandingkan free content. Espos Plus menyediakan akses khusus yang menawarkan kenyamanan kepada anda dalam membaca berita tanpa gangguan iklan. Untuk membaca artikel ini selengkapnya silahkan login atau daftar serta berlangganan di SoloposID.

Subscribe Espos Plus

Keuntungan menjadi Peserta program Espos Plus Vaganza adalah berkesempatan mendapatkan hadiah utama satu unit mobil serta ratusan hadiah lainnya dengan cara berlangganan paket Espos Plus di bawah ini.

Gratissss!

Bronze

Durasi 7 Hari

Undian e-Money

.

.

Rp.5.000

Gratis !!!

Subscribe

Silver

Durasi 1 Bulan

Undian e-Money

.

.

Rp.20.000

Rp.15.000

Subscribe

Gold

Durasi 6 Bulan

Undian e-Money

Undian Emas Batangan

.

Rp.120.000

Rp.75.000

Subscribe
Best Value

Diamond

Espos Plus durasi 1 Tahun

Undian e-Money

Undian Emas Batangan

Espos Plus Vaganza Mobil

Rp.240.000

Rp.120.000

Subscribe

Espos Plus

Mengenal Prawirodigdoyo, Sosok Penunggang Kuda di Simpang 4 Karanggede

+ PLUS Mengenal Prawirodigdoyo, Sosok Penunggang Kuda di Simpang 4 Karanggede

Kebanyakan warga salah kaprah dengan menganggap patung penunggang kuda di simpang empat Karanggede Boyolali adalah Pangeran Diponegoro, padahal sosok penunggang kuda itu adalah Raden Tumenggung Prawirodigdoyo.

Terpopuler Hari Ini

Dibanding Colomadu, Harga Tanah di Solo Baru Lebih Ngeri Lur!

Ternyata segini hlo harga tanah di Solo Baru, Sukoharjo, Jawa Tengah. Enggak ada apa-apanya dengan Colomadu, Karanganyar!

Motif Pembuangan Bayi di Nguter Sukoharjo: Pacar Ogah Tanggung Jawab

Motif pembuangan mayat bayi di dalam kardus di Desa Pondok, Kecamatan Nguter, Sukoharjo, diketahui karena ayah si bayi menolak bertanggung jawab dan malah kabur keluar kota.

Ini Alasan Semua Rumah di Dusun Ginade Wonogiri Menghadap ke Selatan

Semua rumah di Dusun Ginadewetan dan Ginadekulon, Desa Tlogoharjo, Kecamatan Giritontro, Kabupaten Wonogiri, menghadap ke selatan.

Harga Tanah di Solo Lebih Ngeri Lagi Lur, Capai Rp65 Juta/M2

Berikut ini terdapat informasi harga tanah di Kota Solo, Jawa Tengah, yang ada mencapai Rp65 juta per meter persegi.

Bangga, Kolam Selam Terdalam se-Asia Tenggara Ternyata Milik Kopassus

Kolam yang biasa digunakan berlatih pasukan katak (Paska) Kopassus ini mempunyai kedalaman 16 meter.

Tanah Dikeruk Untuk Proyek Tol, Warga Pedan Klaten Blokir Jalan

Warga Dukuh Blasinan, Desa Kaligawe, Kecamatan Pedan, Klaten, dengan kegiatan pengerukan yang dilakukan tanpa sosialisasi dan memakan sebagian lahan warga.

+ PLUS Mengenal Prawirodigdoyo, Sosok Penunggang Kuda di Simpang 4 Karanggede

Kebanyakan warga salah kaprah dengan menganggap patung penunggang kuda di simpang empat Karanggede Boyolali adalah Pangeran Diponegoro, padahal sosok penunggang kuda itu adalah Raden Tumenggung Prawirodigdoyo.

Angkut 30 Penumpang, Bus Sudiro Tunggal Kebakaran di Tol Semarang-Solo

Gangguan mesin menyebabkan bus PO Sudiro Tunggal mengalami kebakaran saat melintasi tol Semarang-Solo, tepatnya di Kabupaten Semarang.

Ada Peristiwa Mistis 1970 di Balik Asal Usul Makamhaji Sukoharjo

Di balik asal usul Desa Makamhaji di Sukoharjo, Jawa Tengah, ada peristiwa mistis yang terjadi pada tahun 1970-an. Apa itu?

Viral Tagar #SAVENOVIAWIDYASARI, Mahasiswi Minum Sianida di Kuburan

Viral tagar #SAVENOVIAWIDYASARI menjadi trending di Twitter terkait kasus kematian Novia Widyasari, mahasiswi Universitas Brawijaya yang meninggal bunuh diri pada Kamis (2/12/2021).

Beredar Video Semeru Muntahkan Awan Panas, Warga Panik Selamatkan Diri

Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur mengalami erupsi dan memuntahkan awan panas, Sabtu (4/12/2021).

Forum Kades Sragen Gandeng Praktisi Kaji Perbup Pengelolaan Aset Desa

Forum Komunikasi Kepala Desa (FKKD) Sragen berupaya mengambil langkah hukum untuk bisa mendorong Bupati mengkaji ulang Perbup No, 76/2017 yang dinilai merugikan mereka.

Beredar Isi Percakapan Mahasiswi Mojokerto Sebelum Meninggal, Soal Apa?

Sejumlah tangkapan layar berisi percakapan mendiang NWR, 23, dengan seseorang yang dia panggil "Mama" beredar di media sosial.

Kisah Pilu Mahasiswi Mojokerto Viral Lewat Tagar #SAVENOVIAWIDYASARI

Viral tagar #SAVENOVIAWIDYASARI menjadi trending di jagat Twitter terkait kasus kematian Novia Widyasari, mahasiswi Universitas Brawijaya yang diduga bunuh diri pada Kamis (2/12/2021).

Ditangkap! Siskaeee, Perempuan yang Pamer Organ Intim di Bandara YIA

Aparat kepolisian menyebut telah menangkap Siskaeee, perempuan yang terekam video dan viral tengah memamerkan organ intim di Bandara YIA.

Kecelakaan di Kebakkramat Karanganyar: Truk Masuk Parit, Mobil Terbalik

Dua buah kendaraan keluar jalur setelah bersenggolan di Jalan Solo-Sragen, tepatnya di depan PT Manunggal Adipura, Pulosari, Kebakkramat, Karanganyar, Sabtu (14/12/2021).