Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Solo (lokanesia.com)

Solopos.com, SOLO -- Laboratorium Kebijakan Publik Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Solo menyiapkan riset kedua terkait agenda Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Solo 2020. Riset untuk melihat sosok yang paling mendekati harapan masyarakat sebagai pemimpin Solo masa depan.

Penilaian mendasarkan sejumlah perspektif kepemimpinan seperti latar belakang profesi, kombinasi generasi, ideologis, personal karakter/kepribadian, popularitas, akseptabilitas dan elektabilitas. Tiga figur masuk radar untuk diriset tim Unisri Solo.

Ketiga orang itu meliputi Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo, Wakil Ketua Komisi III DPRD Solo Teguh Prakosa, dan putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) Gibran Rakabuming Raka.

Ketua Laboratorium Kebijakan Publik Unisri Solo, Suwardi, mengatakan tiga orang itu masuk daftar lantaran sudah muncul sebagai kandidat cawali-cawawali.

“Untuk sementara ini kami baru menjaring tiga nama ini yang memang sudah muncul sebagai kandidat potensial cawali-cawawali. Kami tidak akan memasukkan nama atau figur yang tidak akan mengikuti kontestasi,” tutur dia, Selasa (8/10/2019).

Achmad Purnomo-Teguh Prakosa merupakan pasangan yang secara resmi diusulkan DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Solo untuk mendapatkan rekomendasi dari DPP PDIP. Begitu juga Gibran telah menjadi anggota PDIP dan sempat akan mengambil formulir pendaftaran.

Lebih lanjut, Suwardi menjelaskan tidak menutup kemungkinan akan muncul figur baru masuk daftar kandidat cawali-cawawali yang diriset Unisri Solo. Apalagi tahapan menuju hari H Pilkada Solo yang diagendakan 23 September 2020 masih panjang.

“Kami masih menunggu pergerakan dari partai-partai politik Solo yang sejauh ini kami melihatnya masih adem ayem. Tokoh-tokoh di luar tiga orang tadi saya melihatnya tidak begitu serius. Tapi ya lihat nanti perkembangannya seperti apa,” urai dia.

Perihal metodologi riset, menurut Suwardi, menggunakan survei cuplikan random sampling dengan sebaran merata di setiap kelurahan di Solo. Ihwal jumlah responden survei lebih kurang sama dengan riset sebelumnya, sekitar 700 orang.

Tapi subjek responden survei berbeda dengan responden riset pertama.

“Kami juga akan simulasikan per pasangan calon [paslon], kira-kira siapa yang paling banyak dipilih responden. Tapi untuk waktu surveinya belum kami tentukan kapan,” tutur dia.

Diberitakan Solopos, Laboratorium Kebijakan Publik Unisri Solo merilis hasil riset tentang kepemimpinan di Kota Solo, Juli 2019. Dari riset itu muncul nama Gibran Rakabuming Raka sebagai figur potensial cawali Solo dalam Pilkada 2020.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten