SOLOPOS.COM - Universitas Brawijaya. (okezone.com)

Solopos.com, MALANG — Universitas Brawijaya (Unibraw) Malang, Jawa Timur meraih penghargaan sekaligus predikat sebagai Badan Publik Terinformatif Komisi Informasi Pusat (KIP) 2019.

“Kami sambut gembira penghargaan dari KIP ini, dan merupakan tugas semua ‘stakeholder’ di lingkungan UB untuk mempertahankan prestasi yang telah kita raih ini,” kata Rektor Unibraw, Nuhfil Hanani, di Malang, Jumat (22/11/2019) seperti dilansir Antara.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Wapres K.H. Ma’ruf Amin kepada Rektor Unibraw di Jakarta, Kamis (21/11/2019).

Nuhfil berharap ke depan prestasi yang telah diraih itu menjadi bentuk transformasi Unibraw dari Badan Layanan Umum (BLU) menuju Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH).

Ekspedisi Mudik 2024

“Transformasi Unibraw dari BLU menjadi PTNBH membawa konsekuensi pada perluasan lingkup akuntabilitas kampus dari yang berfokus kepada kementerian menjadi akuntabilitas ke seluruh stakeholder,” katanya.

Ia mengatakan prestasi ini mengalami peningkatan daripada sebelumnya yakni baru menuju informatif. Kategori informatif merupakan kategori tertinggi bidang informasi publik yang diberikan kepada badan publik yang memberikan layanan informasi publik sesuai UU KIP No. 14 Tahun 2008.

Upaya-upaya yang dilakukan Unibraw untuk meraih badan publik berkategori informatif, kata dia, antara lain memberikan berbagai layanan informasi publik secara inovatif dan kolaboratif.

Selain itu, setiap tahun Unibraw mengisi self assessment questionaire yang diselenggarakan oleh KIP untuk menilai seberapa besar komitmen badan publik untuk memberikan informasi publik secara transparan dan akuntabel.

Untuk mendukung pelaksanaan keterbukaan informasi publik, Unibraw juga memiliki beberapa sistem pendukung, antara lain whistleblowing system, yaitu sistem pemberian informasi atau pelaporan aktivitas yang terindikasi adanya ketidaksesuaian peraturan di Unibraw.

Selain itu, katanya, Unibraw juga memiliki e-complaint untuk melayani pengaduan masyarakat yang berhubungan dengan layanan yang diberikan oleh Unibraw. Penyampaian keluhan juga bisa disampaikan melalui Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) yang dikelola oleh Kantor Staf Presiden (KSP).

Sementara itu, KIP membagi klasifikasi predikat badan publik dalam lima kategori, yaitu tidak informatif, kurang informatif, cukup informatif, menuju informatif, dan informatif.

Adapun rentang penilaian kategori informatif 90-100, menuju informatif 80- 89,9, cukup informatif 60-79,9, kurang informatif 40- 59,9, dan tidak informatif kurang dari 39,9.

“Kami akan terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, termasuk di bidang informasi. Harapan kami, meski sudah meraih penghargaan dan predikat sebagai badan publik terinformatif, semua pihak di lingkungan UB akan terus berupaya memaksimalkan pelayanan,” demikian Nuhfil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya