Unipma Siap Gelar PTM, Mahasiswa Wajib Vaksin Covid-19 Dosis Satu

Pembelajaran tatap muka di Universitas PGRI Madiun (Unipma) direncanakan mulai pertengahan Oktober 2021.

 Rektor Universitas PGRI Madiun, Prof. Dr. H. Parji M.Pd (tiga dari kiri) berfoto dengan mahasiswa baru seusai pemakaian jas dalam rangka dimulainya PKKMB, Selasa (7/9/2021). (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Rektor Universitas PGRI Madiun, Prof. Dr. H. Parji M.Pd (tiga dari kiri) berfoto dengan mahasiswa baru seusai pemakaian jas dalam rangka dimulainya PKKMB, Selasa (7/9/2021). (Istimewa)

Solopos.com, MADIUN — Pembelajaran tatap muka di Universitas PGRI Madiun (Unipma) rencana dimulai pertengahan Oktober 2021. Syarat mahasiswa yang diperbolehkan pembelajaran tatap muka di kampus harus sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19 minimal dosis pertama.

Rektor Unipma, Parji, mengatakan kampusnya belum menerapkan pembelajaran tatap muka (PTM) saat ini. Pihaknya masih mempersiapkan standar opperasional prosedur (SOP) yang disesuaikan dengan regulasi Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

“Untuk PTM, saat ini masih dipersiapkan dengan matang. Kami butuh SOP. Namun, pada dasarnya kami sudah siap untuk menjalankan PTM,” kata dia saat dihubungi Solopos.com, Senin (27/9/2021).

Baca Juga: Duh, 3 Siswa di Madiun Diketahui Positif Covid-19 saat Skrining PTM

Rencana, pelaksanaan PTM di Unipma dua pekan lagi atau pertengahan Oktober 2021. Berbagai persiapan perlu dilakukan supaya tidak menimbulkan klaster penularan Covid-19 di kampus saat pelaksanaan PTM.

Parji menegaskan seluruh dosen dan karyawan Unipma telah mendapatkan vaksinasi Covid-19. Selain itu, kondisi penularan Covid-19 di Kota Madiun dan Provinsi Jatim terpantau menurun dalam beberapa waktu terakhir.

“Hari ini sebenarnya sudah lebih fleksibel. Ada beberapa mahasiswa yang sudah melakukan kegiatan akademik di kampus. Seperti bimbingan tugas akhir, kegiatan praktikum. Tetapi yang tatap muka di kelas memang belum dilaksanakan,” jelasnya.

Baca Juga: Pengumuman, Tarif Rapid Test Antigen di Stasiun Turun Jadi Rp45.000

Selain dosen dan karyawan, mahasiswa juga harus mematuhi sejumlah aturan saat PTM. Seluruh mahasiswa harus sudah mendapatkan Vaksin Covid-19 minimal dosis pertama. Selain itu, jumlah mahasiswa yang mengikuti PTM tidak boleh lebih dari 50% dari total mahasiswa dalam satu kelas.

Pembelajaran di kampus juga akan diikuti seluruh mahasiswa semester satu hingga akhir. Namun, kampus memprioritaskan mahasiswa semester satu, tiga, dan akhir yang sedang mengerjakan tugas akhir.

Parji menjelaskan PTM tidak hanya untuk mahasiswa sekitar Madiun, tetapi mahasiswa dari seluruh daerah. Dengan catatan, mereka telah mendapatkan vaksinasi Covid-19 minimal dosis pertama.

Baca Juga: Gadis 14 Tahun Asal Kediri Ini Diduga Dibunuh Kekasihnya

Pembelajaran tatap muka perlu segera dilakukan karena mempertimbangkan kebutuhan mahasiswa yang memilih program studi berbasis keterampilan, seperti teknik maupun farmasi. Selain itu, pertimbangan keinginan mahasiswa yang ingin segera belajar tatap muka di kampus.

“Ada masukan dari mahasiswa yang ingin segera tatap muka. Tetapi itu tidak terlalu dominan. Pertimbangan kami kalau terlalu lama belajar daring tidak bagus. Untuk pembelajaran tatap muka perlu dilaksanakan supaya kualitas pendidikan tidak turun,” terang dia.

Dikutip dari kemdikbud.go.id, perguruan tinggi bisa kembali menggelar PTM terbatas pada semester gasal tahun akademik 2021/2022. PTM terbatas dilakukan dengan protokol kesehatan ketat dan dikombinasikan dengan pembelajarn daring.

Baca Juga: Pabrik Kerupuk Ponorogo Kebakaran, Kerugian Capai Rp50 Juta

Hal itu tertuang dalam Surat Edaran Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Nomor 4 tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Pembelajaran Tatap Muka Tahun Akademik 2021/2022. PTM terbatas boleh dilaksanakan di wilayah dengan status PPKM level 1, 2, dan 3.


Berita Terkait

Espos Premium

Berita Terkini

Berikut Daftar 5 Kampus Swasta Paling Favorit di Surabaya

Sejumlah kampus perguruan tinggi swasta di Kota Surabaya, Jawa Timur (Jatim) menjadi favorit karena memiliki kualitas akademik yang tak kalah dengan perguruan tinggi negeri.

Desa Jutawan di Madiun, Warga Bisa Beli Mobil Berkat Porang

Muncul desa-desa jutawan di Kabupaten Madiun, Jawa Timur karena warganya memiliki penghasilan jutaan rupiah dari menanam porang.

Ziarah ke Makam Bung Karno, Ini yang Dilakukan Mensos Risma

Menteri Sosial atau Mensos Tri Rismaharani, melakukan ziarah ke Makam Bung Karno dan melakukan kegiatan bersih-bersih.

Tinggal di Kandang Kambing, Guru Honorer di Ngawi Digaji Rp300.000

Guru honorer di Ngawi, Jawa Timur (Jatim), yang tinggal satu rumah dengan kandang kambing setiap bulannya mendapat gaji Rp300.000 dari mengajar siswa SD.

Kisah Sedih Guru Honorer di Ngawi, Tinggal Seatap dengan 6 Ekor Kambing

Kisah sedih kali ini berasal dari seorang guru honorer di sebuah SD negeri di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur (Jatim) yang tinggal di kandang kambing.

Tahu Hal Ini, Calon Investor Pengolah Sampah TPA Winongo Mundur Teratur

Sejumlah calon investor pengolah sampah di TPA Winongo, Kota Madiun, disebut hanya ingin mencari untuk tanpa niat mengolah sampah.

Wuss! Kubah Masjid Terbang Kena Angin Kencang

Sebuah kubah masjid di Desa Sidomulyo, Kedungadem, Bojonegoro terbang diterjang angin kencang.

Tidak Tes DNA, Kasus Pengusaha Sragen Hamili Gadis Madiun Dilimpahkan

Polres Madiun Kota tidak melakukan tes DNA, tetapi langsung melimpahkan kasus penculikan dan pencabulan anak melibatkan pengusaha Kabupaten Sragen ke kejari setempat.

Ini Penampakan Kantor Pinjol Ilegal di Surabaya Usai Digerebek Polisi

Polisi tidak memasang garis polisi pada bangunan kantor pinjol ilegal di Surabaya yang digerebek Kamis (21/10/2021).

Pos Polisi Angker Disulap Jadi Warung Pecel Lele, Horor Gak Ya?

Pos polisi yang angker di Jombang, Jawa Timur, disulap menjadi warung pecel lele.

Giliran Kantor Pinjol Ilegal di Surabaya, 13 Orang Ditangkap

Subdit V Siber Ditreskrimsus Polda Jawa Timur menggerebek kantor pinjol ilegal di Surabaya, Kamis (21/10/2021) dan menangkap 13 orang.

Hari Ini, Anak Di Bawah Usia 12 Tahun Boleh Naik Kereta, Cek Syaratnya

PT KAI mengeluarkan peraturan terbaru terkait penumpang kereta api, khususnya anak-anak di bawah usia 12 tahun sudah diperbolehkan naik kereta api mulai Jumat (22/10/2021).

Malang Berguncang Gara-gara Gempa Magnitudo 5,3

Gempa berkekuatan magnitudo (M) 5,3 terjadi di Kabupaten Malang pada Jumat (22/10/2021) pukul 09.21.15 WIB.

Penampakan Ikan Tanpa Ekor di Lokasi Tenggelamnya Kapal Van Dew Wijck

Nelayan di Lamongan menyebut lokasi tenggelamnya kapal van der Wijck angker karena banyak penampakan, seperti ikan besar tanpa ekor.

Buntut Perusakan Bus Arema FC, Persebaya Kirim Permintaan Maaf

Buntut perusakan bus Arema FC di Jogja, Persebaya Surabaya menyampaikan permintaan maaf.